Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Menjelang tahun baru, saya memutuskan untuk membuat stok berbagai makanan kering. Salah satunya adalah kering kentang. Tekstur kering kentang yang garing serta rasanya yang manis, asin, dan gurih menjadi favorit saya dan keluarga. Nah, sedikit cerita, dulu saya pernah beberapa kali gagal saat membuat kering kentang. Kadang kering kentangnya kurang garing. Atau kalaupun garing, kentangnya terlalu berminyak.

Kalau sudah begitu, rasanya kering kentang saya kurang nikmat dan kurang awet untuk disimpan sebagai stok makanan kering di dapur. Tapi untungnya setelah sekian kali mencoba, akhirnya saya menemukan cara tepat untuk membuat kering kentang yang tak hanya benar-benar garing, tapi juga tidak terlalu berminyak. Simak tips selengkapnya di bawah ini.

1. Perhatikan pemilihan kentang

Agar mendapatkan hasil gorengan kentang yang renyah, maka anda harus benar-benar memperhatikan pemilihan kentang. Pastikan anda menggunakan kentang segar, dengan ciri keras saat ditekan. Kentang yang masih segar biasanya akan menghasilkan tekstur yang garing dan renyah ketika digoreng. sehingga akan sangat cocok jika diolah menjadi kering kentang. Pastikan juga anda memilih kentang berukuran agak besar dengan permukaan yang mulus dan halus agar rasa kentang tidak pahit nantinya.

Baca juga: 6 Cara Memilih Kentang yang Bagus dan Berkualitas

2. Iris kentang dengan ukuran sama rata

(Image: Lazada)

Hal paling penting yang harus anda perhatikan ketika membuat kering kentang adalah ukuran irisan kentang. Setelah dikupas dan dicuci bersih, pastikan anda mengiris kentang dengan ukuran tipis yang sama rata agar matangnya pun bisa merata. Anda bisa mengiris kentang secara manual dengan bentuk korek api atau bulat tipis. Atau jika anda tidak punya cukup waktu, anda bisa memarutnya dengan Graha FE Mini Cutter Set (lihat di Lazada) yang memiliki pengiris keripik berbahan stainless steel yang aman. Kalau menggunakan pengiris keripik ini, ukuran irisan kentang pasti akan sama rata besar dan tebalnya. Anda pun lebih mudah dalam menggorengnya.

Baca juga: Tips Agar Kentang Tidak Berubah Warna Hitam Setelah Dikupas

3. Rendam kentang dengan larutan air kapur sirih

Meskipun anda sudah memilih kentang berkualitas baik, anda tetap harus melakukan penanganan tambahan pada kentang, salah satunya adalah dengan merendam kentang yang sudah diiris tipis dalam air larutan kapur sirih. Rendam kentang selama kurang lebih lima belas menit, lalu cuci kembali kentang sampai bersih.

Baca juga: 7 Kegunaan Kapur Sirih dalam Makanan

4. Goreng kentang dalam minyak banyak

Salah satu hal yang mempengaruhi keberhasilan kering kentang adalah tekstur kentang yang tetap renyah. Agar anda bisa mendapatkan tesktur seperti itu, anda harus menggoreng kentang dalam minyak panas dengan teknik deep frying. Selama menggoreng, hindari memasukkan kentang terlalu banyak, karena akan membuat kentang sulit matang secara merata. Hindari juga terlalu sering mengaduk kentang selama digoreng atau kentang tidak terlalu banyak menyerap minyak.

Baca juga: 4 Tips Membuat Gorengan Agar Tidak Berminyak

5. Buat bumbu bertekstur kasar

Saat anda membuat bumbu untuk kering kentang, sebaiknya jangan terlalu halus. Karena justru bumbu yang terlalu halus akan mudah menggumpal dan membuat tekstur kentang jadi tidak renyah. Sebaiknya buat bumbu yang bertekstur agak kasar agar tidak menggumpal dan bisa menyebar ke seluruh bagian kentang. Pastikan juga anda menumis bumbu sampai benar-benar matang sebelum dicampur bersama kentang.

Itu dia tips membuat kering kentang anti gagal yang sangat mudah untuk anda ikuti. Selamat mencoba di rumah dengan Resep Kering Kentang Tempe Pedas yang praktis dan anti gagal.