Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Cakwe adalah salah satu camilan favorit saya. Selain lezat disantap langsung dengan saus cocolan ala abang-abang kaki lima, saya juga suka saat menikmatinya bersama bubur ayam hangat. Saya hampir tidak pernah absen untuk request porsi tambahan atau ekstra untuk cakwe-nya. Saya juga pernah berkreasi mengolah cakwe yaitu dengan mengisi rongga tengahnya dengan tumisan ayam lalu digoreng kembali dengan balutan adonan tepung.

Hmm, sungguh nikmat! Saat akhir pekan dan banyak waktu luang, saya sering pula membuat cakwe sendiri. Bahan-bahannya sangat sederhana, mudah didapatkan, dan sangat murah meriah. Cara membuatnya pun tidak sulit dan bisa double sambil mengerjakan urusan rumah lainnya. Nah, bagi anda yang mungkin tertarik juga membuat cakwe sendiri di rumah, berikut saya bagikan tips dan trik praktis membuatnya khusus untuk anda.

1. Buat 2 jenis adonan: biang dan campuran tepung/bahan kering

Dua adonan ini terpisah ini berfungsi agar cakwe bisa mengembang dengan sempurna ketika digoreng nantinya. Adonan biang terdiri dari gula pasir, ragi instant, dan air. Setelah adonan biang bercampur rata dan berbusa, kemudian masukkan tepung dan bahan kering lainnya lalu aduk hingga rata.

2. Tambahkan bawang putih dalam adonan cakwe

Meski berbahan utama tepung, anda bisa menambahkan bubuk bawang putih atau bawang putih halus ke dalam adonan supaya lebih kaya citarasa dan nikmat.

3. Uleni adonan hingga benar-benar kalis

Pindahkan adonan ke atas meja kerja, lalu beri sedikit minyak goreng. Uleni adonan hingga benar-benar kalis kurang lebih selama 30 menit. Hasil adonan akan jadi elastis bila ditarik dan tidak terputus. Adonan kalis yang benar haruslah tidak lengket di tangan serta tidak terlalu keras ataupun terlalu lembek, sehingga akan mudah dibentuk.

4. Diamkan adonan beberapa saat

Setelah adonan kalis, anda tidak bisa langsung mengolahnya. Simpan adonan terlebih dahulu di dalam wadah kering, lalu tutup rapat selama 1-2 jam atau sampai adonan benar-benar mengembang, lalu kempiskan adonan dengan cara meninjunya pelan.

5. Bentuk adonan jadi cakwe

Cakwe terkenal memiliki bentuk khas, seperti 2 bagian panjang yang membulat di ujungnya dan saling melekat. Cara mendapatkan bentuk tersebut yaitu ambil sebagian adonan, lalu giling sampai berbentuk pipih. Setelah itu, potong adonan menjadi dua dan sama panjang. Tumpuk kedua adonan tadi, lalu tekan sedikit agar adonan bisa menyatu saat digoreng..

6. Goreng dengan minyak panas yang banyak (deep frying)

Satu-persatu setelah adonan dibentuk, langsung celupkan dalam minyak panas. Pastikan untuk menggunakan banyak minyak sehingga cakwe terendam sempurna. Tunggu sampai cakwe mengembang dan berwarna kecokelatan, lalu angkat dan tiriskan. Masukkan 3-4 cakwe setiap kali menggoreng. Berikan ruang yang cukup untuk menggoreng cakwe agar bisa mengembang sempurna.

Ternyata membuat cakwe itu mudah ya. Yuk langsung saja praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Coba resep: Cakwe goreng