Penulis: Selly.J | Editor: Ria

Para penggemar seafood tentu familiar dengan kepiting. Seperti ikan, daging hewan laut ini juga memiliki tekstur yang lembut. Selain itu, daging kepiting juga memiliki rasa yang khas. Bila beruntung, kitapun dapat mencicipi telur kepiting yang gurih. Mustahil deh rasanya untuk melupakan kenikmatan seafood yang satu ini.

Kepiting dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan. Mulai dari yang bercita rasa asam, pedas, manis, maupun gurih. Lantas, menu olahan kepiting apa ya yang cocok dengan selera kita? Untuk mengetahuinya, yuk lihat aneka masakan kepiting berikut ini!

1. Sup Jagung Kepiting

Daging kepiting memiliki tekstur yang lembut serta rasa yang gurih. Tidak heran, daging kepiting juga cocok dijadikan sup. Di restoran, sup kepiting juga sering dijadikan sebagai makanan pembuka. Agar lebih menggugah selera, kita dapat menambahkan wortel, jagung, maupun asparagus.

2. Kepiting Saus Padang

Suka cita rasa pedas? Berarti kepiting saus ala Padang ini patut dicoba. Sebelum dicampurkan dengan saus Padang, kepiting harus digoreng terlebih dahulu. Setelah itu barulah kepiting dimasak hingga saus mengental.

3. Kepiting Saus Tiram

Masakan kepiting yang gurih dapat dirasakan melalui kepiting saus tiram. Pertama-tama, kepiting harus direbus selama 7-10 menit hingga kemerahan. Kemudian, barulah kepiting dicampurkan ke dalam tumisan saus tiram. Setelah semua bumbu sudah merata, kepiting saus tiram dapat disajikan.

4. Kepiting Lada Hitam

Jenis masakan kepiting pedas yang juga dapat kita coba ialah kepiting lada hitam. Selain membuat kepiting terasa pedas, lada hitam juga memberikan sensasi hangat. Sangat cocok dipadukan dengan daging kepiting yang lembut, bukan?

5. Kepiting Saus Tomat

Kepiting saus tomat cocok untuk kita yang tidak terlalu menyukai pedas. Berbeda dengan saus Padang, saus tomat lebih didominasi oleh rasa asam. Tentunya masakan ini akan terasa segar dan lezat ya.

6. Kepiting Saus Mentega

Untuk membuat olahan kepiting yang praktis, kita dapat mencoba kepiting saus mentega. Bahan-bahan untuk membuat saus mentega tidaklah sulit ditemukan. Kita hanya membutuhkan margarin, bawang bombay, bawang putih, garam, kecap manis, serta gula pasir. Setelah direbus, kepiting dapat dicampurkan dengan saus mentega yang sudah ditumis.

7. Kepiting Goreng Tepung

Kepiting goreng tepung termasuk menu yang praktis, lezat, dan sederhana. Kepiting yang digunakan adalah kepiting cangkang lunak atau yang biasa kita kenal dengan kepiting soka. Untuk membuatnya, kita cukup mencelupkan kepiting ke adonan tepung yang terdiri dari bawang putih, telur, terigu, maizena, garam, serta merica. Setelah itu, kepiting digoreng hingga berwarna coklat keemasan.

8. Kepiting Lada Garam

Untuk membuat kepiting lada garam, kita sebaiknya juga menggunakan kepiting cangkang lunak  karena kepiting akan digoreng balur tepung terlebih dulu, sebelum dicampur dengan tumisan lada atau cabai dan garam.

9. Kepiting Telor Asin

Anda pasti sudah familiar dengan inovasi saus telur asin di berbagai makanan. Awalnya, saus telur asin banyak digunakan pada aneka sajian seafood seperti kepiting. Bisa bayangkan gurihnya saus telur asin dengan paduan daging kepiting yang lembut dan manis?

10. Kari Kepiting

Selain sup, kepiting juga dapat diolah menjadi masakan berkuah lainnya. Salah satunya ialah kari kepiting. Masakan ini memiliki cita rasa yang gurih serta pedas. Pada prinsipnya, pembuatan kari kepiting sama seperti kari pada umumnya. Jadi, kepiting akan dimasukkan setelah semua rebusan bumbu mendidih dan masak beberapa saat hingga matang.

Jadi, jenis kepiting mana yang paling cocok dengan selera anda? Bagi penggemar seafood, saya rasa semua masakan kepiting tentu sayang untuk dilewatkan. Selamat berwisata kuliner!

10 Masakan Kepiting yang Lezat Istimewa & Patut Dicoba
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 4 (80%) 1 vote