(Image: acouplecooks.com)

Penulis: Manggarayu

Banyak orang Indonesia yang beralih menjadi vegetarian dan vegan. Tak ada salahnya memang, beberapa kawan saya sudah membuktikannya dengan tubuh yang lebih fit dan penampilan yang lebih cerah. Tapi perlu diketahui bahwa membatasi diri dengan produk non-dairy ternyata tak semudah yang dibayangkan. Banyak makanan olahan yang pakai tambahan produk hewani secara langsung atau tidak langsung.

Misalnya es krim. Saya tak habis pikir jika teman saya tak akan makan es krim selamanya. Soalnya, kebanyakan es krim dibuat dengan susu dan krim. Dua bahan inilah yang membuat rasa dan tekstur es krim jadi lembut dan khas. Tapi ternyata, teman vegan saya membuat es krim versinya sendiri. Dengan mengakali beberapa bahan, es krim ala vegan nyatanya tak kalah nikmat dengan es krim dairy. Langsung saja simak yang satu ini, yuk!

1. Ganti susu dan krim dengan santan atau susu non-dairy

Es krim biasanya dibuat dengan produk susu, seperti heavy cream, susu cair, dan susu kental manis (SKM). Ketiga produk inilah yang membuat tekstur es krim terasa halus, lembut, dan lumer di mulut. Terlebih lagi, tiga bahan ini memunculkan rasa creamy dan nikmat pada es krim rumahan.

Tapi tak perlu bingung, kita bisa mengganti bahan-bahan tersebut dengan susu non-dairy. Bahan yang paling sering dipakai adalah santan kental. Santan punya tekstur lebih kental dari susu non-dairy lainnya serta rasa lebih gurih khas. Jangan khawatir rasa khasnya akan mendominasi, karena kita bisa mengakalinya dengan bumbu tambahan nanti. Pilih santan segar atau santan kemasan yang berlabel full fat.

Sayangnya, tekstur santan yang diblender cenderung kasar dan agak menggumpal. Oleh karena itu, didihkan dulu santan dengan campuran gula dan garam. Inapkan dalam kulkas semalaman, lalu blender dengan bahan atau perasa lain esok harinya.

Baca juga: 6 Jenis Susu Non Dairy atau Bukan Berasal dari Sumber Hewan

2. Kreasikan rasa es krim dengan berbagai bahan

Garam dan gula memang wajib jadi campuran es krim. Di luar itu, kita bisa menambahkan rasa lain sesuai selera. Jadi setelah adonan es krim diblender dan teksturnya mengental, tambahkan perisa vanila, coklat bubuk, atau bubuk matcha. Aduk secara perlahan hingga tercampur rata. Selain dalam bentuk bubuk, anda juga bisa buat puree buah-buahan seperti pisang, nanas, dan buah favorit lain. Psst, buah-buahan punya rasa manis/asam alami. Sehingga bisa mengurangi takaran gula dan jauh lebih sehat!

Setelah dicampur dengan bahan perasa, tuang es krim dalam wadah dan simpan dalam kulkas.

Baca juga: 4 Tips Membuat Es Krim Homemade Simpel Tanpa Mesin

3. Tambahkan topping agar es krim lebih bercitarasa

Es krim tetap enak meski disantap begitu saja. Apalagi ditambah aneka topping, hmm dijamin rasanya makin mantap! Es krim yang terbuat dari santan atau susu almond lebih nikmat dengan topping cacahan kacang mete dan saus karamel. Tapi, tak ada salahnya menambah topping lain seperti saus coklat, buah kering, buah beri-berian, atau kue kering yang juga dibuat dengan bahan vegan. Jangan ragu untuk berkreasi, ya!

Baca juga: 6 Tips Menyimpan Es Krim Homemade Agar Tahan Lama

Penasaran ingin langsung coba? Anda bisa buat resep es krim coklat ala ResepKoki. Jangan lupa untuk mengganti produk dairy dengan bahan di atas. Selain lebih hemat, es krim ala rumahan tentunya lebih sehat karena bebas bahan pengawet. Selamat mencoba!