Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Beberapa waktu lalu, saya dan adik baru saja menyantap kari bihun Medan. Kentalnya kuah kari kuning berpadu dengan kenyalnya bihun serta potongan ayam dan kentang, hmm sedap! Tapi awalnya saya agak was-was kalau karinya terasa pedas karena si adik tidak terlalu suka cabai. Belakangan saya baru sadar bahwa ada dua jenis kari, yakni kari kuning dan kari merah.

Kari kuning memang tidak pedas dan cenderung gurih karena memakai bumbu halus kuning. Bumbu halus ini terdiri dari bawang putih, bawang merah, kemiri, jahe, merica, dan bintang utamanya: kunyit. Rimpang yang terakhir ini memang memberi ciri warna pada bumbu halus sekaligus aroma khas. Bumbu halus kuning ini sudah banyak dipakai pada hidangan sehari-hari khas Indonesia. Penasaran apa saja jenis hidangannya? Scroll ke bawah, yuk!

1. Ayam Goreng

Ayam goreng tulang lunak lezat

Sebagian besar bumbu ayam goreng adalah bumbu halus kuning. Biasanya, ayam yang sudah dicuci akan diungkep terlebih dulu dalam bumbu kuning, kemudian digoreng hingga matang. Ayam goreng akan terasa lebih gurih dan bercitarasa, dan akan semakin mantap jika disajikan sebagai hidangan khusus seperti pecel ayam, ayam geprek, dan ayam goreng lengkuas.

Coba resep:

2. Ayam Bakar

Sama seperti ayam goreng, ayam bakar khas Indonesia umumnya memakai bumbu dasar kuning. Entah ayam bumbu Bali atau ayam bakar Padang, keduanya memakai bumbu halus kuning yang ditambahkan rempah-rempah lain agar menonjolkan khas. Proses awalnya pun sama dengan ayam goreng, yakni ayam yang sudah dicuci perlu diungkep dulu dalam bumbu kuning. Setelah itu, ayam dibakar sambil sesekali dioles dengan sisa bumbu agar rasanya semakin mantap!

Coba resep:

3. Soto

Soto kuning bogor praktis

Jika diperhatikan, sebagian besar kuah soto Indonesia berwarna kekuningan seperti soto kuning Bogor, soto Medan, soto sulung, soto Lamongan, dan soto tangkar. Kuah soto ini memang memakai bumbu halus kuning yang ditumis hingga harum, lalu dimasukkan dalam rebusan daging dan jeroan. Perpaduan air kaldu dari rebusan daging dan bumbu halus kuning memang gurih serta khas. Namun bukan berarti soto-soto di atas tak ada bedanya, lho. Soto kuning Bogor dan soto sulung memakai aneka jenis jeroan, tapi soto kuning Bogor menambahkan santan pada kuahnya seperti halnya soto Medan. Soto Lamongan memakai ayam kampung, sedangkan soto tangkar menonjolkan iga sapi. Beragam sekali, kan?

Coba resep:

4. Opor Ayam

Opor ayam praktis

Tiap Lebaran, ada dua jenis opor yang biasa dibuat, yakni opor kuning atau opor putih. Nah seperti namanya, kedua opor ini memakai bumbu halus yang berbeda dimana opor kuning pastinya memakai bumbu halus kuning. Bumbu halus ini nantinya ditumis dulu hingga harum, lalu dimasak dengan ayam dan santan. Selain ayam, anda juga bisa mencampurkan telur rebus, tahu, atau tempe. Sajikan dengan potongan ketupat dan sambal goreng!

Coba resep: Opor Ayam Kuning

5. Gulai

Gulai Cumi telur isi empuk

Sajian yang satu ini hampir sama dengan kari, hanya saja bumbu rempahnya (di samping bumbu halus kuning) lebih sederhana. Gulai memiliki rasa gurih dan kuah santan yang agak kental. Sajian ini populer di berbagai daerah Indonesia, bahkan sampai jadi ikon tersendiri bagi rumah makan Padang. Pasalnya, gulai memang bisa buat dengan bahan apapun seperti daging, ikan, hingga daun singkong. Bumbu halus kuning perlu ditumis terlebih dulu hingga harum, lalu masukkan santan dan bahan gulai.

Coba resep:

6. Pesmol

pesmol ikan nila

Olahan ikan khas Sunda ini memang punya bumbu yang gurih dan super lezat. Pada dasarnya, bumbu pesmol ini merupakan bumbu dasar kuning dengan tambahan berbagai rempah, lho. Bumbu halus kuning nantinya ditumis dan dimasak dengan ikan yang sudah digoreng setengah matang. Anda bisa pakai ikan tawar jenis apapun seperti nila, gurame, ikan mas, dan bandeng. Selain pesmol, anda juga bisa buat ikan masak bumbu kuning. Tentunya, bumbu yang dipakai lebih sederhana dari pesmol, tapi tidak kalah nikmat serta menggugah selera.

Coba resep:

7. Pepes

Pepes tahu sedap

Sedang ngidam pepes? Nah, sajian yang satu ini juga memakai bumbu kuning, nih. Meskipun ada yang memakai bumbu putih atau merah, pepes kuning memang lebih diminati karena rasanya yang gurih, khas, dan tampilannya yang menarik. Pepes bisa dibuat dengan aneka bahan seperti ikan, jamur, udang, hingga tahu. Campurkan bahan tersebut dengan bumbu halus kuning, lalu lipat dalam daun pisang dan kukus hingga matang.

Coba resep:

8. Nasi Goreng kuning

nasi goreng kuning

Eits, jangan sampai tertukar antara nasi kuning dan nasi goreng kuning, ya. Nasi kuning memang dibuat dengan kunyit, tapi tidak memakai semua rempah yang ada dalam bumbu halus kuning. Sebaliknya, nasi goreng kuning memang memakai bumbu dasar kuning dalam pembuatannya. Nah, sajian ini bisa jadi inspirasi kalau anda bosan dengan warna nasi goreng yang terlalu pucat atau cenderung gelap, nih. Rasanya yang gurih dan warna yang menarik tentunya juga bikin si kecil jadi semangat makan!

Coba resep: Nasi Goreng Kuning

Nah, sudah siap buat stok bumbu kuning di rumah? Bumbu kuning bisa disimpan di dalam wadah kering dan kedap udara, lalu disimpan dalam kulkas agar masak lebih praktis. Selain bumbu kuning, yuk kenali jenis bumbu halus lainnya di sini!