(Image: Shutterstock)

Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Pernah niat bikin kue, tapi listrik rumah mati? Saya adalah salah satu korbannya. Siang itu, saya sudah menyiapkan bahan-bahan untuk bolu tape dan hanya tinggal eksekusi. Ternyata di luar rencana, ada pemadaman listrik di daerah tempat tinggal saya dan harus menunggu beberapa jam sampai menyala kembali. Enggan untuk menyerah pada keadaan, saya pun memutar otak dengan mencari-cari resep bolu praktis tanpa mikser dan oven.

Banyak resep-resep kue tanpa mikser dan oven yang berhasil dibuat. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun terhitung sederhana, tapi rasanya tak kalah dengan kue-kue yang dibuat dengan dua alat baking tersebut. Namun sebelum memilih resep no mixer no oven, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar anda sukses mengeksekusinya, nih. Apalagi kalau anda ingin buat kue dengan tekstur mengembang seperti cake atau bolu kukus, simak artikel yang satu ini dulu, yuk!

1. Gunakan bahan-bahan dalam suhu ruang

Sebagian besar resep kue, terutama yang teksturnya mengembang, pasti membutuhkan bahan-bahan bersuhu ruang. Sebab lebih mudah tercampur rata, adonan yang dibuat dengan bahan bersuhu ruang ini nantinya tidak akan “kaget” saat dimasukkan dalam pemanas karena perbedaan suhu yang drastis. Alhasil, kue bisa terhindar dari tekstur bantat atau mengempis. Jadi, keluarkan bahan-bahan kue yang biasa disimpan dalam kulkas seperti telur, susu, dan mentega lalu diamkan hingga bersuhu ruang.

Baca juga: 7 Kesalahan yang Bikin Kue Kempis & Bergelombang

2. Kurangi penggunaan telur dalam adonan

Pada dasarnya, telur memang bisa melembutkan adonan dan memberikan citarasa tersendiri. Selain itu, telur juga bisa mengembangkan dan menjadi emulsifier alami dalam adonan. Namun telur yang tak dikocok dan diaduk sempurna bisa meninggalkan aroma dan rasa nelur pada kue, lho. Berhubung tak bisa menggunakan mikser, kita bisa mengakali resepnya dengan mengurangi jumlah penggunaan telur. Alternatif lainnya, anda bisa ganti penggunaan telur dengan bahan lainnya seperti tahu sutera yang rasanya lebih plain atau chia seed yang sudah direndam air.

Baca juga: 6 Tips Menghilangkan Bau Telur dalam Kue dan Peralatan Masak

3. Manfaatkan baking powder double acting

Mikser merupakan alat baking yang bisa diandalkan, salah satunya untuk memasukkan banyak udara dalam adonan supaya mengembang. Tak heran, banyak resep-resep kue yang pakai mikser meng-skip penggunaan bahan pengembang buatan. Tapi berhubung tak ada alat pengaduk tersebut, kita bisa memanfaatkan baking powder double acting. Selain praktis digunakan, baking powder double acting juga bisa meminimalisir kue yang bantat, terutama jika anda kesulitan mengaduk bahan dengan spatula atau whisk.

Baca juga: Apa Bedanya? Baking Powder Single Acting vs Double Acting

4. Lelehkan atau haluskan bahan padat sebelum masuk ke adonan

Kalau tak ada mikser, maka sebaiknya kita mengondisikan adonan supaya lebih mudah diaduk dan tercampur rata dengan spatula atau whisk. Selain mengayak bahan kering, anda juga bisa lelehkan atau haluskan bahan bertekstur padat seperti mentega, coklat masak, dan sebagainya terlebih dahulu. Lelehkan mentega dan coklat masak bisa di-tim, sedangkan menghaluskan bahan-bahan tambahan seperti pisang bisa dilumatkan dengan garpu atau spatula.

Baca juga: Cara Mudah Melelehkan Coklat dengan Benar

5. Pastikan panci kukus atau wajan bersuhu panas

Sama seperti memanggang dengan oven, panci kukus yang akan digunakan untuk adonan kue pun harus bersuhu panas. Idealnya ketika kita buka penutup panci, uap panas akan mengebul keluar dari panci tersebut. Caranya, isi panci dengan air kurang lebih ⅔ tingginya. Panaskan dengan api sedang dan tutup panci hingga airnya mendidih. Bila sudah waktunya memasukkan adonan ke dalam panci, kecilkan sedikit api kompor supaya air didihnya tidak meletup-letup karena terlalu panas dan membuat kuenya justru bergelombang dan mudah kempis nantinya.

Selain panci kukus, beberapa kue juga bisa dibuat dengan wajan, baik yang berbentuk cetakan atau lingkaran. Untuk alat satu ini, sesuaikan suhu panasnya dengan yang diminta resep, ya. Namun yang pasti, pakai api kecil atau sedang selama memanggang kue supaya permukaan dasarnya tidak lekas gosong.

Nah, sekarang tanpa ada oven dan mikser, anda tetap bisa membuat kue yang lezat dan mengembang cantik, ya! Berhubung panci kukus lebih diandalkan saat tak ada listrik untuk buat kue, cek tips ini supaya kue kukus tidak bantat dan tetap terasa nikmat. Dicoba, yuk!