Penulis: Selly.J | Editor: Ria

Dalam dunia kuliner, ayam termasuk bahan makanan yang sering digunakan. Ada banyak macam menu makanan yang menggunakan ayam. Salah satunya ialah ayam goreng. Dari namanya saja, sudah jelas bahwa makanan ini membutuhkan proses penggorengan. Namun, banyak orang yang menganggap ayam goreng hanya ada satu macam.

Padahal, ayam goreng bukan hanya ayam yang diberikan bumbu kuning saja lho. Ada banyak jenis ayam goreng selain ayam goreng bumbu kuning. Supaya tidak bingung, yuk kenali aneka sajian ayam goreng berikut ini!

1. Ayam Goreng Tulang Lunak

Sesuai namanya, ayam goreng yang satu ini dimasak dengan bumbu ungkep hingga seluruh tulang-tulangnya jadi empuk dan bisa dimakan habis. Ayam goreng tulang lunak biasanya diungkep menggunakan panci bertekanan atau presto sehingga tidak butuh waktu lama untuk memasaknya.

2. Ayam Goreng Kalasan

Kalasan sendiri merupakan nama daerah tempat ayam goreng ini mulai dipasarkan. Ayam goreng kalasan menggunakan bahan seperti kelapa, ketumbar, dan kecap manis. Tidak heran, ayam goreng ini memiliki rasa gurih-manis yang khas.

3. Ayam Goreng Serundeng

Membuat ayam goreng serundeng bukanlah hal yang rumit. Kita tinggal masukkan kelapa parut bersama ayam ketika mengungkepnya dengan racikan bumbu. Setelah matang, ayam dan serundeng kelapa kemudian digoreng bersamaan hingga kecoklatan dan kering, lalu siap untuk disajikan.

4. Ayam Goreng Kremes

Jika serundeng kelapa kurang kriuk untuk anda, coba sandingkan ayam goreng dengan kremesan gurih.  Anda cukup campurkan bumbu sisa ungkepan ayam dengan tepung beras, air, dan kuning telur (opsional). Selanjutnya, goreng sedikit demi sedikit adonan tadi dalam banyak minyak panas hingga kering dan renyah.

5. Ayam Goreng Lengkuas

Selain dari adonan tepung, kremesan juga bisa dibuat dari parutan lengkuas yang diungkep bersama ayam dan bumbunya, kemudian digoreng hingga matang kecoklatan. Tentunya kremesan yang satu ini lebih unik dan nikmat dari citarasa khas lengkuas.

6. Ayam Goreng Wijen

Citarasa khas dan lezat dari biji wijen ini bisa membuat sajian ayam goreng jadi semakin istimewa. Ayam yang telah direndam racikan bumbu kemudian dibalur dengan biji wijen dan digoreng hingga matang dan kering. Ayam goreng wijen biasanya disajikan dengan siraman saus ala oriental seperti saus mentega dan saus tiram.

7. Ayam Goreng Mentega

Sajian khas oriental ini memiliki perpaduan rasa manis sekaligus gurih. Pertama-tama ayam dimarinasi dengan bumbu sederhana, lalu digoreng hingga matang. Selanjutnya, ayam ditumis kembali dengan mentega, kecap, dan irisan besar bawang bombay hingga bumbu-bumbu meresap sempurna.

8. Ayam Goreng Kecap

Jika anda pecinta sajian dengan kecap, menu berikut ini wajib dicoba. Cita rasanya memang mirip seperti semur ayam maupun ayam bumbu kecap. Namun karena digoreng, sajian ini memiliki tekstur yang lebih padat dan kering.

9. Ayam Gepuk

Nah, ayam goreng yang satu ini wajib dicoba untuk anda pecinta pedas. Ayam goreng ini disebut ayam gepuk karena cara pengolahannya yaitu digepuk atau dipukul sebelum digoreng, supaya ayam jadi lebih empuk. Setelah matang, sajikan bersama sambal bawang yang ditaruh di atas ayam agar sensasi pedasnya lebih terasa.

10. Ayam Geprek

Kata geprek mengacu pada penyajian makanan ini. Setelah ayam digoreng, ayam akan digeprek (dipukul/tumbuk) sehingga terlihat agak hancur. Biasanya, ayam akan digeprek sekaligus bersama sambal terasi atau sambal bawang di atasnya. Selain ayam goreng biasa, sajian ini kini juga banyak menggunakan ayam goreng tepung krispi untuk digeprek, juga dengan tambahan topping lelehan keju mozarella.

11. Ayam Sambal Matah

Selain sambal terasi dan bawang, sambal matah kini juga sedang populer disandingkan dengan aneka makanan, tak terkecuali dengan ayam goreng. Sambal dengan kekhasan irisan bahan-bahannya ini akan semakin menyedapkan suasana santap anda.

Meski cara pengolahannya hampir sama, setiap jenis ayam goreng di atas punya keistimewaan tersendiri. Supaya tidak bosan, coba yuk menyajikannya untuk variasi menu bersantap anda. Selamat mencoba!

11 Olahan Ayam Goreng yang Lezat, Praktis, dan Memanjakan Lidah
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)