Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Saya adalah orang yang senang dengan masakan bercitarasa asam, seperti ikan asam pedas, garang asem, asem asem, dan pindang khas Palembang. Kebayang dong bagaimana segar dan nikmatnya makanan yang asam tersebut. Apalagi dipadukan dengan rasa pedas dari sambal atau ceplusan cabai rawit. Dijamin langsung membuat mata merem melek saking enaknya.

Selain dari bahan dan bumbu masak, citarasa asam pada makanan juga biasa dimunculkan ketika akan disantap. Penambahan cuka meja atau kucuran jeruk nipis atau limau adalah yang paling umum. Nah, dibanding cuka meja, saya lebih pilih menggunakan jeruk nipis atau jeruk limau. Selain lebih alami dan aman, rasa asamnya juga jauh lebih segar.

Ada beberapa makanan khas Nusantara yang terasa kurang lengkap tanpa tambahan air perasan jeruk nipis atau jeruk limau. Nah, apa saja sih makanan yang rasanya akan terasa lebih nikmat jika ditambah air perasan jeruk nipis atau jeruk limau? Daripada penasaran, yuk intip informasinya di bawah ini.

1. Soto

Siapa sih yang tak suka soto? Makanan berkuah yang satu itu memang tak pernah gagal memanjakan lidah. Perpaduan antara daging ayam/sapi, jeroan, bihun/soun, serta sayuran, serta kuah yang gurih dan hangat memang sulit untuk ditolak. Apalagi jika kuah soto ditambahkan air perasan jeruk nipis. Dijamin deh rasanya akan semakin nikmat.

2. Siomay & Batagor

Sebagai orang Bandung, saya sudah sangat akrab dengan siomay dan batagor. Rasanya yang nikmat dan khas cocok dijadikan pengganjal perut. Siomay dan batagor yang kenyal dan gurih disiram dengan bumbu kacang dan kecap yang kental. Jangan lupa tambahkan perasan jeruk limau agar rasa citarasanya semakin lezat.

3. Mie kocok

Bagi anda penggemar kikil sapi, tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya mie kocok. Mie kocok terbuat dari campuran mie basah, tauge rebus, serta potongan kikil sapi yang disiram dengan kuah kaldu yang gurih. Nah, anda juga pasti setuju jika mie kocok kurang lengkap tanpa tambahan air perasan jeruk limau. Rasa asam dan segar dari jeruk limau akan menyatu sempurna dengan kuah kaldu gurih.

4. Kapurung

Kapurung merupakan makanan khas Sulawesi Selatan yang wajib anda coba. Yang unik dari kapurung ini adalah penyajiannya. Bubur kenyal yang terbuat dari tepung sagu ini disiram dengan ikan kuah kuning dan sayur bersantan encer dengan isian daun kelor dan jantung pisang. Nah, penambahan perasan jeruk nipis dalam kuah kapurung ini membuat rasa kapurung menjadi semakin istimewa.

5. Kaledo

Jika kebetulan anda berkunjung ke Sulawesi Tengah, maka anda wajib mencicipi kaledo. Kaledo merupakan sup kaki sapi yang paling nikmat disantap bersama nasi hangat. Yang membuat rasa kaledo ini istimewa adalah kuahnya. Coba anda bayangkan, betapa nikmatnya kuah yang terbuat dari campuran cabai rawit hijau, asam jawa, air jeruk nipis, serta rempah. Dijamin deh baru tercium aromanya saja, anda sudah dibuat ngiler.

Itu dia aneka makanan khas Indonesia yang rasanya kurang lengkap jika disajikan tanpa jeruk nipis atau jeruk limau. Di antara menu-menu di atas, mana nih yang jadi favorit anda?