(Image: Shutterstock)

Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Yang namanya hidup sehat, selain olahraga juga harus diimbangi dengan asupan makanan bergizi. Nah, bahan makanan wajib untuk menunjang gaya hidup sehat adalah sayur dan buah. Tapi jujur, kadang saya malas jika harus mengolah buah dan sayur. Maunya langsung makan saja, tapi enak dan sehatnya tetap dapat. Untungnya sekarang sudah tersedia berbagai alternatif menikmati buah dan sayur tanpa ribet.

Dan salah satu yang sedang populer adalah cold-pressed juice. Anda pasti penasaran lebih jauh dong tentang cold-pressed juice yang sedang naik daun ini? Simak yuk penjelasan lengkapnya berikut.

1. Pengertian

Cold-pressed juice adalah sari buah dan sayur yang dikemas dalam kemasan botol sekali minum yang praktis. Cold-pressed juice ini digemari karena tidak mengandung bahan tambahan sama sekali, baik air, gula, dan bahan pengawet. Oleh karena itu, cold-pressed juice ini sering dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang diet atau ingin hidup sehat melalui proses detoksifikasi racun dalam tubuh.

2. Cara pembuatan

Buah dan sayur yang telah dibersihkan diolah dengan alat hidrolik khusus bernama masticating atau pressed juicer. Masticating juicer tersebut bekerja dengan cara menekan atau ‘mengepres’ daging buah dan sayur untuk diambil sarinya saja. Sehingga terciptalah sari buah murni tanpa campuran air dan bahan tambahan lainnya. Karena bekerja dengan ‘menekan’, mesin jus akan tetap dingin atau minimal dalam menghasilkan panas. Kandungan nutrisi dan enzim dalam sari buah pun akan tetap terjaga.

Berbeda dengan jus yang dibuat dengan menggunakan blender atau juicer lain pada umumnya. Mata pisau dari blender yang berputar dengan kecepatan tinggi saat menghancurkan buah dan sayur ini akan menghasilkan panas yang bisa merusak kandungan nutrisinya karena proses oksidasi.

3. Kelebihan dan kekurangan

Salah satu kelebihan dari cold-pressed juice adalah kemurniannya, karena dibuat tanpa tambahan air, gula, dan bahan pengawet yang berbahaya bagi tubuh, sehingga lebih terjamin kualitasnya. Selain itu, kandungan nutrisi dan vitamin dalam cold-pressed juice juga lebih terjaga dan maksimal dibanding anda membuat jus dengan blender biasa. Namun, karena kemurniannya tersebut, harga dari cold-pressed juice ini terbilang mahal. Untuk satu botol kecil saja bisa membutuhkan beberapa buah dan sayuran segar. Masa pakainya pun hanya beberapa hari saja.

Tertarik untuk mencoba cold-pressed juice?

Cold-Pressed Juice: Pengertian, Pembuatan, Kelebihan & Kekurangannya
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)