(Image: Shutterstock)

Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Saya adalah penggemar berat makanan yang bertekstur renyah. Karen selain enak, makanan renyah juga selalu berhasil menambah nafsu makan saya. Seperti yang kita ketahui, makanan renyah itu diolah dengan cara digoreng dalam minyak. Padahal, terlalu banyak atau sering mengasup makanan yang digoreng dengan minyak itu juga kurang baik bagi kesehatan. Tapi tenang saja, seiring dengan perkembangan zaman, ada solusi praktis yang bisa menjawab kekhawatiran kita semua. Sekarang sudah tersedia alat masak canggih yang bernama air fryer.

Air fryer adalah alat memasak yang fungsi utamanya adalah menggoreng makanan tanpa minyak, sehingga makanan anda lebih sehat dan bebas minyak. Canggih, kan? Mungkin banyak dari anda yang masih asing dengan alat tersebut, karena memang di Indonesia sendiri penggunaannya masih jarang. Tapi sekedar informasi, di luar negeri, air fryer ini sudah menjadi alat memasak yang umum digunakan lho. Kalau di Indonesia, sebenarnya sudah banyak beredar air fryer dengan berbagai merk, salah satunya Maspion Electric Air Fryer AF-250 (lihat di Lazada) yang berkapasitas cukup besar sekitar 2,5 L.

(Image: Lazada)

Jadi apa itu air fryer? Berikut saya jelaskan selengkapnya untuk anda.

1. Cara kerja

Cara kerja air fryer pada makanan adalah dengan mengedarkan udara panas berkecepatan tinggi mengelilingi makanan. Udara panas tersebut didapat dari kipas mekanik yang terdapat di dalam alat. Suhu panas yang tinggi tersebut membuat kandungan air dalam makanan menguap, sehingga akan mematangkan sekaligus menghasilkan tekstur renyah pada gorengan atau masakan anda.

2. Jenis

Di pasaran, terdapat tiga jenis air fryer yang bisa anda temukan:

Basket air fryer

Basker air fryer ini merupakan jenis air fryer yang paling umum digunakan. Bentuknya hampir mirip seperti teko, namun permukaannya lebih bundar dan terdapat banyak tombol pada alat. Uniknya, cara membuka-tutup alat ini dari samping, seperti ketika anda membuka laci. Karena bentuk wadahnya yang seperti loyang, anda bisa menggunakan basket air fryer ini untuk menggoreng makanan yang tidak terlalu kering. Anda bahkan bisa memanggang kue di sini.

Paddle air fryer

Berbeda dari basket air fryer, paddle air fryer ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan magic com, cara membuka-tutupnya pun dari atas. Di bagian tengah alat, terdapat seperti baling-baling yang berfungsi mengalirkan udara panas pada makanan. Paddle air fryer ini paling cocok digunakan untuk menggoreng makanan seperti frozen food dengan permukaan yang sangat renyah.

Oil-free turkey fryer

Dibanding jenis air fryer lainnya, oil free turkey ini memiliki ukuran dan kapasitas yang paling besar. Bentuknya mirip seperti panci yang berkaki. Terdapat dua gagang di kanan-kiri yang memudahkan anda untuk memegangnya. Bagian tutupnya juga terpisah dan tidak menyatu seperti air fryer lainnya. Jadi anda bisa lebih leluasa ketika memasukkan makanan. Karena kapasitasnya yang besar, biasanya oil-free turkey air fryer ini digunakan untuk memanggang ayam atau kalkun utuh.

3. Jenis masakan yang bisa digunakan

Dengan air fryer, anda bisa menggoreng berbagai makanan seperti daging, frozen food, seafood, tahu dan tempe, kentang, atau kerupuk. Tak hanya itu saja, anda bisa menggunakan air fryer untuk membakar roti, memanggang steak, sampai memanggang cookies. Bahkan, anda juga bisa membuat keripik dengan air fryer ini lho.

4. Kelebihan dan kekurangan

Air fryer memiliki kelebihan sebagai berikut.

Lebih sehat

Karena tidak menggunakan minyak sama sekali atau menggunakan minyak dengan jumlah seminimal mungkin saat memasak, hasil masakan jadi lebih sehat. Jadi, anda tidak perlu lagi menyetok minyak goreng terlalu banyak di rumah.

Hasil gorengan lebih renyah dan krispi

Sebab kandungan air dalam makanan akan menguap sempurna saat dimasak.

Tidak merubah rasa

Rasa gorengan tetap enak, sama seperti ketika anda menggoreng dengan menggunakan minyak. Hanya saja hasil gorengan air fryer tidak berminyak sama sekali.

Multifungsi

Selain untuk menggoreng, air fryer juga bisa digunakan untuk memanggang dan membakar. Hal tersebut karena terdapat beberapa pilihan bentuk wadah seperti panci, besi pemanggang, dan lain-lain.

Praktis

Anda bisa meninggalkannya sambil mengerjakan pekerjaan lain tanpa takut makanan gosong, karena anda bisa mengatur waktu dan suhu memasak. Sehingga air fryer ini akan sangat cocok bagi anda yang tak punya banyak waktu di dapur.

Aman

Memasak dengan menggunakan air fryer bisa meminimalisir kecelakaan di dapur seperti terciprat minyak panas ataupun tersenggol wajan. Jadi anda tidak perlu merasa khawatir ketika menggunakan air fryer.

Ada kelebihan, pasti ada kekurangannya juga dong. Nah, ini dia beberapa kekurangan dari air fryer:

Mahal

Karena fungsinya yang canggih, otomatis harga air fryer juga mahal, jadi hanya bisa terjangkau oleh kalangan tertentu saja. konsumsi  listriknya juga terbilang cukup besar, jadi anda harus mengeluarkan biaya ekstra jika memiliki air fryer.

Tidak semua jenis masakan bisa diolah

Anda hanya bisa menggoreng bahan makanan tertentu saja, yaitu yang teksturnya padat dan kental. Anda tidak bisa menggoreng adonan yang cair dengan air fryer.

Kapasitas kecil

Mesin air fryer bisa dibilang berat dan cukup memakan tempat. Meski  begitu, kapasitasnya kecil. Jadi jika akan menggoreng dalam jumlah banyak, anda harus mengulangnya berkali-kali karena alat tidak cukup menampung untuk sekali proses saja.

Itu dia informasi seputar air fryer yang bisa saya jelaskan. Semoga bisa menjadi gambaran bagi anda yang mungkin sedang mencari alternatif cara masak untuk gaya hidup lebih sehat. Anda tertarik untuk membelinya?