Penulis: Manggarayu

Bisa dibilang, saya adalah langganan tetap warung penyetan. Pasalnya, perut akan terasa kenyang tanpa merogoh kocek dalam. Warung penyetan sebetulnya bukan fenomena baru di Indonesia. Rumah makan yang menyajikan menu khas Jawa Timuran ini memang punya banyak outlet yang tersebar di segala daerah. Alhasil, penggemar warung penyetan pun datang dari segala usia dan kalangan.

Bicara soal warung penyetan, ada beberapa menu khusus yang pasti disajikan. Tak hanya penyetan, anda wajib memesan menu lainnya supaya acara makan semakin mantap!

1. Penyetan

Ayam penyet pedas

Yup, inilah menu utama dalam warung penyetan. Sajian ini berupa aneka gorengan yang kemudian dilumuri atau diletakkan di atas sambal penyet. Gorengannya bisa berupa ayam, jeroan, ikan, seafood, bebek telur, tahu, tempe, iga, hingga terong. Sambal penyetnya sendiri terbuat dari cabai, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi, dan garam secukupnya. Banyak penyetan yang disajikan dalam sebuah cobek lengkap dengan lalapannya.

Coba resep:

2. Kremesan

(Image: Istimewa)

Tak suka yang pedas? Di warung penyetan ada alternatif lain, yakni kremesan. Renyahnya kremesan berpadu dengan aneka gorengan dijamin tak kalah nikmatnya. Bahkan di beberapa warung penyetan, kita boleh minta tambah kremesannya. Kremesan biasa dibuat dengan tepung beras, bumbu halus putih, dan santan cair. Selain ditaburkan pada gorengan, anda bisa buat sendiri dan jadi stok lauk, lho.

Baca juga: 4 Tips Membuat Kremesan Yang Enak Dan Renyah

3. Bakaran

Tak hanya aneka gorengan, warung penyet juga menyediakan bakaran seperti ayam bakar, ikan bakar, iga bakar, hingga seafood bakar. Karena khas Jawa, bumbu yang digunakan pun cenderung manis, yakni bumbu madu atau bumbu kecap. Gurihnya bumbu bercampur manisnya madu atau kecap benar-benar nikmat. Apalagi kalau sudah dibakar dan terkaramelisasi, hmm mantap banget!

Coba resep:

4. Trancam

trancam segar

Setelah membahas protein, rasanya tak lengkap jika tak ada menu sayur. Warung penyetan menyediakan trancam sebagai sayur segar berbumbu. Sajian ini biasa memakai kacang panjang, timun, tauge panjang, dan daun kemangi yang dicampur dengan bumbu trancam dari kelapa parut dan beragam rempah. Pastikan anda menyuapkannya dengan nasi hangat dan salah satu jenis lauk di atas. Dijamin nagih!

Coba resep: Trancam

5. Sayur Asem

Sayur asem jawa timur pedas

Rindu sayur berkuah? Pesan saja semangkuk sayur asem. Sajian sayur yang satu ini sama segarnya dengan trancam. Hanya saja, sayur yang digunakan adalah potongan jagung manis, nangka muda, labu siam, timun krai, kacang panjang, dan kangkung. Sayur asem khas Jawa Timur itu beda dengan sayur asem lainnya, lho. Rasa pedasnya lebih nyolok ketika menyeruput kuah, belum lagi ditambah rasa asam-gurih. Namun, sayur ini adalah pilihan tepat selepas anda menyantap penyetan pedas.

Coba resep: Sayur Asem Jawa Timur

6. Cah Kangkung

Satu lagi menu sayur yang disajikan adalah cah kangkung. Tumisan ini identik dengan rasa super gurih karena kadang ditambah saus tauco dan terasi. Bumbu cah kangkung terhitung sederhana, yakni bawang putih, bawang merah, irisan cabai, dan tomat. Sajian simple ini nikmat disantap sendiri dengan nasi hangat atau gorengan biasa seperti tempe-tahu goreng atau ayam goreng.

Coba resep: Tumis Kangkung

7. Soto Ayam

soto lamongan praktis

Belum lengkap dengan menu di atas? Tambahkan soto ayam dalam daftar pesanan anda. Soto dalam warung penyetan umumya adalah soto khas Jawa Timur, yakni soto ambengan atau soto lamongan. Gurihnya soto ayam ini memang cocok dipadukan dengan sepiring nasi hangat. Tambahkan jeroan goreng seperti sate usus, sate ati-ampela, atau sate ceker untuk melengkapi sajian berkuah ini!

Note: Tidak semua warung penyetan menyediakan soto ayam.

Coba resep: Soto Lamongan

8. Lalapan

(Image: Forum Liputan6)

Last but not least, lalapan juga tak lepas dari menu warung penyetan. Bahkan, sayur segar ini masuk dalam sajian tambahan di daftar menu. Secara tidak langsung, ternyata banyak yang menggemari lalapan. Apalagi jika disantap bersamaan dengan penyetan, kremesan, atau bakaran. Lalapan umumnya terdiri dari potongan timun, tomat, seledri, daun kemangi, dan kol. Dijamin, lalapan melengkapi menu 4 sehat 5 sempurna dalam warung penyetan!

Baca juga: 10 Jenis Sayur Enak dan Segar Untuk Lalapan

Hmm, rasanya tak sabar untuk segera ke warung penyetan ya. Kalau anda suka dengan menu Jawa Timuran di atas, jangan lupa mampir ke warung makan Sunda yang tak kalah nikmatnya. Apa saja menunya? Cek dulu di sini, yuk!

 

8 Sajian Menu yang Wajib Dipesan di Warung Penyetan
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)