Penulis: Manggarayu

Pernah nyicip asem-asem? Pasti banyak yang mengira bahwa hidangan ini memiliki rasa asam yang kuat. Padahal, asem-asem merupakan sajian berkuah khas Jawa Tengah dengan tekstur ringan dan citarasa segar. Jadi selain asam, ada rasa gurih, manis, dan pedas karena perpaduan bumbunya.

Salah satu ciri khas hidangan ini adalah penggunaan belimbing wuluh yang memiliki rasa asam khas. Tapi tenang, bahan ini bisa diganti dengan air asam, air jeruk nipis, cuka putih, dan tomat hijau. Untuk bahannya, sejauh ini asem-asem banyak dibuat dengan daging dan buncis. Namun, anda bisa berkreasi dengan aneka bahan lain yang tak kalah nikmatnya. Cek daftarnya berikut ini!

1. Ikan

Yup, selain daging, asem-asem ikan juga tak kalah populernya. Sajian ini lebih nikmat jika pakai ikan bandeng, tuna, kakap, tongkol, atau patin. Selain nikmat disantap dengan daging berwarna putih, bahan asam juga dapat mengurangi aroma amis dari ikan. Namun supaya aromanya benar-benar hilang, kucuri ikan dengan air jeruk nipis terlebih dulu setelah dicuci, ya.

2. Ayam

Unggas satu ini memang gampang diolah jadi masakan apapun, termasuk asem-asem. Mau pakai ayam kampung atau ayam negeri, keduanya sama-sama nikmat. Potong jadi 10-12 lalu cuci di bawah air mengalir hingga bersih. Kalau ingin prosesnya lebih cepat, rebus ayam terlebih dulu hingga cukup empuk. Lalu setelahnya dimasak jadi asem-asem. Psst, kaldu dari rebusan ayam bisa ditambahkan untuk menambah citarasa, lho!

3. Kambing

Hayo, siapa yang sering bingung mengolah kambing? Jika enggan mengolah bahan ini karena aroma prengus, yuk coba buat jadi asem-asem. Tak hanya dagingnya, anda juga bisa pakai iga hingga tetelannya. Rebus bahan kambing terlebih dulu hingga empuk, lalu tiriskan dan buang air rebusannya. Selanjutnya, bahan kambing bisa langsung dimasak asem-asem dengan bahan tambahan lainnya.

4. Ceker Ayam

Kaki ayam juga bisa jadi hidangan khusus asem-asem. Dengan harga terjangkau, ceker juga tak kalah nikmat dari asem-asem ayam. Apalagi jika anda penggemar ceker, wah pasti tak sabar untuk segera ngemutin dagingnya. Ceker direbus terlebih dulu setelah dicuci. Rebus hingga cukup empuk, lalu bisa langsung dimasukkan ke tumisan bumbu asum-asem. Anda bisa pakai air rebusan ceker untuk kuah asem-asem atau menggantinya dengan air baru.

5. Iga atau Balungan

Tak hanya daging yang bisa dibuat asem-asem, tapi juga balungan atau iganya. Anda bisa pakai balungan sapi atau kambing sesuai selera. Sebelum dimasak asem-asem, balungan perlu direbus terlebih dulu. Rebus selama kurang lebih 10-15 menit, lalu buang air rebusannya. Selain tulangnya, tambahkan tetelan juga supaya lebih mantap ya!

6. Ati Ampela

Selain disate atau disemur, ati ampela juga nikmat dibuat asem-asem. Bahan yang identik dengan aroma amis ini juga bisa nikmat jika dimasak bersama bahan asam dan bumbu lainnya. Rebus terlebih dulu keduanya, tambahkan daun salam atau daun jeruk supaya amisnya hilang. Tiriskan dan buang air rebusannya, lalu langsung masukkan dalam tumisan bumbu asem-asem. Masukkan air dan masak hingga matang.

7. Sayur

Asem-asem tak hanya identik dengan daging lho, karena aneka sayur juga bisa dipakai. Hidangan ini lebih nikmat jika pakai jenis sayur yang pahit atau beraroma langu seperti buncis, kangkung, sawi putih, kol, dan daun melinjo. Jenis sayur apapun bisa langsung dimasak asem-asem setelah dicuci bersih dan dipotong. Masak hingga matang dan sajikan dengan nasi hangat segera!

Coba resep:

Hmm, bahan mana yang bikin anda tertarik untuk langsung eksekusi, nih? Sebelum racik bahan dan bumbu, kenali dulu cara memilih belimbing wuluh yang tepat. Katanya, belimbing wuluh segar punya banyak khasiat seperti menurunkan demam, mengobati batuk, hingga menurunkan berat badan, lho. Tunggu apalagi?

7 Jenis Bahan yang Bisa Dibuat Asem-Asem
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)