(Image: Shutterstock)

Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Sebagai seorang pecinta kuliner Jepang, sushi tentu saja masuk ke dalam daftar makanan favorit saya. Kalau dihitung-hitung, 1-2 kali dalam sebulan saya pasti makan sushi. Sembari makan di restoran Jepang langganan, saya sembari menerka-nerka apa saja bumbu dan rahasianya sushi bisa selezat ini. Di waktu senggang, saya pun akan coba membuatnya sendiri di rumah. Selain lebih murah, saya juga bisa memasukkan bahan-bahan favorit saya dalam isian sushi seperti ayam katsu, alpukat, dan telur dadar.

Meskipun terlihat mudah, beberapa orang masih saja gagal saat membuat sushi. Biasanya, kegagalan yang paling sering dijumpai adalah nasi yang tidak menempel sempurna pada nori atau gulungan yang terlepas kembali. Nah, daripada mengalami hal tersebut, mending anda cek dulu tips di bawah ini:

1. Perhatikan pemilihan nasi

Jika anda belum tahu, penggunaan nasi untuk sushi berbeda dengan nasi yang biasa kita gunakan untuk makan. Agar hasil sushi bisa bagus, sebaiknya anda memilih nasi yang berasal dari beras jepang jenis medium-grain yang bentuknya bulat dan mengkilat. Karena beras tersebut bisa menghasilkan nasi yang bertekstur lengket seperti beras ketan, sehingga nasi tidak akan bercerai berai ketika digulung.

2. Perhatikan pemilihan bahan campuran nasi

Jika anda jeli, rasa dan aroma dari nasi sushi itu khas. Nah, rasa dan aroma khas tersebut didapat dari beberapa bahan seperti rice vinegar (cuka beras), gula pasir, dan juga garam. Pastikan anda memilih cuka beras khusus dari jepang. Karena selain bisa membuat rasa dan aroma sushi makin khas, cuka beras jepang juga biasanya tidak terlalu asam.

3. Perhatikan cara mencampur nasi

Ketika anda mencampur nasi bersama bahan-bahan yang saya sebutkan di atas, anda harus mengaduknya dalam wadah kayu, dengan spatula kayu juga. Hal tersebut bertujuan agar cuka bisa meresap ke dalam nasi, sehingga rasa, aroma, serta tekstur nasi bisa maksimal. Biarkan sesaat nasi ‘berbumbu’ ini hingga dingin/bersuhu ruang, namun jangan memasukkannya dalam kulkas. Cukup ‘awur-awurkan’ di wadahnya, kipas-kipas, atau angin-anginkan dalam wadah terbuka.

4. Hindari mengisi sushi terlalu banyak

Mungkin anda berpikir jika semakin banyak isian sushi, maka rasanya akan semakin enak. Padahal sebenarnya hal tersebut bisa membuat sushi gagal lho. Isian yang terlalu banyak hanya akan membuat sushi susah digulung, sehingga nori pun akan robek dan tampilan sushi menjadi kurang cantik.

5. Gulung sushi menggunakan alat khusus

Sebelum sushi digulung, taruh nori di atas tikar kecil khusus bernama makisu atau sushi mat, lalu baru beri nasi dan isian. Selanjutnya, gulung sushi secara perlahan dengan sedikit menekannya agar nasi bisa padat dan tidak terburai kembali. Tahan posisi menggulung tersebut selama beberapa saat agar gulungan tidak kembali terlepas. Lalu potong sushi sesuai selera.

6. Basahi pisau

Biasanya, sushi dihidangkan dengan cara diiris agar lebih mudah disantap. Agar irisannya rapi dan tidak merusak nori, anda bisa membasahi pisau yang digunakan untuk memotong sushi terlebih dahulu. Pastikan juga pisau tersebut benar-benar tajam agar sushi tidak tertekan dan hancur.

Dengan mengikuti instruksi di atas, dijamin deh sushi anda tidak akan gagal. Siap mencoba?