Penulis: Selly.J | Editor: Ria

Bisa membuat bermacam-macam jenis kue tentu sangat menyenangkan. Apalagi jika kita membuatnya dari bahan dasar yang sama. Misalnya seperti puff serta flaky pastry. Selain berlapis, lapis, pastry ini juga terasa renyah ketika digigit. Lantas, jenis kue apa saja ya yang bisa dibuat dari pastry ini? Yuk cari tahu melalui penjelasan berikut ini!

1. Strudel Keju

Strudel merupakan pastry berlapis yang diisi dengan manisan. Salah satu strudel yang terkenal ialah strudel keju. Pastry ini menjadi salah satu oleh-oleh kekinian khas Kota Malang. Bagian dalam adonan strudel keju diisi dengan custard. Sementara itu, permukaan atasnya juga diberikan taburan keju. Namun, jika hanya ingin cita rasa manis, anda tidak perlu menambahkan taburan keju.

2. Apple Strudel

Selain keju, terdapat juga variasi apple strudel. Sama seperti strudel keju, apple strudel juga menjadi oleh-oleh kekinian Kota Malang. Bagian dalam strudel diisi oleh potongan buah apel. Agar lebih lezat, potongan apel dicampurkan bahan seperti garam, gula, serta bubuk kayu manis. Namun, apel tidak boleh dimasak terlalu lama. Sebab, apel akan menjadi lembek dan cenderung berair.

3. Egg Tart ala Portugis

Egg tart ala Portugis ini menggunakan puff pastry sebagai kulit tart. Sementara isinya menggunakan custard, yakni campuran kuning telur, susu dan gula. Awalnya, egg tart berukuran bulat dan besar sehingga harus dipotong per slice. Namun, kini egg tart juga dibuat berukuran mini sehingga dapat langsung dilahap.

4. Mille Feuille atau Napoleon Cake

Mille Feuille merupakan kue khas Perancis yang dikenal sebagai “kue seribu daun.” Hal ini dikarenakan mille feuille memiliki lapisan yang banyak dan tipis. Digunakan tiga atau lebih lapisan puff pastry. Setiap lapisan puff pastry akan diselingi oleh whipped cream maupun potongan buah.

5. Cheese Stick

Jika punya adonan sisa puff pastry, jangan langsung membuangnya, ya. Kita dapat membuat cheese stick dari sisa adonan tersebut. Dibandingkan keripik biasa, cheese stick ini memiliki tekstur yang lebih empuk. Kita cukup membentangkan adonan dan mengolesinya dengan kuning telur. Kemudian, taburilah keju parut sebanyak yang kita suka. Setelah itu, adonan cheese stick siap dipanggang.

6. Palmier

Kue khas Perancis ini memiliki ciri khas berbentuk hati. Ternyata camilan ini juga terbuat dari puff pastry, lho. Proses pembuatan palmier tidaklah sulit. Kita cukup menyiapkan adonan puff pastry, gula, margarin cair, serta bubuk kayu manis.

Wah, ternyata puff dan flaky pastry gak cuma diolah jadi camilan manis. Pastry ini juga bisa diolah menjadi kue yang gurih. Berarti adonan puff dan flaky pastry wajib tersedia nih di kulkas kita. Tidak usah khawatir jika kesulitan membuat adonan. Banyak kok adonan siap pakai yang dijual di luar sana. Happy baking!