Penulis: Manggarayu

Kalau boleh memilih, anda termasuk tim bola ubi kopong atau bola ubi isi, nih? Jujur, kalau saya tak bisa memilih. Di satu sisi saya suka renyahnya bola ubi kopong, tapi di sisi lain saya menggemari bola ubi isi yang lembut di dalam dan renyah di luar. Apalagi kalau isiannya meleleh, hmm bisa jadi cemilan mantap untuk menemani segala aktivitas!

Membuat bola ubi isi tak jauh beda dengan versi kopongnya. Namun tetap ada tantangannya, nih. Isiannya pasti  akan lumer saat digoreng nanti. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar bola ubi isi bisa matang sempurna. Selain itu, isiannya baru lumer saat bola ubinya dibelah. Penasaran? Simak terus yang satu ini!

1. Tambahkan maizena atau baking powder agar bola ubi lebih renyah

Bola ubi kopong punya kulit yang renyah saat digigit. Namun, bukan berarti bola ubi isi tak bisa renyah juga, lho. Meskipun tak se-kriuk yang kopong, kita bisa mengakalinya dengan tambahan tepung maizena atau baking powder pada adonan ubi. Kedua bahan ini dapat membuat si kudapan terasa lebih renyah saat matang nanti. Selain itu, kedua bahan ini tidak akan terlalu mempengaruhi rasa bola ubi. Tapi ingat, sesuaikan takaran bahan perenyah  dengan bahan-bahan lainnya ya!

Baca juga: 6 Tips Membuat Roti Goreng yang Tidak Terlalu Berminyak

2. Pakai isian yang teksturnya padat tapi mudah leleh

Anda bisa kreasikan bola ubi isi dengan bahan favorit. Tapi biasanya, bola ubi sering diisi dengan coklat, keju, atau gula merah. Apapun bahan isiannya, pastikan teksturnya padat ketika dimasukkan dalam bulatan adonan. Selain itu, pastikan juga bahannya mudah leleh saat proses goreng nanti. Misalnya untuk bahan-bahan isian di atas bisa pakai potongan coklat masak, keju mozarella/cheddar, atau gula merah yang sudah disisir. Selain lebih mudah dimasukkan dalam adonan, tekstur bola ubi juga tak akan terlalu lembab saat matang nanti.

Baca juga: 5 Tips Membuat Bola Ubi Kopong dan Renyah Di Bagian Luar

3. Pastikan adonan bola ubinya menutup isian dengan rapat

Ingat, bahan isian harus berukuran lebih kecil dari bulatan adonan. Selain lebih mudah membungkusnya, hal ini juga meminimalisir keluarnya bahan isian saat digoreng nanti. Namun yang terpenting, jangan lupa menutup adonan bola ubinya dengan rapat setelah diisi, ya. Kepalkan adonan bulatan hingga bahan isiannya tak terlihat dari luar.

Baca juga: 4 Tips Memilih Ubi Yang Baik dan Manis

4. Goreng dalam minyak panas secara perlahan

Bola ubi digoreng dalam minyak banyak yang cukup panas. Ingat, jangan sampai minyaknya terlalu panas karena bagian luar bola ubi bisa cepat gosong. Hindari memasukkan banyak bola ubi sekaligus ke dalam wajan, ya. Karena kebiasaan ini justru membuat bola ubi sangat berminyak. Masukkan beberapa buah dan kecilkan api. Bolak-balik dengan spatula selama proses goreng. Lakukan terus hingga bola ubi mengembang secara perlahan.

Nah kalau bola ubi kopong, kita perlu menekan-nekan adonannya saat digoreng. Untuk versi isian, bola ubi juga perlu ditekan-tekan sedikit supaya dalamnya agak kopong. Tapi, pastikan bola ubinya sudah agak kecoklatan saat mulai ditekan-tekan, ya. Namun jika masih ragu, anda bisa coba 1-3 bulatan terlebih dulu.

Coba resep: Bola Bola Ubi Isi Keju

Bola ubi bisa dibuat dengan ubi jalar berwarna kuning, jingga, atau ungu. Tentunya kalau berwarna-warni akan semakin cantik, ya? Selain bola ubi, ada berbagai kreasi kudapan dari ubi atau singkong, nih. Mana yang sudah pernah anda coba?