(Image: Shutterstock)

Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Kita semua sepakat bahwa bawang putih merupakan salah satu bumbu terpenting yang wajib ada di dapur. Hampir semua masakan menggunakan bumbu dasar bawang putih. Wajar saja, karena selain aromanya yang sangat harum, bawang putih juga memiliki rasa gurih khas yang mampu membuat masakan jadi sedap.

Nah, selama ini anda mungkin tidak begitu memperhatikan jenis bawang putih yang digunakan untuk memasak. Sekilas semua bawang putih memang terlihat sama. Padahal ada beberapa jenis yang dijual di pasaran. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Bawang putih kating

Bawang putih kating merupakan bawang putih impor yang berasal dari Tiongkok. Meskipun impor, bawang putih ini termasuk bawang yang paling digemari oleh masyarakat kita, karena aroma dan rasanya yang kuat. Bawang putih kating memiliki ciri yaitu ukuran kerompolnya yang kecil, namun siungnya besar-besar. Bagian dagingnya cenderung padat dan basah, sedangkan kulit luarnya putih bersih seperti kertas.

2. Bawang putih shin chung

Dilihat dari namanya, anda pasti sudah bisa menebak jika bawang putih shin chung atau sering juga disebut sebagai bawang putih honan juga berasal dari Tiongkok. Meskipun aroma dan rasa bawang putih shin chung tak sekuat bawang putih kating, tapi bawang putih shin chung ini sering dijadikan alternatif pengganti jika harga bawang putih kating sedang tinggi. Kebalikan dari bawang putih kating, bawang putih shin chung ini memiliki ciri yaitu ukuran kerompolnya yang besar, tapi justru ukuran siungnya kecil-kecil. Sedangkan untuk tekstur dan karakteristik umbinya bisa dibilang hampir mirip.

3. Bawang putih lokal

Karena produksi yang terbatas, maka bawang putih lokal jarang kita jumpai di pasaran. Namun bila harga bawang impor sedang melambung tinggi, seperti saat lebaran misalnya, maka jenis lokal inilah yang kemudian akan diburu para pembeli. Bentuk dan rasa tidak jauh berbeda dengan bawang putih impor, namun penampilannya memang terlihat jauh lebih kusam.

4. Bawang putih lanang

Berbeda dari bawang putih pada umumnya yang memiliki banyak siung, bawang putih lanang ini justru hanya terdiri dari satu siung saja. Itu sebabnya bawang putih lanang juga sering disebut sebagai bawang putih tunggal. Nah, yang unik dari bawang putih lanang ini adalah fungsinya. Tak seperti bawang putih untuk menyedapkan masakan, bawang putih lanang ini justru digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai penyakit seperti flu, kolesterol, tekanan darah tinggi, dan lain-lain.

Hal tersebut karena tingginya kandungan minyak atsiri pada bawang putih lanang yang membuat rasa dan aroma bawang putih ini sangat khas dan tajam, sehingga kurang cocok jika digunakan pada masakan.