Penulis: Manggarayu

Tapai atau tape singkong adalah olahan singkong yang difermentasi dengan ragi. Singkong yang biasa digunakan adalah singkong mentega. Tak heran, banyak tape singkong berwarna kuning di pasaran dengan rasa manis dan tekstur lembut seperti mentega.

Tape singkong bisa disantap langsung atau diolah jadi aneka sajian. Tekstur lembut dan rasa manis yang khas membuat tape singkong mudah dicampur dengan berbagai bahan. Mungkin familier bagi kita untuk mencampurkan tape singkong dalam minuman seperti es doger, es campur, hingga setup tapai susu. Tapi ternyata, banyak jajanan atau kudapan tradisional dari tape singkong yang tak kalah nikmatnya. Tak perlu berlama-lama, langsung scroll ke bawah ya!

1. Bolu Tape

bolu tape

Siapa yang tak suka bolu? Kue dengan tekstur lembut ini mudah dibuat dengan berbagai bahan, salah satunya adalah tape singkong. Tape singkong perlu dilumatkan hingga halus sebelum dicampur dengan adonan terigu. Ketika matang, rasa manis tape singkong yang menyatu dengan lembutnya bolu benar-benar lumer di mulut. Anda juga bisa menambahkan bahan lain seperti coklat, kacang, dan keju agar bolu tape lebih bercitarasa. Sajikan saat ngobrol minum teh atau arisan keluarga pastinya cocok banget!

Coba resep: Bolu Tape

2. Prol Tape

Ribet dengan adonan yang perlu dikocok mikser? Anda bisa buat kue tape yang lain nih, yakni prol tape. Ibarat brownies, prol tape memiliki tekstur padat tapi tetap terasa lembut di mulut. Kata prol sendiri berarti “lumer” atau “langsung pecah” saat dikunyah. Sama seperti bolu, prol tape dibuat dengan mencampurkan tape singkong halus ke dalam adonan terigu. Tambahkan topping parutan keju dan kismis supaya prol tape terasa lebih istimewa!

Coba resep: Prol Tape

3. Colenak

(Image: Istimewa)

Cemilan asal Bandung ini sangat melegenda. Bayangkan tape singkong yang dibakar hingga terkaramelisasi, lalu disajikan dengan taburan kelapa parut dan siraman saus gula merah. Hmm, pastinya rasa manis dan legit menyatu dengan sempurna di lidah anda! Colenak sudah ada sejak tahun 1930. Awalnya, cemilan ini disebut tape digulaan. Namun atas saran dari pelanggan setia di zamannya, cemilan ini berganti nama menjadi colenak. Artinya, makin dicocol makin enak rasanya.

Tape singkong cukup dipotong ukuran sedang, lalu bakar hingga beraroma wangi dan terkaramelisasi. Olesi dengan margarin atau mentega agar lebih bercitarasa. Terakhir, tambahkan kelapa parut dan saus gula merah di atasnya!

4. Rondo Royal

(Image: via Instagram)

Pernah mencicipi tape singkong goreng? Yup, itulah rondo royal atau monyos. Kue tradisional asal Jepara ini awalnya dibuat oleh rakyat kelas bawah untuk menyaingi kudapan tuan tanah. Namun seiring zaman berlalu, rondo royal pun mulai jadi cemilan ala kafe yang nikmat disajikan dengan teh atau kopi.

Rondo royal dibuat dengan tape singkong mentega yang dipotong-potong. Tape tersebut nantinya dicelupkan pada adonan tepung (terigu, air, gula, dan garam), lalu digoreng hingga matang kecoklatan. Rondo royal bisa disajikan plain atau diberi topping seperti coklat, parutan keju, hingga susu kental manis.

5. Kue Mangkok

kue mangkok manis

Eits, jangan tertukar dengan bolu kukus ya. Kue mangkok juga terlihat berwarna-warni dan mekar. Hanya saja, kue mangkok punya tekstur lebih padat dan licin. Kue mangkok bisa ditemukan di pasar tradisional bersama jajanan lainnya. Atau perayaan tahun baru Cina atau Imlek. Kue mangkok ini biasa disebut fa gao yang berarti kue kemakmuran.

Kue mangkok dibuat dari campuran tepung beras, terigu, tape yang sudah dihaluskan, dan air gula. Aduk merata dan masukkan ragi. Adonannya perlu mengembang dua kali lipat sebelum diberi warna dan dimasukkan dalam cetakan. Adonan kue juga perlu dikukus sampai matang dan mekar.

Coba resep: Kue Mangkok

6. Apem

apem panggang gurih

Kudapan satu ini mirip dengan kue mangkok. Hanya saja, apem sering dijajakan saat bulan Ramadhan. Konon, apem berasal dari bahasa Arab, afuan, yang berarti pengampunan. Pas sekali momennya, ya? Lebih lagi, apem punya rasa lebih gurih dan tekstur lebih empuk dari kue mangkok.

Tak heran, apem dibuat dengan campurang tepung beras dan tepung sagu. Masukkan tape yang sudah dihaluskan, garam, gula, dan bahan pengembang. Tuang santan hangat secara perlahan dan aduk hingga merata. Tunggu adonan mengembang dua kali lipat, lalu tuang pada loyang cetakan.

Coba resep: Apem Panggang

7. Kue Kamir

(Image: Samaya Albakri via Cookpad)

Terakhir, ada jajanan kaki lima yang sedang hits nih: kue kamir! Kue yang mirip poffertjes ukuran besar ini berasal dari Pemalang, Jawa Tengah. Konon, seorang keturunan Arab dari kelurahan Mulyoharjo yang mulai menjajakan kudapan ini. Kamir sendiri berasal dari kata khamir yang dalam bahasa Arab berarti ragi.

Campurkan terigu, tape yang dihaluskan, gula pasir, margarin cair, telur, dan air hangat hingga merata. Masukkan ragi dan uleni adonan dengan tangan. Diamkan hingga mengembang. Tuang ke atas loyang yang sudah panas dan panggang hingga matang.

Kudapan mana yang ingin anda coba dulu, nih? Semua makanan selingan di atas juga bisa anda buat sendiri. Tapi sebelumnya, ketahui dulu cara membeli dan mengolah tape singkong supaya lembut dan manisnya terasa pas. Selamat mencoba!