Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Saat mengunjungi rumah saudara beberapa hari lalu, saya disuguhi tumis kangkung yang menurut saya sangat nikmat. Ternyata, rahasia dari tumis kangkung tersebut adalah karena penambahan kencur dalam bumbunya. Pantesan, rasanya jadi lebih unik dan sedap.

Kencur merupakan tanaman herbal  yang masuk ke dalam golongan temu. Dalam dunia kuliner, kencur sudah banyak digunakan untuk memperkaya rasa berbagai masakan. Rasa dan aroma dari kencur ini sangat khas. Jadi tidak heran jika banyak orang yang menyukainya.

Nah, jika anda penasaran lebih jauh tentang kencur, berikut saya berikan informasinya khusus untuk anda.

1. Cara memilih

Jika anda akan membeli kencur, maka anda harus memperhatikan cara memilihnya. Usahakan untuk memilih kencur segar yang berkualitas baik. cirinya adalah mulus, tidak berbercak, dan tidak ada bagian yang busuk. Jika ditekan, kencur terasa padat dan keras. Kencur yang sudah tidak segar biasanya keriput dan lembek ketika ditekan. Untuk mengetahui ciri-ciri tersebut, sebaiknya anda memilih kencur yang sudah bersih dari tanah, jadi anda bisa mengamati kualitasnya secara seksama.

2. Cara mengolah

Setelah kencur dicuci bersih, kulit kencur harus dikupas dulu. Karena kulitnya yang tipis dan buahnya yang empuk, anda bisa kupas dengan mengeroknya perlahan menggunakan pisau. Setelah itu, anda bisa mengirisnya tipis-tipis, menghancurkannya dengan ulekan atau blender, atau anda bisa juga memarutnya.

Meskipun bisa menambah rasa dan aroma pada masakan, hindari menggunakan kencur terlalu banyak, karena malah akan membuat rasa masakan anda menjadi kecut dan pahit. Gunakan seperlunya saja agar anda bisa mendapatkan citarasa dan manfaat yang maksimal.

3. Cara menyimpan

Jika anda masih memiliki sisa kencur, anda bisa menyimpannya untuk dipakai lagi lain waktu. Nah, cara menyimpan kencur yang benar adalah dengan membungkusnya dengan kertas, lalu masukkan ke dalam plastik. Dengan cara seperti itu, kencur anda bisa bertahan sampai dua mingguan. Meski begitu, sebaiknya anda membeli kencur sedikit saja untuk sekali pakai, karena kencur lebih baik diolah dalam keadaan masih segar.

4. Kegunaan dalam Masakan

Karena rasanya yang segar dan aromanya yang harum, kencur sering digunakan untuk campuran bumbu berbagai masakan seperti sambal oncom, urap, rempeyek, bumbu pecel, seblak, atau aneka sayuran berkuah. Bahkan, kencur yang masih muda juga bisa dijadikan lalapan lho. Tak hanya itu saja, kencur juga sering diolah menjadi jamu, karena khasiatnya yang bagus untuk kesehatan seperti menyembuhkan batuk, melegakan tenggorokan, hingga meredakan masuk angin.

Semoga artikel ini bisa menjawab segala rasa penasaran anda tentang kencur ya. Sekarang, saatnya anda berburu kencur dan mengolahnya menjadi aneka masakan yang lezat, sedap, dan sehat untuk keluarga!