Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Di rumah, saya selalu menyediakan stok makanan kering. Sebagai antisipasi jika saya tidak sempat memasak. Selain abon dan kering kentang tempe, salah satu makanan kering favorit keluarga saya adalah serundeng daging. Selain rasanya yang manis dan gurih, tekstur dari serundeng juga renyah. Jadi sangat nikmat disantap bersama nasi hangat. Sama seperti abon, anda bisa membeli makanan ini dalam bentuk jadi di toko. Tapi tentunya anda harus merogoh kocek lebih dalam. Jika anda punya waktu luang dan berniat ingin membuatnya sendiri, simak dulu yuk tipsnya berikut agar rasanya tidak kalah dibandingkan dengan serundeng jadi dalam kemasan.

1. Masak daging sampai benar-benar empuk

Hal pertama yang harus anda lakukan saat membuat serundeng daging adalah memastikan jika daging yang anda gunakan sudah benar-benar empuk. Agar lebih mudah, anda bisa merebus menggunakan panci presto. Jika anda tidak punya panci presto, anda bisa menggantinya dengan panci biasa. Dengan catatan, rebus daging dengan api kecil dalam waktu yang lama. Agar daging bebas bau amis dan lebih enak, jangan lupa tambahkan daun salam, daun jeruk, dan serai saat merebusnya.

2. Suwir daging sesuai arah serat

Jika daging sudah matang, angkat, tiriskan, dan tunggu sampai dingin. jika sudah dingin, anda bisa mulai menyuwir daging tipis-tipis sesuai dengan arah seratnya. Hindari menyuwir daging asal-asalan karena hal tersebut akan membuat bentuk dan ukuran daging jadi tidak konsisten. Atau anda juga bisa mencacah halus daging dengan pisau yang benar-benar tajam.

3. Sangrai kelapa parut terlebih dahulu

Meskipun namanya serundeng daging, bukan berarti bahan utamanya adalah full daging. Kelapa parut tentu tidak bisa dilewatkan. Pastikan anda memilih kelapa parut yang tidak terlalu muda atau terlalu tua ya. Sebelum dicampur dengan bahan lainnya, anda wajib menyangrai kelapa parut terlebih dahulu bersama dengan racikan bumbu halus. Sangrai parutan kelapa (tanpa minyak) sampai benar-benar kering dan berwarna kecokelatan. Matikan kompor dan diamkan kelapa sangrai sampai dingin.

4. Campur dengan bahan lainnya

Jika daging suwir dan kelapa sangrai sudah siap, sekarang saatnya anda mencampur kedua bahan tersebut di wajan yang berisi kelapa sangrai. Perlu diperhatikan, jangan menggunakan minyak saat membuat serundeng, karena akan membuat serundeng berminyak dan tidak renyah. Masak dengan api kecil sampai serundeng terasa ringan. Hal tersebut menandakan jika kandungan air dalam serundeng sudah jauh berkurang.

Karena cukup memakan waktu, biasanya serundeng daging ini dibuat dalam jumlah banyak, sekaligus jadi stok atau simpanan. Serundeng yang benar-benar kering ini bisa awet hingga berbulan-bulan lho, asalkan disimpan dalam wadah kedap udara. Anda juga bisa membuat serundeng dengan potongan daging yang lebih besar (tanpa disuwir) dengan resep di sini.