(Image: Shutterstock)

Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Salah satu rempah daun yang paling sering saya gunakan dalam masakan yaitu daun jeruk. Tapi jangan salah ya, tidak semua daun jeruk bisa digunakan untuk masakan. Umumnya, daun jeruk yang digunakan pada masakan adalah yang berasal dari pohon jeruk purut. Meskipun ukurannya kecil, daun jeruk ini multifungsi.

Selain bisa menambah rasa masakan, aroma daun jeruk juga sangat segar seperti jeruk/citrus. Dijamin bisa membantu meningkatkan selera makan. Daun jeruk cocok digunakan dalam berbagai masakan. Baik itu tumisan, kuah, hingga semur. Saking multifungsinya daun jeruk ini, saya sampai sengaja menanamnya sendiri di rumah lho. Simak yuk serba-serbi daun jeruk purut berikut ini.

1. Cara Memilih

Untuk mendapatkan aroma daun jeruk yang kuat, maka anda harus bisa memilih daun jeruk yang baik. Pilih daun jeruk yang warnanya hijau tua dan segar, mulus serta licin ketika dipegang, lalu bebas dari noda kecokelatan ataupun bercak putih. Hindari menggunakan daun jeruk yang sudah menguning, mulai mengering, dan bernoda, karena biasanya rasa dan aroma dari daun jeruk tersebut kurang maksimal pada masakan.

Jika anda memetik langsung daun jeruk dari pohonnya, maka petik daun yang berada paling bawah, karena umurnya sudah tua dan akan menghasilkan rasa serta aroma yang lebih maksimal dibanding daun jeruk muda.

2. Cara Mengolah

Jika anda berniat menambahkan daun jeruk pada masakan, maka ada sedikit trik khusus untuk mengeluarkan rasa dan aromanya. Setelah daun jeruk dicuci, buang batangnya, lalu iris halus daun jeruk. Atau jika anda sedang terburu-buru, anda cukup meremas atau menyobek daun jeruk tersebut agar rasa dan aromanya bisa keluar dengan maksimal.

3. Cara Menyimpan

Jika anda masih memiliki banyak sisa daun jeruk, anda bisa menyimpannya untuk dipakai lain waktu. Cara menyimpannya pun cukup mudah. Anda bisa membungkus daun jeruk dengan kertas, lalu bungkus kertas tersebut dengan plastik dan masukkan ke kulkas. Atau anda juga bisa langsung memasukkan daun jeruk ke wadah kedap udara dan masukkan ke dalam kulkas. Dengan cara tersebut, daun jeruk anda bisa segar lebih lama.

4. Kegunaan dalam Masakan

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, daun jeruk memiliki fungsi utama sebagai pemberi rasa dan aroma pada masakan berbahan santan seperti gulai dan tengkleng, masakan berkuah bening seperti sup ikan dan soto, hingga tumisan cenderung kering seperti babat gongso dan kering kentang tempe. Daun jeruk juga biasa dijadikan garnish karena warnanya yang hijau pekat bisa mempercantik tampilan masakan.

Sekarang, anda tidak perlu ragu lagi untuk menambahkan daun jeruk pada masakan. Anda juga tidak perlu repot membelinya khusus, karena daun jeruk ini biasanya sudah termasuk dalam satu paket bumbu dan rempah yang banyak dijual oleh pedagang sayur.