Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Ayam bakar adalah olahan ayam yang sering tersaji di meja makan rumah selain ayam goreng. Selain rasanya yang enak dan khas, ayam bakar juga biasanya disajikan bersama sambal dan lalapan yang membuat kenikmatannya bertambah jadi berkali-kali lipat. Biasanya, saya paling sering membuat ayam bakar bumbu kecap yang rasanya pekat manis. Tapi saya juga harus membuat variasi ayam bakar lain agar keluarga tidak bosan. Nah, apa saja macamnya? Simak selengkapnya berikut.

1. Ayam bakar kecap

Ayam bakar bumbu kecap merupakan ayam bakar yang paling sering dikonsumsi masyarakat. Karena menggunakan banyak kecap manis dalam proses pembuatannya, rasa ayam bakar kecap ini dominan manis dan gurih. Sajian ini sangat cocok disantap bersama sambal yang pedas.

2. Ayam bakar madu

Anda kurang suka terlalu banyak kecap? Tenang saja, anda bisa mengganti atau mencampurnya dengan madu. Cara pembuatannya sama saja dengan ayam bakar kecap, hanya saja kecap diganti dan atau ditambah dengan madu. Rasanya legit, manis, dan gurih, serta warnanya juga cantik. Ayam bakar ini juga jadi lebih bergizi karena ditambah dengan madu yang sudah terbukti khasiatnya bagi kesehatan.

3. Ayam bakar padang

Jika anda suka masakan Padang, maka anda wajib mencoba ayam bakar padang ini. Ayam bakar padang memiliki rasa yang pekat berbumbu rempah dan pedas. Sebelum dibakar, ayam akan diungkep bersama santan dan aneka bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, pala bubuk, ketumbar, jinten, kunyit, dan kemiri.

4. Ayam bakar bumbu kuning

Selain ayam bakar kecap, ayam bakar kuning ini juga termasuk ke dalam jenis ayam bakar yang paling banyak dikonsumsi. Biasanya, ayam yang digunakan untuk ayam bakar kuning ini adalah ayam kampung. Tapi banyak juga yang menggantinya dengan ayam pejantan. Campuran yang pas antara tekstur dan berbagai bumbu serta rempah membuat ayam kuning ini wajib untuk anda coba.

5. Ayam bakar bumbu rujak

Tak hanya dicampur bersama buah-buahan dan cireng, ternyata bumbu rujak juga nikmat lho ditambahkan ke dalam ayam bakar. Sensasi rasa pedas, manis, dan gurih dari ayam bakar bumbu rujak ini dijamin deh bisa membuat anda ketagihan.

6. Ayam bakar bumbu bali

Selanjutnya, anda juga bisa mencoba ayam bakar bumbu bali. Ayam bakar bali memiliki rasa yang sangat khas, yaitu pedas, asam, dan gurih. Sangat cocok bagi anda yang suka makanan pedas. Apalagi jika disantap bersama nasi hangat, pasti ayam bakar bumbu bali ini langsung ludes dalam sekejap.

7. Ayam bakar woku

Mungkin beberapa dari anda masih asing dengan ayam bakar woku. tapi bukan berarti anda tidak bisa mencobanya. Ayam woku terasa istimewa karena bumbunya dicampur dengan daun jeruk dan daun pandan. Sehingga citarasanya pun sangat sedap.

8. Ayam bakar cobek

Selain ayam-ayam di atas, anda juga bisa mencoba ayam bakar cobek. Yang unik dari ayam bakar cobek ini adalah penambahan terasi dalam bumbunya. Hmm, bisa dibayangkan dong betapa nikmat dan gurihnya rasa dari ayam bakar cobek ini?

Itu dia beberapa jenis ayam bakar yang bisa anda coba buat sendiri di rumah. Yang mana nih yang paling menarik perhatian anda dan ingin segera dicoba?