Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Jika anda masih berpikir bahwa singkong adalah makanan kuno dan ketinggalan zaman, maka anda salah besar. Justru sekarang ini banyak sekali olahan kekinian yang menggunakan singkong sebagai bahan utamanya. Salah satu olahan singkong kekinian yang menjadi favorit saya dan keluarga adalah singkong keju. Sudah terbayang dong bagaimana nikmatnya singkong goreng yang renyah di luar, namun pulen sekaligus lembut di bagian dalamnya yang dipadukan dengan gurihnya keju?

Apalagi jika dinikmati saat masih hangat, dijamin deh rasanya pasti memanjakan lidah. Daripada anda membeli singkong keju di luar, kenapa tidak mencoba membuatnya sendiri saja di rumah? Selain lebih murah, singkong keju buatan sendiri juga lebih terjamin kualitasnya. Nah, agar tidak gagal ketika membuat singkong keju, berikut saya berikan tipsnya khusus untuk anda.

1. Perhatikan pemilihan singkong

Agar bisa mendapatkan singkong keju dengan tekstur yang empuk dan merekah dengan sempurna, maka pemilihan singkong harus benar-benar diperhatikan. Sebaiknya, anda memilih singkong muda berukuran sedang yang baru dicabut. Singkong yang sudah lama biasanya ujungnya akan berwarna kebiruan dan kurang enak untuk dimasak.

2. Potong singkong dengan ukuran besar

Untuk dibuat singkong keju, sebaiknya anda memotong singkong dengan ukuran yang agak besar. Hal tersebut bertujuan agar singkong tidak hancur, karena nantinya singkong akan melalui beberapa proses pengolahan terlebih dahulu sebelum disajikan.

3. Kukus singkong terlebih dahulu

Agar singkong bisa merekah dan benar-benar empuk, sebaiknya anda tidak langsung menggoreng singkong. Mungkin singkong akan matang jika langsung digoreng, tapi teksturnya akan berbeda. Cara terbaik adalah dengan mengukus singkong terlebih dahulu selama kurang lebih 20 menit atau sampai singkong empuk. Setelah itu angkat dan tiriskan singkong.

4. Rendam singkong dalam air dingin

Poin ini merupakan hal paling penting yang harus anda perhatikan ketika membuat singkong keju merekah, karena akan sangat mempengaruhi tekstur akhir dari singkong. Sesaat singkong diangkat dari panci kukusan/dandang, segera rendam ke dalam air es yang telah diberi tambahan bumbu halus seperti bawang putih, ketumbar, dan garam. Rendam singkong selama kurang lebih 1 jam agar singkong bisa merekah dengan sempurna dan bumbunya meresap.

5. Goreng singkong dengan minyak banyak

Jika singkong sudah merekah dengan sempurna, selanjutnya anda tinggal menggorengnya. Pastikan anda menggoreng singkong sampai terendam dalam minyak yang sudah benar-benar panas. Goreng sampai singkong berwarna kuning keemasan, lalu angkat dan tiriskan. Selanjutnya, anda tinggal menaburi singkong dengan parutan keju cheddar atau bubuk keju yang banyak dijual di pasaran.

Itu dia tips membuat singkong keju yang bisa anda praktikkan sendiri di rumah. Sangat mudah, kan? Dengan mengikuti tips di atas, dijamin deh anda bisa mendapatkan singkong keju melepuh yang merekah, renyah, sekaligus empuk dan lumer di bagian dalamnya. Selamat mencoba!

Coba Resep: Singkong Keju