Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Saat cuaca sedang terik-teriknya, minuman dingin dan menyegarkan memang paling cocok untuk dinikmati. Dibanding minuman dalam kemasan, saya lebih pilih membeli minuman yang ‘alami’, seperti jus dan es campur berisi buah. Salah satu minuman dingin favorit saya adalah es kelapa muda. Daging kelapa muda yang lembut dan sedikit kenyal sangat nikmat dipadukan dengan air/kuahnya yang manis dan dingin.

Apalagi penjaja es kelapa muda ini sangat mudah ditemukan di mana-mana dan harga yang ditawarkannya juga sangat terjangkau. Jadi, kita bisa dengan mudah menikmatinya kapan pun. Simak yuk selengkapnya berikut, mengenai apa saja olahan enak dari daging kelapa muda.

1. Es kelapa muda

Es kelapa muda merupakan olahan kelapa muda yang paling simpel sekaligus paling banyak digemari. Cara penyajiannya sederhana, daging kelapa muda yang sudah dikeruk beserta airnya dicampur dengan gula, air, dan juga es batu. Meskipun sangat sederhana, namun rasa dari es kelapa muda ini sangat nikmat. Apalagi jika gula yang digunakan adalah gula merah. Dijamin deh satu gelas saja tidak cukup! Daging kelapa muda yang sudah dikeruk juga biasa ditambahkan dalam minuman dingin lainnya yang tak kalah segar, seperti es teler dan es oyen.

2. Puding kelapa muda

Jika anda bosan dengan rasa puding yang itu-itu saja, maka anda wajib mencoba puding kelapa muda ini. Cara membuatnya hampir sama dengan puding yang biasa, hanya saja air putih diganti dengan air kelapa muda ditambah dengan serutan kelapa muda. Sensasi kenyal, gurih, dan manis dari puding kelapa muda ini pasti sulit ditolak. Sajikan dalam keadaan dingin agar lebih nikmat.

3. Klapertart

Klapertart merupakan kue khas Manado yang sudah sangat terkenal lho. wajar saja, rasa klapertart memang sangat nikmat dan istimewa. Campuran antara daging kelapa muda, tepung terigu, susu, telur, dan mentega menghasilkan rasa klapertart yang sangat gurih dan bertekstur.  Anda bisa pilih sesuai selera: klapertart panggang yang teksturnya padat atau klapertart tanpa dipanggang yang teskturnya lembut seperti custard.

4. Ice cream

Siapa sih yang tidak suka ice cream? Kudapan dingin aneka rasa yang satu itu digemari nyaris semua kalangan. Selama ini, rasa ice cream tidak jauh dari vanila, coklat, dan buah-buahan. Lalu bagaimana dengan ice cream rasa kelapa? Sensasi dingin, manis, dan menyegarkan dari es krim yang berpadu dengan manis dan gurihnya daging kelapa pasti bisa membuat hari anda menjadi lebih menyenangkan.

5. Pancake

Ternyata, daging kelapa muda juga cocok lho dicampurkan ke dalam pancake. Anda cukup membuat adonan pancake seperti biasa, lalu tambahkan potongan kelapa muda. Pancake kelapa muda ini sangat cocok anda hidangkan sebagai menu sarapan untuk keluarga tercinta. Karena selain bisa memperkaya rasa pancake, penambahan kelapa muda juga bisa menambah nilai gizi pada pancake anda.

Semoga aneka olahan di atas bisa menjadi referensi bagi anda untuk berkreasi di dapur. Sajian mana yang jadi favorit anda untuk menikmati kelapa muda? Atau ada pilihan lainnya? Tinggalkan pesan di kolom komentar ya!