Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Akhir-akhir ini saya sedang senang ngemil yang manis-manis. Berbekal resep yang saya intip di resepkoki.id, akhirnya saya pun memutuskan untuk membuat puding weekend ini. Tapi kali ini puding yang saya buat sedikit berbeda, yaitu silky pudding atau yang lebih dikenal dengan nama puding sutra. Berbeda dengan puding pada umumnya, puding sutra memiliki tekstur yang sangat lembut seperti sutra. Apalagi jika sudah masuk ke dalam mulut. Puding seketika meleleh dan menciptakan sensasi unik di lidah.

Tapi karena teksturnya yang sangat lembut itu, cara membuatnya tak bisa sembarangan. Dibutuhkan trik khusus agar puding tersebut tetap lembut namun tidak sampai hancur. Anda berniat membuat puding sutra tapi takut gagal? Tenang saja, seperti biasa saya datang membawa tips anti gagal yang bisa anda terapkan dengan mudah saat membuat puding sutra. Berikut tips selengkapnya.

1. Perhatikan takaran bubuk jelly

Tidak seperti saat anda membuat puding biasa yang kenyal, takaran bubuk jelly untuk puding sutra ini sedikit berbeda. Sebaiknya, kurangi penggunaan bubuk jelly menjadi sedikit saja agar hasil puding bisa benar-benar lembut. Penggunaan bubuk jelly yang terlalu banyak hanya akan membuat tekstur puding sutra menjadi terlalu kenyal bahkan keras dan sulit dimakan.

2. Gunakan tepung maizena

Berbeda dari puding lainnya, anda perlu menambahkan tepung maizena pada puding sutra. Penambahan tepung maizena dalam puding sutra tersebut tak hanya bisa membantu mengentalkan puding, tapi juga membantu membuat tekstur puding sutra menjadi benar-benar lembut.

3. Perhatikan cara mencampur adonan puding

(Image: Tokopedia)

Sebelum mulai memasak puding, sebaiknya anda mencampur bahan-bahan kering seperti bubuk jelly, tepung maizena, gula, dan perasa (jika ada) di dalam wadah. Gunakan OEM Whisk Stainless Steel (lihat di Tokopedia) untuk mengaduk adonan dengan rata. Hal tersebut bertujuan agar tepung tersebut tidak menggumpal saat dimasak. Setelah bahan kering tercampur rata, anda bisa mencampurnya dengan bahan cair seperti susu atau santan dan masak puding sutra sampai matang.

4. Hindari memasak puding sampai mendidih

Pastikan anda merebus puding dalam api kecil sambil terus diaduk dengan menggunakan sendok sayur atau whisker. Pengadukan terus menerus tersebut bertujuan agar susu tidak pecah dan bisa tercampur rata dengan baik. Selain itu, hindari memasak puding sampai mendidih, karena hal tersebut juga akan membuat puding pecah. Cukup masak puding sampai panas dan berbuih di permukannya. Setelah itu segera matikan kompor dan dinginkan puding.

5. Cetak puding dalam cup kecil

Setelah puding matang dan mulai mendingin, segera pindahkan puding ke dalam cetakan sebelum mengeras dalam panci. Sebaiknya anda menggunakan cetakan puding ukuran kecil atau sekali makan, karena tekstur puding sutra sangat lembut dan mudah hancur, jadi tidak akan bisa dipotong-potong jika dicetak ke dalam cetakan besar.

Dengan mengikuti tips di atas, dijamin deh anda bisa membuat puding sutra yang benar-benar halus dan lembut dengan resep di bawah ini. Selamat mencoba!

5 Tips Membuat Puding Sutra yang Super Lembut dan Halus
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)