(Image: Shutterstock)

Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Berbagai makanan yang dibakar seperti barbeque, steak, atau sate memang sangat menggugah selera. Aroma bakaran yang khas tentu bisa menambah nafsu makan anda. Apalagi permukaan makanan yang garing semakin menambah kelezatannya. Sayangnya, ada beberapa hal yang seringkali luput dari perhatian kita saat memasaknya, yaitu kebersihan alat pemanggang atau pembakarnya.

Dulu saya mengira jika alat pemanggang cukup dibersihkan seadanya saja. Tapi lama kelamaan, sisa makanan ikut mengerak di permukaannya. Coba bayangkan kuman dan kotoran yang bersemayam. Belum lagi jika alat panggang malah jadi berkarat. Selain merusak penampilan alat pemanggang, kerak atau arang yang mengeras ini juga berisiko menyebabkan sakit lho. Oleh karena itu perlu penanganan khusus saat membersihkan alat pemanggang agar benar-benar bersih. Simak tipsnya berikut ini.

1. Dinginkan alat pemanggang terlebih dahulu

Setelah menggunakan alat pemanggang, sebaiknya anda tidak langsung membersihkannya saat itu juga. Tunggu hingga suhu alat pemanggang kembali normal. Membersihkan alat pemanggang saat masih panas berpotensi membuat tangan anda luka, selain itu alat pun bisa cepat rusak.

2. Basahi alat pemanggang

Agar anda lebih mudah membersihkan sisa noda dan kerak pada alat pemanggang, basahi alat pemangang tersebut terlebih dahulu. Cara terbaik adalah dengan menyemprotkan air bertekanan tinggi. Jika  noda dan kerak sangat membandel, anda bisa merendam alat pemanggang terlebih dahulu dengan air hangat selama beberapa jam atau semalaman. Kerak dan noda membandel pun akan lebih mudah digosok dan dibersihkan.

3. Bersihkan dengan sikat dan cairan pembersih

Ternyata, membersihkan alat pemanggang dengan air saja tidak cukup. Anda perlu tambahan sabun pembersih dan juga sikat kawat. Anda bisa menggunakan sabun pembersih khusus atau sabun pencuci piring biasa, lalu sikat sampai tidak ada noda dan kerak yang tertinggal. Pastikan gunakan sikat kawat yang lembut dan jangan digosok terlalu keras, karena akan merusak lapisan pada alat pemanggang anda.

4. Bersihkan dengan bahan makanan di dapur

Jika anda lebih suka membersihkan alat pemanggang secara alami, anda bisa menggunakan bahan-bahan di dapur anda. Seperti membuat adonan pasta dari air dan baking soda sebagai pengganti sabun pembersih. Atau membuat scrub dari campuran air lemon dan garam, sampai merendam alat pemanggang anda dengan air kopi untuk menghilangkan lemak pada alat pemanggang anda. Apapun metode yang anda pilih, pastikan untuk membilas kembali alat pemanggang tersebut dengan air sampai benar-benar bersih.

5. Keringkan alat pemanggang

Setelah alat pemanggang dibersihkan, tugas anda selanjutnya adalah menjemur atau meniriskan sisa air pada alat pemanggang sampai benar-benar kering. Baru anda bisa menyimpannya untuk dipakai lain kali. Hindari menyimpan alat pemanggang yang masih basah atau lembap, karena akan membuat alat pemanggang anda jadi sarang kuman dan juga lebih cepat berkarat.

Alat pemanggang mungkin adalah termasuk alat dapur yang jarang digunakan. Dengan pembersihan dan perawatan yang baik, alat pemanggang anda akan jadi lebih awet dan tidak cepat berkarat.