Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Di zaman serba modern dan praktis ini, saya benar-benar tidak bisa membayangkan, apa jadinya jika tidak ada kulkas. Seperti kita ketahui, kulkas itu punya sangat banyak manfaat. Tak hanya bisa mendinginkan atau membekukan makanan saja, kulkas juga bisa membantu kita mengawetkan beberapa jenis makanan secara alami.

Karena pentingnya fungsi kulkas tersebut, saya rasa wajar sekali jika kita harus memilih kulkas yang benar-benar tepat. Apalagi kulkas termasuk ke dalam alat elektronik yang berharga tinggi dan dipakai jangka panjang. Sehingga sebisa mungkin kita tidak boleh salah ketika membelinya.

Saat ini jenis kulkas sudah semakin bervariasi. Dan tentu saja masing-masing memiliki fungsi, harga, dan spesifikasi yang berbeda. Jika anda tidak cermat, anda bisa salah membeli. Nah, bagi anda yang kepikiran untuk membeli kulkas baru dan bingung bagaimana cara memilihnya, simak penjelasan lengkap berikut tentang jenis-jenis kulkas sekaligus dengan spesifikasinya masing-masing.

1. Berdasarkan letak/posisi freezer

(Image: Blibli)

Kulkas yang pertama kita bahas adalah kulkas berdasarkan letak freezer-nya. Kulkas ini terbagi ke dalam beberapa jenis berikut.

Top freezer

Kulkas jenis top freezer ini merupakan jenis kulkas konvesional yang paling umum dijumpai dan dipakai oleh masyarakat. Ciri dari kulkas top freezer ini adalah freezer-nya yang terdapat di bagian paling atas, sedangkan refrigerator atau pendinginnya berada di bawah dengan beberapa susun rak terbuka dan rak berpintu untuk menyimpan sayur dan buah. Lalu, di bagian belakang pintu terdapat banyak rak kecil yang berfungsi untuk menyimpan aneka makanan seperti telur, susu, dan minuman kaleng atau botol.

Biasanya, terdapat beberapa ukuran top freezer, mulai dari mini, kecil, sedang, sampai besar dengan warna yang bervariasi dan desain yang menarik. Semakin besar ukuran kulkas, kapasitasnya pun semakin besar. Tapi tentu saja harganya semakin mahal dan daya listriknya pun semakin besar. Anda bisa memilih mau menggunakan top freezer 1 pintu atau 2 pintu. Bedanya, kulkas 2 pintu memungkinkan anda untuk bisa langsung membuka freezer dan refrigator secara terpisah. Sedangkan untuk kulkas 1 pintu, anda harus membuka seluruh bagian pintu sekalipun hanya akan menggunakan freezer atau refrigator saja.

Bottom freezer

Kebalikan dari top freezer, kulkas jenis bottom freezer ini justru memiliki freezer di bagian paling bawah. Anda bisa memilih bottom freezer dengan pintu freezer seperti lemari, atau seperti laci. Salah satu keunggulan dari bottom freezer ini adalah lebih praktis, karena kita bisa mengambil makanan dengan jauh lebih mudah tanpa harus menengadah seperti saat kita menggunakan top freezer.

Dari segi harga, kulkas dengan bottom freezer jauh lebih mahal. Selain itu, meskipun terdapat beberapa ukuran, kapasitas refrigatornya terbatas dan tak sebesar kapasitas refrigator top freezer. Bottom freezer juga termasuk jenis kulkas yang cukup sulit ditemukan karena memang produksinya tidak sebanyak top freezer.

2. Berdasarkan bentuk dan letak pemasangan

(Image: Shutterstock)

Selain letak freezer yang berbeda, kulkas juga dikategorikan berdasarkan bentuk dan ukurannya berikut.

Side by Side Refrigerator

Kulkas jenis side by side ini sedikit berbeda dari dua kulkas sebelumnya. Salah satu perbedaan paling kentara dari kulkas side by side ini terletak pada pintunya yang bersebelahan, dan cara membukanya sama seperti saat kita membuka lemari. Biasanya, terdapat 2 sampai 4 pintu pada kulkas ini.

Salah satu kelebihan kulkas side by side terletak pada bodinya yang ramping, sehingga tidak memakan banyak tempat. Asyiknya lagi, kebanyakan kulkas jenis side by side memiliki fitur water dan ice dispenser pada bagian pintunya. Jadi jika anda ingin minum air dingin, anda tidak perlu repot-repot membuka pintu kulkas terlebih dahulu. Bisa lebih hemat listrik juga karena pintu kulkas tidak terlalu sering dibuka-tutup.

Tapi karena ramping, kulkas ini tidak bisa dipakai menyimpan makanan yang berukuran besar. Selain itu, harga kulkas side by side terbilang cukup mahal sehingga kurang cocok bagi anda yang memiliki budget terbatas untuk membeli kulkas.

Drawers Refrigerator

Berbeda dari kulkas lainnya yang bisa berdiri sendiri atau disimpan begitu saja di sudut ruangan, refrigerator drawers ini harus diinstall di bawah counter top atau rak bawah dapur. Jika akan digunakan, anda harus membukanya seperti laci.

Kulkas jenis ini bisa membantu menghemat tempat, karena dipasang bersama meja. Tapi sayangnya fitur refrigerator drawers ini terbatas, boros listrik, tidak bisa dipakai untuk membekukan makanan, dan harganya mahal.

Built-In and Cabinet-Size Refrigerator

Kalau kulkas yang satu ini bisa dibilang sangat modern dan hemat tempat. Built-in and cabinet-size ini bisa melekat ke dinding dan bisa diletakkan di rak atas maupun bawah, sehingga bisa membantu membuat dapur anda terlihat lebih luas.

Hanya saja, karena bentuknya yang ramping, kapasitas penyimpanannya pun terbatas. Jadi anda tidak bisa memasukkan semua jenis makanan ke dalam kulkas ini. Dari sergi harga pun, built-in and cabinet-size ini terbilang cukup mahal. Jadi kurang cocok bagi anda yang butuh kulkas berkapasitas besar dengan harga yang terjangkau.

3. Berdasarkan Cara Kerja

Seperti yang kita ketahui, biasanya dalam freezer terdapat bunga es/embun (frost) yang semakin lama akan semakin menumpuk. Bunga es tersebut harus dicairkan secara berkala agar proses pembekuan makanan bisa lebih optimal. Nah, sekarang terdapat dua jenis kulkas yang bisa melakukan proses pencairan bunga es secara ataupun manual atau otomatis

Manual Defrost

kulkas defrost merupakan jenis kulkas yang proses pencairan bunga es pada freezernya harus dilakukan secara manual. Yaitu dengan menekan tombol defrost ataupun dengan mencabut aliran listrik pada kulkas dan menunggu sampai bunga es itu mencair dengan sendirinya.

Kekurangan kulkas jenis ini tentu saja karena proses pembersihan freezernya yang cukup ribet dan memakan waktu. Namun kulkas ini akan cocok bagi anda yang punya budget minim, karena biasanya harganya paling terjangkau dibanding kulkas jenis lain.

Automatic Defrost

Kebalikan dari kulkas jenis defrost, kulkas no-frost ini memiliki sistem canggih yang bisa mencairkan bunga es secara otomatis tanpa harus repot-repot mematikan aliran listrik pada kulkas terlebih dahulu ataupun membersihkan bunga es secara manual. Biasanya, kulkas yang masuk ke dalam jenis no-frost ini adalah kulkas modern yang memiliki beberapa pintu.

Kulkas no-frost ini memiliki kelebihan yaitu sangat praktis dan cocok bagi anda yang tidak punya banyak waktu untuk membersihkan rumah. Namun sebanding dengan cara kerjanya, kulkas no-frost ini juga memiliki harga yang relatif lebih mahal.

Itu dia jenis kulkas yang umum digunakan dalam rumah tangga. Masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Baik dari bentuk, fitur, desain, sampai harga. Apapun kulkas yang anda pilih, pastikan benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan dan budget ya!

3 Jenis Kulkas Pendingin atau Refrigerator Sesuai Kebutuhan dan Budget
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 5 (100%) 1 vote