Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Siapa bilang tahu hanya bisa diolah dengan cara digoreng begitu saja atau dibuat orak-arik? Nyatanya, sekarang ini juga banyak lho makanan kekinian yang berbahan dasar tahu. Salah satu yang menjadi favorit saya adalah tahu rambutan. Tenang, kata rambutan di sini bukan berarti tahu tersebut diolah bersama buah rambutan, tetapi bentuknya yang bisa dibilang mirip seperti bentuk buah rambutan.

Permukaan tahu yang dibentuk bulat, dibalurkan pada remasan mie kering, lalu digoreng, sehingga bentuknya terlihat bercerabut dan keriting, mirip seperti bentuk luar rambutan. Tampilannya pun jadi sangat unik. Kombinasi citarasanya juga sangat nikmat: gurih, lembut, dan renyah berpadu jadi satu. Simak tipsnya berikut ini agar anda juga bisa membuatnya tanpa gagal.

1. Gunakan campuran tahu dan daging giling

Untuk membuat tahu rambutan, sebaiknya anda memilih tahu putih. Tahu putih memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah dihaluskan dan dicampurkan bersama bahan lain. Tambahkan juga daging giling (ayam ataupun udang) agar adonan tahu rambutan lebih padat, enak, dan bergizi.

2. Tambahkan telur dan tepung terigu

Meskipun berbahan utama tahu, anda juga membutuhkan tambahan bahan lain seperti telur dan tepung terigu agar hasil masakan bisa sempurna. Fungsi keduanya yaitu merekatkan adonan agar tidak terburai ketika dibentuk dan digoreng.

3. Kreasikan dengan isian lezat

Agar rasa tahu rambutan anda semakin istimewa, anda bisa mengisinya dengan berbagai bahan seperti telur puyuh, keju mozarella, sosis, bakso, atau isian lainnya sesuai selera anda. Selain bisa memperkaya rasa, penambahan isian tersebut juga bisa menambah nilai gizi dari tahu rambutan anda.

4. Perhatikan ukuran mie kering

Salah satu bahan terpenting ketika membuat tahu rambutan adalah mie. Anda bisa menggunakan mie instant agar lebih praktis. Pastikan anda meremas mie tersebut dengan ukuran yang pas dan sama rata. Jika terlalu kecil, tekstur tahu rambutan akan kurang renyah karena mie hancur. Tapi  jika terlalu besar pun malah akan membuat mie susah menempel pada adonan tahu.

5. Goreng tahu rambutan dengan teknik deep frying

Agar hasil tahu rambutan anda bisa renyah dan matang secara merata, pastikan anda menggorengnya dengan teknik deep frying atau sampai seluruh permukaan tahu terendam minyak panas. Agar mie tidak gosong dan pahit, cukup gunakan api kecil dan segera angkat tahu rambutan anda begitu warnanya sudah berubah kuning keemasan. Jangan lupa tiriskan minyaknya terlebih dahulu agar tekstur tahu lebih renyah.

6. Nikmati selagi tahu rambutan masih hangat

Meskipun tahu rambutan bisa disimpan dulu untuk dikonsumsi nanti, sebaiknya anda segera mengonsumsinya saat masih hangat. Karena tekstur mie dan adonan tahu masih sangat renyah sehingga rasanya pun jauh lebih enak dibanding jika dikonsumsi ketika tahu rambutan sudah dingin.

Ternyata membuat tahu rambutan itu sangat mudah ya. Anda hanya tinggal menerapkan tips yang saya bagikan di atas. Tahu rambutan yang renyah dan enak pun siap dihidangkan untuk keluarga anda tercinta.

Coba resep: Tahu rambutan garing