Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Pisang adalah jenis buah yang mudah diolah. Supaya rasanya lebih kuat, beberapa resep membutuhkan pisang yang dihaluskan atau dilumat. Namun, kadang kita tak punya banyak waktu di dapur, sehingga memilih langkah yang lebih praktis. Pisang yang dipotong jadi lebih kecil atau diiris tipis pun tak kalah nikmatnya untuk diolah jadi pencuci mulut dan kudapan. Selain lebih praktis, kita tetap merasakan tekstur asli pisangnya. Apa saja sajiannya? Simak terus daftar berikut!

1. Pisang Goreng

pisang goreng renyah

Penggemar pisang mana yang tak kenal kudapan satu ini. Bisa dibilang, pisang goreng adalah olahan pisang yang paling mudah, praktis, dan banyak penggemarnya. Anda bisa potong pisang sesuai selera, entah dipotong horizontal atau membentuk kipas. Celupkan potongan pisang pada adonan tepung hingga merata, lalu goreng dalam minyak panas sampai matang kecoklatan. Selain adonan tepung, anda juga bisa memakai tepung panir atau tepung roti agar kulitnya lebih renyah dan bertekstur.

2. Pisang Bakar

pisang bakar

Siapa yang tak suka dengan tekstur kulit pisang yang terkaramelisasi? Pisang bakar juga tak kalah populernya dengan pisang goreng, nih. Pisang hanya perlu dipotong memanjang (vertikal), lalu dibakar di atas teflon hingga kedua sisinya terlihat kecoklatan. Selama proses panggang, pisang juga dioles margarin atau mentega untuk menambah citarasa. Terakhir, pisang bakar diberi aneka topping seperti meises, parutan keju, susu kental manis, atau gula icing.

Di beberapa daerah, ada kekhasan tersendiri dalam membakar atau menyajikan pisang bakarnya. Di Semarang, pisang bakar perlu dipipihkan hingga bentuknya agak melebar, sedangkan di Makassar dan Kalimatan Timur pisang utuh yang dibakar akan diapit dengan jepitan bambu hingga sedikit pipih. Kedua daerah ini juga punya saus andalan dari gula merah yang terasa legit saat dipadu pisang bakar.

3. Molen

Pisang Molen lembut

Gorengan manis yang satu ini juga nikmat disantap kapanpun. Renyahnya kulit benar-benar berjodoh dengan manis dan lembutnya pisang di dalam. Kulit molen dibuat dari terigu, gula, mentega/margarin, vanili, telur, dan air es yang kemudian diulen hingga kalis. Selanjutnya, kulit digiling dan dipotong, lalu bungkus pisang dengan potongan adonan kulit tersebut. Goreng hingga matang kecoklatan dan sajikan selagi hangat!

4. Pisang Coklat

Pisang Coklat Garing

Suka pisang dan coklat? Kenapa tak gabungkan saja jadi kudapan yang manis dan nikmat satu ini. Pisang coklat atau piscok adalah jajanan yang nge-hits di kalangan anak sekolah. Renyahnya kulit luar yang terasa kriuk ketika digigit, kemudian berpadu dengan lumernya coklat dan lembutnya pisang. Jadi ngiler, kan? Tenang saja, versi homemade-nya pun praktis dibuat. Siapkan kulit lumpia instan, lalu masukkan potongan pisang, meises atau lelehan coklat masak (atau selai coklat) di dalamnya. Lipat rapi dan pastikan tak bocor, lalu goreng deep-fry dalam minyak panas. Tambahkan topping lelehan coklat lagi di atasnya dijamin tak akan bisa berhenti makan!

5. Lempeng

Lempeng pisang praktis

Indonesia juga punya pancake versi lokal, lho. Lempeng adalah kue dadar yang mirip pancake dan biasanya diisi pisang, bawang, atau singkong. Untuk lempeng pisang, buah ini tak perlu dilumatkan alias hanya dipotong dadu dan langsung dicampurkan dengan adonan lempeng. Adonannya sendiri tak jauh beda dengan pancake, yakni terigu, gula, susu cair, baking powder, telur, dan margarin/mentega. Lempeng pisang biasa diberi topping parutan keju, gula icing, hingga saus gula merah yang kental dan legit. Hmm, sepertinya bisa dicoba untuk sarapan besok, nih.

6. Bolen Keju

bolen pisang

Oleh-oleh khas Bandung satu ini juga tak boleh dilewatkan. Bahkan tak usah jauh-jauh ke kota kembang itu, bolen keju juga bisa dibuat sendiri di rumah. Bolen adalah kudapan dengan kulit pastry yang berisi potongan pisang dan keju. Perpaduan pastry dan isian tersebut benar-benar meleleh di mulut, apalagi ditambah aroma dan rasa margarin yang membuatnya semakin nikmat.

Anda bisa pakai pastry instan atau membuat adonannya dengan terigu, gula, mentega/margarin, baking powder, kuning telur, dan air. Potong pisang yang kematengan dan juga keju jadi bentuk dadu. Balutkan dengan pastry dan panggang hingga matang.

7. Roti Isi Pisang

roti pisang lembut

Roti isi pisang sering menemani sebagai pengganjal perut, entah untuk makan siang atau acara-acara khusus. Kalau ingin buat sendiri, anda bisa pakai pisang yang kematengan, nih. Dengan begitu, anda tak perlu mengukus pisang agar teksturnya lebih lunak. Buat adonan rotinya terlebih dulu dan pastikan untuk mengulen hingga kalis. Isi adonan roti dengan potongan pisang, tutup, dan panggang hingga matang. Selain pisang, anda juga bisa menambahkan isian coklat meises, lelehan coklat, keju, hingga selai srikaya untuk menambah citarasa roti.

8. Kolak

kolak pisang

Sajian satu ini rasanya tak pernah absen sebagai takjil bulan Ramadhan. Kolak bisa dibuat dengan buah apapun, dan salah satunya adalah pisang. Buah ini hanya perlu diiris serong atau dipotong sesuai selera, lalu dimasak dengan kuah kolak yang kecoklatan. Kuah ini terdiri dari santan, gula aren, daun pandan, garam secukupnya, dan air. Legitnya kuah kolak bertemu dengan manisnya potongan pisang memang pas untuk mengganjal perut seusai berpuasa seharian.

Duh, jadi tak bisa stop ngilernya ya? Sebelum siap-siap mengolah, kenali dulu jenis-jenis pisang yang enak diolah jadi sajian di atas. Psst, kalau pisangnya beraroma wangi, dijamin rasa kudapan atau pencuci mulut akan semakin nikmat!