Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Di rumah, saya selalu menyediakan 2 jenis camilan yaitu camilan asin dan manis. Keduanya akan saling melengkapi, terutama jika bosan hanya mengudap satu jenis camilan saja. Selain membeli camilan jadi dalam kemasan yang banyak dijual di toko atau supermarket, saya juga sering membuat sendiri kue goreng yang enak, sesuai selera, dan murah meriah. Selain praktis, aneka kue goreng garing ini juga tahan lama sehingga aman jika membuatnya sekaligus banyak untuk stok dalam toples. Apa saja macamnya? Simak selengkapnya berikut.

1. Kue Garpu

Meskipun namanya kue garpu, bukan berarti kue yang satu ini terbuat dari garpu lho. Adonan kue dicetak menggunakan garpu, lalu digulung dan digoreng. Tekstur kue garpu yang renyah dan rasanya yang gurih tentu akan membuat waktu santai anda jadi lebih menyenangkan.

2. Kue Bawang

Kue bawang merupakan salah satu kue kering asin-gurih yang populer. Sesuai namanya, kue ini memiliki citarasa kuat dari bawang yang pasti akan meningkatkan selera makan anda saat ngemil. Ciri khas lain dari kue bawang ini yaitu irisan tipis dari daun seledri yang berlimpah, sehingga akan mempercantik penampilannya.

3. Kue Tambang

Dinamakan kue tambang karena bentuknya yang mirip dengan tali tambang. Selain rasa asin-gurih, kue ini juga punya sedikit rasa manis yang cocok bagi anda penyuka camilan renyah yang tidak terlalu manis.

4. Kue Gabus

Kue gabus yang bercitarasa asin dan gurih ini merupakan camilan yang terbuat dari tepung sagu atau tepung kanji. Bentuk kue gabus ini unik, yaitu lonjong dengan kedua ujungnya meruncing serta berwarna kuning keemasan. Selain dimakan langsung, kue gabus gurih juga cocok dijadikan pendamping makanan seperti bakso, sup, hingga nasi goreng.

5. Biji Ketapang

Biji ketapang memiliki bentuk serong seukuran dadu dan bertekstur keras yang renyah. Rasanya manis dan gurih dari campuran santan serta kelapa parut dalam adonannya. Biji ketapang sudah terkenal jadi salah satu camilan wajib saat lebaran dan juga merupakan oleh-oleh khas Betawi.

6. Kuping Gajah

Bentuk camilan yang satu ini sangat menarik, yaitu bulat pipih atau gepeng dengan motif spiral yang berselang-seling warna antara putih dan coklat gelap. Rasanya manis namun ringan dan bertekstur sangat renyah.

7. Kue Keciput

Kue yang satu ini merupakan salah satu oleh-oleh khas kota Kudus. Bentuk dari kue keciput ini seperti onde-onde kecil, baik bulat lingkaran atau bulat memanjang, dengan balutan biji wijen di seluruh permukaannya. Citarasanya sangat khas dari biji wijen, manis (ringan), sedikit gurih, dan sangat renyah.  

Dari sekian kue kering goreng di atas, mana yang jadi favorit anda?