Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Sudah lama saya tidak menikmati masakan ikan peda. Jadi, saat ke pasar pagi ini, saya menyempatkan untuk beli beberapa ekor. Ikan peda memiliki rasa asin dan gurih yang sangat khas. Apalagi aromanya sangat harum, jadi otomatis bisa meningkatkan selera makan saya. Tak perlu waktu lama bagi saya menentukan masakan apa yang akan saya buat dengan ikan peda tersebut, karena sejak di pasar tadi saya sudah memikirkannya. Nah, jika anda juga ingin memasaknya, berikut beberapa rekomendasi resep yang bisa anda coba.

1. Tumis ikan peda kemangi

Sekilas, tumis ikan peda kemangi ini terlihat sederhana. Tapi jangan salah, rasanya justru istimewa. Ikan peda ditumis bersama irisan bawang, cabe, dan daun kemangi. Penambahan kemangi dalam tumis yang satu ini tak hanya bisa membuat aroma ikan peda makin sedap, tapi juga bisa membuat rasa ikan peda semakin nikmat.

2. Pindang peda bumbu pesmol

Jika anda kurang suka rasa asin yang pekat, anda bisa mencoba mengolah pindang peda dengan bumbu pesmol. Pindang peda yang sudah digoreng terlebih dahulu lalu ditumis bersama racikan bumbu kuning. Agar lebih nikmat, anda juga bisa menambahkan irisan cabe rawit hijau, tomat, dan daun kemangi sesaat sebelum kompor dimatikan.

3. Peda gongso pete

Menu yang satu ini wajib dicoba oleh anda yang ngaku sebagai pecinta pete. Bagaimana tidak, pete yang empuk dan gurih dimasak bersama ikan peda yang nikmat. Apalagi penambahan aneka bumbu dan cabai membuat rasa dari peda gongso pete ini sulit untuk ditolak.

4. Tim ikan peda

Beralih pada olahan yang dikukus, anda bisa mengolah ikan peda dengan cara di-tim. Rasa dari tim ikan peda ini sangat kaya, karena dibuat dengan banyak tambahan bumbu dan rempah. Selain itu, proses pengukusan juga bisa membuat bumbu lebih meresap ke dalam daging ikan, sehingga rasa ikan semakin gurih dan nikmat.

5. Pepes peda

Tak hanya di-tim saja, ikan peda juga bisa dipepes lho. Aroma khas dari daun pisang serta bumbu iris dijamin membuat anda ketagihan. Selain rasanya yang enak dan gurih, pepes ikan peda ini juga lebih sehat karena menggunakan lebih sedikit minyak. Jadi cocok dikonsumsi oleh anda yang sedang menerapkan gaya hidup sehat.

Dari nama masakannya saja sudah menggoda selera, kan? Yuk langsung menyiapkannya di dapur. Selamat mencoba!