(Image: Shutterstock)

Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Alpukat adalah salah satu buah favorit saya. Rasanya enak, lembut, creamy, dan punya banyak manfaat baik untuk tubuh. Alpukat adalah sumber lemak yang sehat karena tak jenuh dan tidak mengandung kolesterol. Oleh karenanya, alpukat cocok sekali dikonsumsi bagi orang yang sedang berdiet.

Salah satu olahan alpukat paling populer yaitu dibuat jus. Cara membuatnya memang praktis dan mudah. Tapi ada banyak kreasi sajian alpukat yang tidak kalah praktis dan enak lho. Supaya tidak bosan, anda bisa coba mengolah alpukat jadi aneka makanan berikut ini.

1. Puding

Cara asyik pertama menikmati alpukat adalah dengan menjadikannya puding. Tekstur puding yang kenyal dan lembut akan sangat cocok jadi camilan menemani waktu santai anda. Cara membuatnya sangat mudah. Anda hanya perlu menambahkan alpukat yang telah dihaluskan ke dalam campuran susu, gula, dan agar-agar. Setelah puding dingin, anda bisa menambahkan saus atau susu kental manis cokelat yang sudah bukan rahasia lagi memang cocok dengan alpukat.

2. Es krim

Siapa sih yang tidak suka es krim? Daripada selalu beli es krim di luar, kenapa anda tidak coba membuatnya sendiri dengan menggunakan alpukat? Tekstur alpukat yang creamy serta rasanya yang gurih akan sangat cocok jika diolah menjadi es krim. Warnanya juga pasti akan cantik yaitu hijau pastel yang soft dan cantik. Dijamin deh, keluarga anda pasti akan ketagihan makan es krim alpukat ini.

3. Alpukat Krispi

Menu yang satu ini mungkin masih terdengar asing di telinga anda. Tapi tidak ada salahnya juga anda mencoba membuatnya. Pilih alpukat yang tidak terlalu matang dan lembek, lalu potong seukuran wedges. Celup tiap potongan alpukat dalam putih telur, lalu balur dengan tepung roti. Terakhir, goreng alpukat dengan teknik deep fry hingga kuning kecoklatan dan renyah. Sajikan hangat dengan cocolan mayonaise dan saus sambal.

4. Salad

Jika sering menyantap salad untuk mendukung diet atau pola hidup sehat, maka anda juga harus menambahkan alpukat. Potongan dadu alpukat lezat dipadukan dengan tomat, paprika, jagung dan selada. Anda bisa pilih dressing atau saus salad yang creamy, segar, ringan, hingga pedas.

5. Saus untuk Pasta

Selama ini, pasta identik dengan saus bolognese atau carbonara. Lalu bagaimana jika saus pasta terbuat dari campuran buah alpukat? Tidak kalah nikmat dan creamy! Giling alpukat dalam blender atau food processor bersama bawang putih dan air perasan jeruk lemon. Setelah halus, tambahkan minyak zaitun dan bumbui dengan garam dan lada, lalu lanjutkan giling hingga saus menyatu sempurna.

Menu olahan alpukat apa yang membuat anda tertarik untuk mencobanya?