(Image: OpenRice)

Penulis: Manggarayu

Merasa familier dengan warung tenda pecelan? Itulah salah satu model warung Lamongan yang terkenal di Indonesia. Tiap ingin makan pecel lele, saya pasti menghampiri warung yang punya desain spanduk berwarna ngejreng itu. Dengan harga terjangkau, perut saya terasa kenyang dengan menu lengkap yakni nasi uduk, pecel lele, tahu-tempe goreng, lalapan, dan segelas es teh manis.

Bagi penggemar jajanan kaki lima, warung Lamongan memang terasa tak asing. Meski tampilannya sederhana, pengunjungnya tak kian memudar alias pasti ramai. Selain warung tenda, ada rumah makan Lamongan yang lebih modern dengan variasi menu lebih beragam. Namun apapun rupa lapaknya, warung Lamongan sejati tak akan kehilangan sajian berikut ini.

1. Pecelan

pecel ayam sambel pedas

Bisa dibilang, pecelan adalah ikon warung Lamongan. Berbagai gorengan seperti ayam, lele, bebek, ikan, hingga burung dara terasa cocok dengan sambal pecel. Tapi jangan samakan pecel lele dengan pecel sayur, ya. Sambal pecel lele terbuat dari bawang merah, bawang putih, cabai, tomat, gula merah, terasi, dan garam secukupnya.

Meskipun pecelan jadi menu utama, anda bisa memesan gorengannya tersendiri, lho. Selain yang saya sebut di atas, menu gorengan di warung Lamongan terhitung beragam seperti tahu, tempe, ati-ampela, usus, kulit ayam, iso, dan sebagainya. Pecelan biasa disajikan lengkap dengan lalapan dalam satu piring.

Coba resep:

2. Bakaran

ikan nila bakar sedap

Selain pecelan, ada menu lain yang tak kalah populer yakni aneka bakaran. Bahan gorengan di atas seperti ayam, lele, bebek, ikan, dan burung dara juga bisa dibuat versi bakarannya. Biasanya, bakaran ini dilapisi dengan bumbu kecap atau bumbu madu. Bahan bakarannya pun tidak dimasak mentah, tapi sudah dilumuri atau diungkep bumbu dasar kuning. Rasanya gurih-manis dengan kulit yang terkaramelisasi. Jangan lupa minta taburan bawang gorengnya ya!

Coba resep:

3. Soto Lamongan

soto lamongan praktis

Yup, warung tenda Lamongan juga menyediakan sotonya yang khas. Soto Lamongan adalah soto ayam dengan kuah gurih berwarna kuning. Beragam rempah dalam kuahnya membuat soto Lamongan nikmat disantap kapanpun. Rempah tersebut antaralain kemiri, ketumbar, kunyit, jahe, lengkuas, serai, dan daun aromatik. Apalagi ditambah bubuk koya, lidah rasanya semakin digoyang!

Dalam semangkung soto Lamongan biasanya tersaji soun, suwiran ayam, telur rebus, seledri, dan kol yang disiram kuah gurih kekuningan. Taburkan bawang goreng, air perasan jeruk nipis, dan nikmati bersama sepiring nasi hangat.

Coba resep: Soto Lamongan

4. Sop Iga

sup iga sapi

Selain soto, sajian berkuah lain adalah sop iga. Memang tak semua warung Lamongan menjajakan sop iga. Tapi kalau beruntung menemukannya, anda juga wajib coba, nih. Sop iga terbuat dari tulang sapi yang dimasak hingga empuk. Kuahnya begitu gurih karena aneka rempah, ditambah potongan kentang, tomat, dan wortel.

Sebelum dimasak sop, iga perlu direbus terlebih dulu hingga empuk. Air rebusan iga juga bisa dijadikan kaldu untuk kuah supnya. Tumis bumbu halus hingga harum, lalu masukkan iga dan air kaldu. Masukkan juga sayur bertekstur keras seperti kentang dan wortel. Masak hingga matang dan sajikan selagi hangat!

Coba resep: Sop Iga

5. Tumis Seafood

Ada beberapa warung Lamongan yang juga menyajikan hasil laut. Jenis seafood tersebut antaralain kerang, cumi, udang, dan kepiting. Untuk bumbu tumisnya bebas anda pilih seperti bumbu mentega, asam-manis, saus tiram, saus padang, dan lada hitam. Tak seperti restoran lain, tumis seafood yang disajikan warung Lamongan memiliki harga terjangkau dan porsi yang cukup untuk mengenyangkan perut.

Coba resep:

6. Nasi Uduk

Terakhir adalah nasi uduk. Menurut saya, nasi dengan rasa gurih ini memang jodoh yang pas untuk menu pecelan dan bakaran. Nasi uduk yang disajikan warung lamongan umumnya tak terlalu pulen, sehingga terasa nikmat ketika menyuapnya dengan tangan. Selain nasi uduk, anda juga bisa memesan nasi putih biasa. Jangan lupa untuk minta ditaburi bawang goreng agar semakin mantap!

Coba resep: Nasi Uduk Betawi

Rasanya tak sabar untuk segera duduk di sebuah warung tenda, ya. Selain Lamongan, ada juga warung penyetan yang umumnya dikelola oleh orang Jawa Timur. Apa saja yang membedakan menu warung Lamongan dan penyetan? Cek di sini!