Penulis: D.Vionetta | Editor: Ria

Dengan tips-tips berikut ini, membuat lidah kucing yang tipis, super renyah, dan meleleh di mulut tidak mustahil. Kue berbahan dasar putih telur ini sebenarnya gampang untuk dibuat. Bahannya juga simpel. Namun, membuat cita rasanya ekstra itulah yang membutuhkan teknik tersendiri.

Awalnya, lidah kucing dibuat polos saja. Namun, kini ia bisa juga ditambahkan berbagai rasa dan topping. Bahan-bahan tambahan tersebut bisa saja mempengaruhi tekstur kue sehingga wajib bagi anda menakarnya dengan benar. Simak tipsnya berikut ini.

1. Memisahkan Telur

Adonan lidah kucing berbeda dengan adonan kue kering lain pada umumnya karena pilihan telurnya. Lidah kucing dibuat dari putih telurnya saja. Jadi, pastikan memisahkan putih telur dan kuningnya dengan benar. Jangan sampai ada kuning telur yang masuk ke dalam adonan lidah kucing. Bisa-bisa, kue tidak mengembang. Untuk mencegahnya, pisahkan telur di wadah lain terlebih dulu, alih-alih langsung memisahkannya di atas mangkok adonan. Supaya bila kuning telur pecah, ia tidak terikut masuk ke dalam adonan.

2. Gunakan Banyak Mentega

Ingin kue meleleh sempurna di mulut anda? Gunakan lebih banyak mentega. Bukan rahasia apabila di dalam adonan kue kering, margarin dan mentega kerap dicampurkan bersama. Mentega memberikan tekstur lembut dan mawur sedangkan margarin menjaga teksturnya. Kali ini, berikan mentega dengan porsi lebih besar agar kue meleleh sempurna di lidah Anda. Kocok mentega hingga putih dan kaku agar nantinya bentuk lidah kucing juga bagus.

3. Membentuk Kue Lidah Kucing

Semprotkan kue di atas loyang dengan benar. Jangan sampai terlalu tipis, ya. Pasalnya, kue akan melebar ketika dioven karena mentega dikocok sampai mengembang. Gunakan loyang khusus lidah kucing yang memiliki ceruk-ceruk di dalamnya. Jika tidak ada, Anda tetap bisa menggunakan loyang datar biasa. Pilih loyang dengan permukaan mengkilat atau anti lengket sehingga kue mudah dilepaskan.

4. Olesi Loyang dengan Margarin

Agar tidak menempel, olesi loyang dengan margarin tipis-tipis. Gunakan margarin tawar agar kue tidak terlalu asin. Selain itu, jangan gunakan loyang untuk membuat kukis lain. Supaya bila lain kali digunakan untuk memanggang kue lidah kucing, ia tidak jadi lengket.

5. Angkat Kue dari Loyang Saat Hangat

Angkat kue kering dari loyang ketka masih hangat, lalu segera pindahkan ke cooling rack. Jika tidak segera dipindahkan dari loyang, kue justru basah dan lengket saat sudah dingin. Setelah diangin-anginkan di cooling rack, anda bisa memindahkan kue ke stoples untuk disimpan

6. Hati-Hati Menambahkan Bahan Pelengkap

Agar tidak bosan, anda bisa menambahkan berbagai bahan perasa. Namun, hati-hati saat membuat kue ini. Jika Anda menambahkan bahan yang padat, kue lidah tidak bisa sama melebarnya seperti kue lidah yang polos. Jadi, semprotkan agak lebih tipis di loyang. Pastikan saat menambahkan bahan lain lalu mengaduknya, adonan kue memiliki tekstur mirip dengan lidah kucing versi polos/originalnya.

Nah, itulah trik yang bisa kita ikuti jika ingin membuat kue kering lidah kucing yang tipis, super renyah teksturnya, dan meleleh di mulut. Selamat mencoba!

Coba ResepLidah Kucing