(Image: makanmana.net)

Penulis: Manggarayu

Siapa yang tak kenal rumah makan ini? Sajiannya yang khas membuat kita ingin kembali lagi dan lagi. Seperti namanya, rumah makan Padang atau RM Padang menyajikan hidangan khas Padang atau Minang. Cirinya adalah penggunaan santan dan beragam rempah yang kaya. Uniknya lagi, tak ada daftar menu seperti restoran lainnya. Pengunjung hanya perlu menunggu di meja makan dan aneka lauk-pauk beserta nasi akan dihidangkan lengkap di depan anda. Pokoknya, langsung ambil dan tinggal hap!

Sebagai penggemar sejati, saya pun mencoba berbagai lauk yang disajikan. Maklum, hidangan yang didominasi warna kuning, merah, dan hijau tersebut benar-benar menggiurkan. Beberapa menu rekomendasi pun berhasil saya catat di bawah ini. Siapa tahu ada yang belum anda coba.

1. Rendang

rendang padang istimewa

Bisa dibilang, sajian satu ini adalah ikon RM Padang. Menurut sebuah polling, rendang meraih posisi tertinggi dalam daftar makanan terlezat sedunia, lho. Tak heran, sajian satu ini memiliki citarasa yang sangat kaya karena banyaknya rempah yang dipakai. Rendang memakai jenis daging yang keras seperti sandung lamur. Tapi karena dimasak dengan teknik slow-cooking, tekstur dagingnya akan lebih mudah dimakan serta menyerap bumbu dengan sempurna. Artinya, semakin lama dimasak, rendang akan semakin lezat. Jadi jangan sangsi jika kenampakannya hitam, karena justru di situlah letak kenikmatan yang hakiki.

Meskipun identik dengan daging sapi atau kerbau, sekarang ini sudah banyak jenis rendang lain seperti rendang telur, rendang jengkol, hingga rendang jamur.

Coba resep:

2. Kalio

Kalio ayam gurih

Sepiring daging berbumbu coklat bukanlah rendang, ya. Banyak RM Padang yang menyebutnya sebagai rendang, padahal sajian tersebut adalah kalio. Sering disebut sebagai “rendang setengah jadi”, bahan dan cara membuat kalio memang hampir sama dengan rendang. Hanya saja, kalio tak butuh dimasak lama. Kalio bisa dibuat dengan aneka bahan seperti daging, ayam, cumi, telur, hingga jengkol. Kenampakannya juga sekilas mirip gulai, tapi kalio memiliki kuah yang lebih pekat.

Coba resep: Kalio Ayam

3. Gulai

Gulai kikil tunjang minang

Selain rendang, ikon RM Padang yang lain adalah gulai. Beraneka macam gulai tersaji dalam satu meja, mulai dari gulai daging hingga gulai sayur. Uniknya, semua bahan terasa cocok dengan bumbu masak santan ini. Gulai yang “wajib ada” antaralain gulai otak, gulai kepala kakap, gulai tunjang, gulai ayam, dan gulai daun singkong. Bumbu yang dipakai umumnya adalah bumbu kuning dan bumbu merah. Anda juga bisa request kuah gulai untuk disiramkan di atas nasi kalau dibungkus bawa pulang, lho. Kuahnya saja sudah gurih dan bercitarasa, apalagi disantap lengkap dengan bahan utamanya. Ciamik!

Coba resep:

4. Balado

Bukan RM Padang namanya jika tak memakai bumbu cabai. Balado adalah salah satunya. Balado memang identik dengan bumbu merahnya, tapi ada perbedaan antara balado Minang dengan tempat lainnya. Jika diperhatikan, bumbu balado Minang justru diulek kasar atau cabainya diiris sendiri. Jadi kesan pedas dan panasnya memang terlihat dalam pandangan pertama. Nah sama seperti gulai, ada berbagai jenis balado yang tersedia seperti telur balado, dendeng balado, tenggiri balado, hingga terong balado. Saya yakin, penggemar pedas pastinya tak melewatkan lauk yang satu ini!

Coba resep:

5. Ayam Pop

Setiap pergi ke RM Padang, lauk ini pasti tak pernah absen di piring saya. Olahan ayam ini memang beda dari lainnya. Teskturnya licin dan berwarna putih, tapi rasanya benar-benar jempolan dalam gigitan pertama. Konon, ayam pop juga punya kalori yang rendah dari olahan ayam lainnya. Bikin ngiler, kan? Ayam pop dibuat dari ayam kampung yang diungkep dalam bumbu putih dan air kelapa. Hasilnya, daging ayam pop terasa lembut tapi tetap terasa super gurih. Sebelum disajikan, ayam pop perlu dicelupkan ke dalam minyak panas. Sajikan bersama daun singkong rebus dan sambal merahnya!

Coba resep: Ayam Pop

6. Ayam Goreng atau Bakar

Selain ayam pop, RM Padang juga menyediakan olahan ayam lainnya seperti ayam goreng dan ayam bakar. Ayam gorengnya dibuat dengan bumbu lengkuas, sedangkan ayam bakarnya pakai bumbu khas Minang. Nah bumbu khas Minangnya ini juga tak tanggung-tanggung rempahnya, yakni pakai bumbu halus merah yang ditambah ketumbar, kunyit, pala, jinten, dan adas. Bumbu halusnya dimasak dengan santan, lalu dipakai untuk mengungkep ayam sebelum proses bakar. Oh ya selain ayam, ikan kembung juga jadi lauk bakaran khas RM Padang, nih.

Coba resep:

7. Telur Dadar Padang

Yup, RM Padang juga punya telur dadar yang khas. Kenampakannya lebih tebal dan lebih berisi dari telur dadar lainnya. Sekilas mirip warteg punya, tapi bumbu yang dipakai membuat telur dadar Padang berwarna lebih oranye. Telur dadar Minang memang memakai aneka bumbu antaralain bumbu merah, daun kunyit, daun jeruk, daun bawang, dan lada. Telurnya pun pakai telur bebek yang punya rasa lebih gurih. Semua bahan di atas dicampur lalu digoreng dalam minyak banyak.

Coba resep: Telur Dadar Padang

8. Asam Padeh

Asam padeh ikan patin segar

Tak semua hidangan di meja pasti memakai santan, lho. Asam padeh adalah sajian ikan yang terasa pedas-asam dengan tekstur kuah lebih ringan. Jadi setelah menyantap santan-santanan, lauk penutupnya bisa ambil asam padeh ini. Biasanya, asam padeh memakai bumbu dasar merah dengan tambahan asam kandis (belimbing wuluh atau asam jawa), daun kunyit, jahe, serai, dan lengkuas. Bumbu tersebut ditumis lalu dimasak dengan ikan yang sudah dipotong dan dikucuri air jeruk nipis. Terakhir, tambahkan air dan masak hingga matang. Asam dalam hidangan ini tidak kecut, malah justru menyatu padu dengan gurih dan pedasnya bumbu. Penasaran, kan?

Coba resep:

9. Teri Terong Cabai Hijau

(Image: backpackstory.me)

RM Padang juga punya lauk tumis-tumisan, nih. Tanpa ingin melepas citarasa pedasnya, tumisan ini juga memakai bahan cabai, yakni cabai hijau. Bayangkan teri dan terong ditumis dengan bumbu dan irisan cabai hijau? Bagi yang sudah pernah merasakan, pasti tak bisa berhenti mengambilnya dari piring saji.

Meskipun seringnya jadi lauk sampingan, teri terong cabai hijau juga bercitarasa gurih dan agak pedas. Terongnya pun bisa pakai terong ungu atau terong hijau sesuai selera. Untuk bumbu bawang merah dan bawang putihnya akan lebih nikmat jika dicincang halus atau dihaluskan.

10. Sayur Nangka Kapau

Sayur nangka kapau padang

Sayur ala Minang tak sama dengan sayur Jawa yang umumnya berkuah bening. Lagi-lagi pakai santan, sayur nangka ini terasa lebih gurih dan bercitarasa. Apalagi memakai bumbu dasar kuning, rasanya jadi semangat makan sayur! Nah, sayur kapau ini terdiri atas nangka muda, potongan kacang panjang, dan kol. Jika anda pergi ke RM Padang besar, sayur nangka ini harus di-request pada uda atau uni pelayannya. Tapi kalau anda pilih untuk membungkus nasinya, sayur nangka ini adalah bagian dari menu yang wajib disiramkan pada nasi. Minta uda atau uni untuk menambah kuah santannya jika anda suka yang “agak banjir”!

Coba resep: Sayur Nangka Kapau

11. Perkedel Kentang

Perkedel kentang juga tak pernah absen dalam RM Padang. Jika bersantap di restoran, olahan kentang ini pasti disatukan dalam piring telur dadar. Perkendel kentang terbuat dari kentang yang ditubruk dan dicampur dengan terigu, telur, dan beraneka bumbu. Campuran tersebut dibentuk jadi bulat pipih, lalu digoreng hingga matang kecoklatan. Bedanya, perkedel di RM Padang punya ukuran yang lebih besar dari perkedel pada umumnya. Hmm, pastinya lebih puas ya?

Coba resep: Perkedel Kentang

12. Daun Singkong Rebus

(Image: It’s Fun Life – WordPress)

Sajian satu ini memang lauk sampingan, tapi kehadirannya seakan tak pernah lepas dari RM Padang. Daun singkong ini tak terasa begitu pahit karena direbus hingga layu dan diberi sedikit garam. Rasanya cocok disantap dengan nasi hangat, lauk bersantan, atau jenis lauk lain yang tersedia di meja makan. Kalau ingin buat sendiri, ada rahasianya supaya daun singkong tak terasa pahit, nih. Pisahkan daun singkong tua dan muda, lalu rebus yang sudah tua dulu. Setelah cukup layu dan diberi garam secukupnya, masukkan daun singkong muda dan rebus selama 5 menit. Sebelum disajikan, peras dahulu daun singkongnya supaya tidak pahit dan basah. Berani buktikan sendiri?

13. Sambal Ijo

(Image: fitrijaka.blogspot)

Nah, ini dia jodoh dari segala lauk RM Padang. Mau disantap dengan sejumput daun singkong rebus pun tetap luar biasa nikmat! Bagi sebagian penggemar pedas, sambal ijo terhitung tidak terlalu pedas dan bercitarasa asin. Sambal ijo dibuat dari cabai hijau besar, cabai hijau rawit, bawang merah, tomat hijau, air jeruk nipis, dan garam secukupnya. Semua bahan tersebut diulek dan disiram minyak panas nantinya. Nah, minyak inilah yang menjadikan sambal ijo Minang terasa khas. Bahkan tak hanya disajikan dalam piring sendiri, sambal ijo juga dimasak dengan bahan lain seperti ayam dan ikan lado mudo (cabai hijau). Wah dicocol saja sudah mantap, apalagi jika dilumuri banyak ya?

Coba resep: Itiak Lado Mudo (Bebek Cabe Ijo)

Beragam sekali, ya? Beberapa RM Padang juga menyajikan hidangan lain seperti sate Padang dan martabak Mesir, lho. Keduanya biasa dijajakan di teras RM Padang. Tapi dari daftar di atas, mana yang paling sering anda santap nih?