Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Sore tadi saat berkunjung ke rumah teman, saya disuguhi berbagai makanan homemade yang lezat. Di antara makanan-makanan tersebut, yang paling menarik perhatian saya adalah crepes, atau yang sering juga disebut leker. Crepes yang teman saya buat itu memiliki ukuran yang sangat tipis dan garing secara merata. Persis crepes yang dijual di luaran sana.

Sekilas, membuat crepes terlihat mudah. Tapi ternyata masih banyak orang yang sering gagal membuat adonan crepes yang tipisnya merata. Ternyata, hal tersebut terjadi karena cara menuang dan meratakan adonan crepes yang kurang tepat. Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, saya punya tips ampuh nih bagaimana cara menuang dan meratakan adonan crepes agar bisa tipis secara merata. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Perhatikan kekentalan adonan crepes

Salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan crepes adalah kekentalan adonannya. Karena tekstur crepes sangat renyah dan tipis, anda harus membuat adonan yang encer. Adonan yang terlalu kental akan menghasilkan kulit crepes yang tebal, sehingga teksturnya tidak akan renyah dengan maksimal. Tapi hindari juga membuat adonan yang terlalu encer, karena akan sulit dicetak nantinya.

2. Saring adonan crepes

Jika adonan crepes sudah jadi, sebaiknya jangan langsung dicetak. Anda bisa menyaring adonan crepes terlebih dahulu agar hasil crepes bisa lebih halus, mudah dicetak, dan mudah diratakan.

3. Panggang crepes dengan menggunakan wajan ‘kwalik’ atau terbalik

Ada yang unik dari cara pembuatan crepes, yaitu cara memanggangnya. Crepes biasanya dipanggang di wajan khusus bernama wajan kwalik, yang bentuknya seperti teflon terbalik. Wajan kwalik dipanaskan terlebih dahulu dengan api kecil sampai cukup panas. Suhu dari wajan kwalik ini akan sangat mempengaruhi hasil crepes. Usahakan agar suhu wajan kwalik pas.

Jika kurang panas, adonan crepes tidak akan menempel sempurna ke wajan. Alhasil kulit crepes akan berlubang. Sebaliknya, jika wajan kwalik terlalu panas, adonan yang menempel akan terlalu banyak dan kulit crepes menjadi terlalu tebal. Jika adonan crepes sudah menempel pada wajan kwalik, panggang kembali dengan api kecil sampai crepes benar-benar matang.

4. Panggang crepes di wajan anti lengket

Jika anda tidak punya punya wajan kwalik, anda juga bisa kok memanggang crepes di teflon anti lengket yang biasa. Caranya ambil adonan crepes secukupnya dan panggang dalam api kecil. Agar ketebalan adonan bisa merata, selama dipanggang anda bisa memutar-mutar wajan sampai seluruh adonan menyebar.

Bagaimana, tips di atas sangat mudah untuk diikuti, kan? Sekarang anda bisa membuat crepes yang tipis dan garing dengan resep Crepes ini, seperti ketika anda membeli di luar. Tapi pastinya lebih sehat dan lebih lezat sesuai selera. Selamat mencoba!