Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Selain rasanya yang enak dan mengenyangkan, roti juga memiliki berbagai variasi rasa, isian, dan topping. Itulah sebabnya saya tidak pernah bosan dan menjadikannya sebagai camilan favorit untuk bekal atau sekedar pengganjal lapar. Bukan hanya jenis roti yang dipanggang dalam oven, saya juga suka dengan jenis roti goreng yang garing dan berwarna kecoklatan merata di bagian luarnya. Apa saja jenis roti goreng tersebut? Simak selengkapnya berikut.

1. Donat

Siapa sih yang tidak tahu donat? Camilan yang memiliki bentuk khas yaitu bolong di tengah seperti cincin ini begitu disukai oleh banyak orang. Donat terbuat dari tepung terigu, ragi instant, susu bubuk, air hangat, gula pasir, kuning telur, margarin dan garam. Terbagi jadi 2 bagian, bahan-bahan tersebut lalu dicampur dan diuleni sampai kalis, didiamkan selama beberapa saat, dibentuk, lalu digoreng sampai matang. Selanjutnya, anda tinggal menambahkan aneka topping sesuai selera. Bukan hanya bagian topping atau taburan yang bermacam-macam, anda juga bisa berkreasi dengan bahan dasarnya seperti donat pisang dan donat kentang yang tidak kalah enak.

2. Roti goreng isi

Jika anda bosan dengan donat, maka roti goreng isi ini bisa jadi pilihan. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat roti goreng isi yaitu tepung terigu protein tinggi, gula pasir, ragi instant, ovalet, garam, mentega tawar, dan campuran kuning telur dengan susu cair. Berbeda dari donat, roti ini bentuknya bulat dan punya isian lezat di dalamnya. Tekstur roti garing di bagian luarnya namun tetap empuk dengan isian yang meleleh lezat, seperti saus coklat, selai buah, mentega, keju, dan masih banyak lagi.

3. Cakwe

Cakwe merupakan kue goreng yang terbuat dari campuran tepung terigu, air, dan bahan pengembang. Tidak selalu dinikmati sebagai camilan, kue khas oriental ini juga biasa dijadikan bahan pelengkap menu lainnya, seperti bubur beras. Cakwe juga biasa dinikmati dengan cocolan saus asam-manis-pedas yang khas.

4. Roti bantal

Bisa dibilang roti bantal ini adalah versi manis dari cakwe. Bahan-bahan yang digunakan juga hampir sama dengan bahan cakwe. Perbedaan yang paling kentara adalah rasa gurih dan bentuk segiempatnya yang mirip dengan bantal mini. Rasanya manis yang khas dengan taburan biji wijen di permukaan atasnya.

5. Roti tawar goreng isi

Bila tidak sempat untuk mengulen sendiri adonan roti, anda bisa memanfaatkan roti tawar yang ada. Tangkupkan dua roti tawar dengan isian favorit anda, baik manis atau asin seperti ragout. Celup roti dalam kocokan telur dan balur dengan tepung roti (breadcrumbs) hingga rata, lalu goreng dalam minyak panas hingga kecoklatan. Berbeda dengan roti lainnya tadi yang harus dibuat sendiri mulai dari nol, roti tawar goreng ini lebih praktis dan cepat untuk disajikan. Lengkapi dengan saus sambal dan mayonaise sebagai cocolan agar lebih nikmat.

Apa pun pilihan anda, roti goreng akan selalu sukses dalam urusan memanjakan lidah. Selamat berkreasi di dapur!