Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Belakangan ini, saya punya cara asyik makan nasi, yaitu dengan membuatnya menjadi onigiri. Nasi kepal isi khas Jepang tersebut selain enak dan mengenyangkan, juga memiliki bentuk segitiga yang lucu. Apalagi dengan penambahan nori yang mempercantik tampilan onigiri. Sekilas, membuat onigiri terlihat mudah. Mungkin anda berpikir hanya perlu membentuknya dengan tangan dan onigiri pun langsung jadi. Padahal sebenarnya banyak juga lho yang gagal saat membuat onigiri.

Nah, kegagalan yang pailing sering terjadi adalah nasinya yang buyar, sehingga bentuknya tidak cantik lagi. Anda pasti tidak ingin kejadian tersebut menimpa anda, kan? Karena itu, sebelum membuat onigiri, intip dulu tips sukses membuat onigiri ala saya di bawah ini!

1. Perhatikan pemilihan beras

Karena onigiri akan dipadatkan dan dibentuk, maka penggunaan berasnya pun berbeda dengan beras untuk membuat nasi biasa. Sebaiknya anda menggunakan beras jenis japonica, karena teksturnya lebih lengket sehingga akan saling merekat dengan baik ketika dipadatkan. Tapi jika anda kesulitan menemukan beras tersebut, anda bisa menggunakan campuran antara beras putih biasa dan beras ketan.

2. Basahi telapak tangan

Saat membuat onigiri, anda harus mendinginkan nasi terlebih dahulu. Nah, sambil menunggu nasi dingin, anda wajib membasahi telapak tangan terlebih dahulu dengan air matang. Hal tersebut bertujuan agar nasi tidak lengket di tangan dan membuat bentuk onigiri menjadi berantakan.

3. Hindari mengisi onigiri terlalu banyak

Sebelum mengisi onigiri, anda harus mengepalkan nasi terlebih dahulu sampai padat. Hal tersebut bertujuan agar nantinya nasi tidak berantakan. Setelah nasi terkepal padat, sekarang saatnya anda mengisi onigiri sesuai selera. Anda bisa mengisinya dengan telur dadar, abon, tumis, ayam, tuna mayo, dan lain-lain. Tapi pastikan anda tidak mengisi onigiri terlalu banyak ya, karena isian tersebut bisa keluar dan merusak tampilan onigiri. Lalu kepalkan kembali onigiri anda sampai seluruh isiannya tertutup sempurna.

4. Cetak nasi dengan alat khusus

Agar bentuk onigiri bisa simetris, seragam, dan rapi, anda bisa membentuknya dengan cetakan khusus yang banyak dijual di pasaran. Membentuk onigiri dengan menggunakan cetakan khusus juga bisa mempersingkat waktu pengerjaan, sehingga sangat cocok bagi anda yang tidak punya banyak waktu untuk memasak. Tapi jika tidak punya cetakan khusus, anda bisa menggunakan plastik makanan.

Caranya adalah dengan memasukkan kepalan nasi ke dalam plastik dan posisikan pada bagian ujungnya, lalu padatkan nasi hingga berbentuk segitiga. Setelah onigiri jadi, anda bisa menempelkan potongan nori di bagian bawahnya sambil sedikit menekan-nekan nori ke nasi agar nori bisa menempel dengan sempurna pada onigiri anda.

Bagaimana tips di atas? Mudah untuk diikuti, kan? Sekarang, anda bisa membuat onigiri lezat dengan bentuk yang cantik dengan resep ini. Selamat mencoba!