Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Anda suka cemilan dari buah pisang? Kalau begitu, sama dong seperti saya. Buah pisang punya rasa manis alami dan tekstur lembut, sehingga mudah diolah jadi aneka kudapan atau pencuci mulut seperti pisang coklat, molen, dan pisang goreng. Intinya, pisang sangat fleksibel dibuat apapun dan bisa dinikmati kapanpun dimanapun! Ngomong-ngomong soal kudapan dari pisang, ada satu jajanan yang sedang hits sekarang ini, yaitu nugget pisang. Dari namanya, kita bisa menebak kalau olahan pisang ini berbentuk seperti nugget tapi memakai pisang sebagai isiannya. Padahal, nugget lebih identik dengan olahan daging ayam, sapi, atau seafood. Hmm, penasaran kan?

Asal-usul nugget pisang

Nugget pisang adalah salah satu jajanan ikonik dari Makassar. Kalau biasanya digoreng dengan tepung biasa, pisang yang satu ini digoreng dengan tepung panir sehingga lebih bertekstur dan renyah di luar. Namun jangan tertukar dengan pisang pasir lho, karena nugget pisang umumnya memakai pisang raja dan pisang tanduk yang terasa lebih legit dan beraroma khas.

Bahan dan cara pembuatan

Bahan untuk membuat nugget pisang hampir sama dengan nugget lainnya, hanya saja kudapan satu ini lebih sederhana. Siapkan bahan utama yang terdiri dari pisang raja/tanduk, terigu serbaguna, telur, tepung kanji/tapioka/sagu, susu bubuk, dan gula-garam secukupnya.

Kalau anda tak punya pisang raja atau tanduk, bisa diganti dengan pisang ambon atau pisang kepok. Nantinya, pisang ini akan dilumatkan jadi halus dan dicampur dengan bahan-bahan lainnya seperti tepung, telur, susu bubuk, gula, dan garam. Setelah tercampur rata, tuang ke loyang yang sudah diolesi sedikit minyak dan kukus hingga matang.

Setelah dikukus, biarkan dingin dan potong sesuai selera. Siapkan dua jenis tepung pelapis, yakni pelapis kering dan pelapis basah. Pelapis basah terdiri dari terigu, maizena, dan air, sedangkan pelapis kering cukup maizena dan panir. Gulingkan adonan nugget dalam maizena secara merata, celup ke dalam pelapis basah, dan terakhir gulingkan pada tepung panir. Lakukan hingga seluruh adonan habis.

Panaskan banyak minyak (deep fry atau shallow fry), lalu masukkan adonan nugget yang sudah dipanir ke dalamnya secara bertahap (misal satu kali menggoreng, 3-4 nugget). Goreng hingga coklat keemasan, angkat, dan tiriskan agar minyaknya turun. Kalau sudah agak dingin, sajikan dengan aneka topping seperti lelehan coklat, parutan keju, oreo, nutella, dan lainnya sesuai favorit anda.

Untuk resep Nugget Pisang Krispi dengan Topping Coklat dan Keju ala ResepKoki bisa klik di sini.

Tips membuatnya di rumah

1. Pakai pisang raja atau kepok yang matang

Selain memanjakan lidah dengan tekstur renyah, nugget pisang asli Makassar juga beraroma khas dan nikmat. Aroma ini didapat dari pemilihan pisangnya, yakni pisang raja, tanduk, atau ambon. Namun jika tak ada, anda bisa pakai pisang kepok juga lho, meskipun aromanya tidak akan sekuat ketiga jenis pisang tersebut.

Selain itu, pilihlah pisang yang matang atau kematengan. Tanda pisang sudah matang adalah kulitnya berwarna kuning tua dan teksturnya padat berisi. Ketika disentuh, pisang matang akan terasa lebih lunak dari pisang muda. Poin plusnya, anda tak perlu memakai telur jika pakai pisang matang karena tekstur pisang ini bisa merekatkan semua bahan. Jadi kalau anda tak suka bau telur dalam kudapan manis, tak perlu khawatir lagi, ya.

Baca juga: 5 Jenis Pisang di Pasaran Indonesia

2. Pakai tepung panir berwarna jingga

Nugget pisang umumnya dilapisi dengan tepung panir agar lebih renyah. Tapi supaya kenampakkannya lebih menarik dan cantik, pakailah tepung panir berwarna jingga agar hasilnya lebih cerah setelah digoreng. Selain tepung panir, anda juga bisa pakai tepung roti seperti nugget pada umumnya, tapi hasil gorengan akan cenderung kuning kecoklatan dan pucat.

Baca juga: Apa Bedanya? Tepung Roti vs Tepung Panir

3. Tambahkan baking soda pada adonan pelapis basah

Tekstur nugget pisang yang renyah di luar tentunya jadi dambaan, ya. Supaya semakin renyah, tambahkan baking soda pada adonan pelapis basah secukupnya. Namun, perhatikan takaran baking sodanya ya, karena bisa membuat rasa nugget pisang jadi pahit.

Baca juga: 6 Tips Membuat Masakan Goreng Balut Tepung Agar Lebih Krispi

4. Jangan takut kreasikan topping sesuka hati

Nugget pisang memang enak dimakan begitu saja. Tapi coba tambahkan beberapa topping, dijamin rasanya semakin lezat dan bikin nagih! Jadi selain tampilan yang menggugah selera, topping juga memperkaya rasa nugget pisang, lho. Topping yang digunakan bisa berbagai macam seperti coklat, keju, kacang, oreo, dan sebagainya. Nah, kalau anda suka topping meleleh seperti coklat, keju, dan matcha, anda bisa taburkan topping selagi nugget pisangnya panas. Caranya, parut coklat, coklat matcha, atau keju dan langsung taburkan di atas nugget pisang. Atau, anda bisa pakai versi olesannya (spread) tapi pastikan nugget pisangnya dingin dulu, ya.

Rasanya sudah tak sabar untuk segera bikin, ya? Nugget pisang ini juga dijadikan frozen food untuk stok cemilan, lho. Jadi kalau sewaktu-waktu ingin makan kudapan, tinggal keluarkan dari freezer dan goreng dengan minyak panas. Oh ya selain nugget, coba juga aneka olahan pisang yang kematengan ini. Daripada dibuang, sayang kan?