Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Beberapa waktu lalu, carrot cake sempat hits di Indonesia. Kue berbahan dasar wortel ini memang bertekstur agak crumbly, tapi terasa begitu lembut dan manis. Poin plusnya, carrot cake termasuk kue yang sehat karena memakai pemanis alami berupa wortel itu sendiri, lho. Jadi tak heran, cake ini aman dikonsumsi dalam jangka panjang dan jadi favorit segala usia. Pokoknya dijamin, anak-anak yang tak suka makan wortel pasti tertarik dengan kue ini! Cara buatnya juga sederhana, lho. Namun, anda juga perlu memerhatikan hal-hal berikut supaya carrot cake terasa ringan, lembut, dan manis alami. Apa saja? Simak terus yang satu ini!

1. Pakai wortel segar yang berkualitas

Kenikmatan carrot cake tentunya berawal dari bahan baku yang berkualitas, terutama wortel. Pilih wortel impor yang gemuk dan berwarna jingga ngejreng. Selain itu, pilih yang bentuk batangnya lurus dan agak keras. Wortel impor memang lebih manis dari wortel lokal, sehingga bisa memunculkan rasa manis alami yang lebih ketara pada carrot cake. Selain itu, warnanya yang terang juga bisa mempercantik warna carrot cake setelah matang nanti.

Baca juga: Apa Bedanya? Wortel Impor vs Wortel Lokal

2. Parut halus wortel agar tekstur kue lebih moist

Untuk mengolah wortelnya, cukup parut halus wortel dan jangan peras airnya. Air atau jus wortel ini penting untuk membuat tekstur kue lebih lembut setelah matang. Oleh karenanya, wortel tak perlu benar-benar dihaluskan jadi puree supaya kuenya tetap bertekstur sekaligus terasa lebih moist.

Baca juga: Tips Memilih dan Menyimpan Wortel

3. Pilih minyak sebagai lemak kue, dibandingkan mentega/margarin

Lemak untuk bikin kue seperti mentega dan margarin umumnya akan menyumbang citarasa pada rasa kue nantinya. Tapi kalau anda ingin menonjolkan rasa khas wortel, maka pilih minyak sayur dibandingkan mentega dan margarin. Minyak sayur punya rasa yang lebih plain sehingga rasa dan aroma khas wortel tetap mendominasi kue. Selain itu, carrot cake akan terasa lembut lebih lama dan tak mudah mengeras meski sudah dingin.

Baca juga: 6 Jenis Lemak Untuk Membuat Kue

4. Ayak bahan kering sebelum dicampur ke bahan basah

Salah satu cara untuk meringankan tekstur kue adalah mengayak bahan keringnya terlebih dulu sebelum dicampurkan dalam bahan basah. Bahan kering yang sudah diayak tentunya tidak akan menggumpal dan lebih mudah tercampur dalam adonan. Kalau anda ingin tekstur carrot cake yang lebih lembut dan ringan, ayak bahan kering 2-3 kali sebelum dicampurkan dalam bahan basah.

Baca juga: 3 Tips Mengaduk Adonan Kue agar Sukses dan Anti Bantat

Carrot cake adalah kue yang mudah dibuat. Selama anda mengikuti resep, dijamin cake sehat ini bisa matang dengan warna cantik dan rasa yang legit. Oh ya selain kue, wortel juga bisa diolah jadi aneka hidangan lain, lho. Simak empat resep ekonomis dan praktis lainnya di sini. Selamat mencoba!