Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Makan malam hari ini terasa spesial karena adanya kiriman mangut ikan asap dari saudara saya. Rasa kuah koto yang gurih dan pedas nampol memang sulit untuk ditolak. Ditambah dengan aroma ikan asap yang khas terasa begitu menggoda. Selain sajian ini, ikan asap juga sering dimasak santan, tumis sambal pedas, pecak, hingga asem-asem. Tidak hanya ikan pari atau ikan cakalang, ternyata ada banyak jenis ikan yang biasa diasap. Masing-masing jenis ikan tentu berpengaruh terhadap citarasanya. Apa saja jenisnya? Simak selengkapnya berikut.

1. Ikan pari

Ikan pari atau sering juga disebut sebagai ikan peh merupakan jenis ikan bertulang rawan. Berbeda dari jenis ikan lainnya, ikan pari memiliki bentuk pipih bersayap seperti layang-layang, dan memiliki satu ekor panjang. Ikan asap yang terbuat dari ikan pari ini termasuk ke dalam ikan asap yang paling sering dikonsumsi lho.

2. Ikan cakalang

Selain ikan pari, ikan cakalang juga termasuk ikan yang biasa diasap. Ikan yang memiliki bentuk memanjang dan agak bulat tersebut memiliki rasa yang enak, sehingga cocok untuk diasap. Cara pengasapannya yaitu ikan dibersihkan dari kotoran dan tulang, lalu dagingnya dibelah menjadi dua dan dijepit mengunakan bambu, baru kemudian ikan tersebut diasap dan siap diolah menjadi aneka hidangan lezat.

3. Ikan lele

Tak hanya nikmat dijadikan pecel lele, ternyata ikan lele juga sering diolah dengan cara diasap lho. Ikan air tawar tersebut terkenal akan gizinya yang tinggi dan rasanya yang gurih. Digoreng biasa saja sudah sangat nikmat, apalagi jika sudah diasap? Dijamin deh rasanya akan semakin mantap.

4. Ikan manyung

Ikan manyung merupakan ikan laut yang hidup di wilayah tropis. Ikan manyung memiliki ukuran yang memanjang dengan kepala yang gepeng, dan tiga pasang sungut. Jika anda belum tahu, ikan manyung yang diasap ini merupakan makanan khas Pantura. Dan ternyata daging ikan manyung ini juga sering diolah dengan cara diasinkan lho, namun masyarakat lebih mengenalnya dengan nama jambal roti. Rasa ikan manyung asap ini sangat gurih sehingga lezat diolah jadi sajian apapun.

5. Ikan marlin

Sama seperti namanya yang cantik,  bentuk dari ikan marlin ini juga tak kalah cantiknya. Ikan yang termasuk ke dalam ikan laut ini memiliki ciri khas yaitu moncong yang panjang seperti pedang dengan sirip punggung yang panjang dan lebar. Rasa ikan marlin ini tak kalah dari ikan lainnya, jadi jika anda bosan dengan ikan asap yang biasa, anda bisa mencoba ikan marlin asap.

6. Ikan cucut

Ikan cucut merupakan jenis ikan bertulang rawan yang bentuknya pipih dan panjang. Ketika sudah diasap, ikan cucut akan menghasilkan citarasa gurih dan aroma pembakaran yang khas. Sehingga anda patut untuk mencoba ikan asap jenis ini.

7. Ikan patin

Siapa bilang ikan patin cuma nikmat diolah menjadi sup atau digoreng garing? Anda juga bisa lho mencoba ikan patin yang diasap. Di masyarakat daerah Riau, ikan asap patin ini lebih dikenal dengan nama salai ikan patin. Sensasi rasa ikan patin yang gurih serta aroma khas asap dijamin memberikan sensasi tersendiri di lidah anda.

Nah, itu tadi beberapa jenis ikan asap yang biasa ditemukan di pasaran. Jika anda berniat membuat ikan asap sendiri di rumah, anda bisa kok menggantinya dengan ikan jenis lain dengan metode pengasapan simpel ala rumahan di sini. Karena pada dasarnya hampir semua jenis ikan bisa diasap. Jadi anda bisa menyesuaikannya dengan selera anda.