Penulis: D.Vionetta | Editor: Ria

Mashed potato merupakan hidangan pelengkap yang disajikan bersama hidangan ala barat. Kentang tumbuk ini terasa begitu lezat di mulut, bukan? Walau terlihat sederhana, membuat mashed potato yang lembut, gurih, dan enak ternyata membutuhkan trik tersendiri. Jika anda membuatnya asal-asalan, mashed potato bisa terasa berpati, kurang lembut, bahkan hambar. Jadi, mari simak penjelasan tentang cara membuat mashed potato yang enak berikut ini.

1. Memilih Kentang yang Berkualitas Baik

Pemilihan bahan merupakan kunci utama membuat mashed potato dengan cita rasa dan tekstur luar biasa. Oleh karena itu, penting sekali memilih kentang berkualitas tinggi. Jenisnya juga khusus, lho. Ini dia kentang yang cocok Anda gunakan untuk membuat mashed potato.

Pertama, gunakan kentang lokal biasa alih-alih menggunakan kentang tes. Kentang biasa memiliki kandungan pati yang rendah dan kandungan air yang tinggi sedangkan kentang tes sebaliknya. Kentang tes lebih cocok Anda gunakan untuk membuat keripik atau kentang goreng.

Kedua, perhatikan keadaan kentang. Kentang berbintik hijau menandakan kandungan toksin alami yang tinggi. Buang bagian hijaunya saja, jangan buang kentang seluruhnya. Agar warna mashed potato merata, pilih yang tidak memiliki bintik hitam. Dari teksturnya, pilih mashed potato yang lebih keras karena ini menandakan bahwa kentang masih segar.

2. Mengukus Kentang

Kukus kentang dalam keadaan utuh agar kandungan air dan kelembaban tertahan utuh di dalamnya. Kukus kentang hingga matang. Untuk mengetes kematangannya, Anda bisa menusukkan garpu ke dalam kentang agar kelembutannya dapat Anda rasakan. Jika Anda rasa kentang sudah matang dan lunak, segera angkat.

3. Mengupas Kentang

Bagian ini memang sulit-sulit gampang untuk dilakukan. Soalnya, kentang wajib Anda kupas selagi panas. Setelah dikupas, kentang bisa langsung dihaluskan untuk dicampur lagi dengan bahan-bahan pelengkap lainnya.

4. Menghaluskan Kentang

Gunakan penumbuk kentang khusus yang bentuknya beralur. Jika tidak ada, Anda bisa menggunakan garpu atau ulekan. Agar teksturnya benar-benar halus, Anda juga bisa menyaring kentang tumbuk dengan saringan setelah dimasak.

5. Tambahkan Butter dan Krim 

Agar cita rasa mashed potato lebih nikmat, Anda bisa menambahkan butter dan krim. Tumis dahulu butter dan tambahkan krim ke dalamnya. Ketika sudah meletup-letup, masukkan kentang lalu masak hingga semua bahan menyatu. Setelah itu, baru tambahkan keju parut agar rasanya lebih kaya, kemudian aduk merata.

Itulah cara mudah dalam membuat mashed potato yang lembut, gurih, dan enak. Tidak sabar untuk membuatnya di rumah, bukan? Hidangan ala western anda pasti lebih sedap dengan adanya side dish ini.

Coba resep: Mashed potato lembut

5 Tips Membuat Mashed Potato Lezat yang Lembut dan Gurih
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)