(Image: Shutterstock)

Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Ketika ingin mengganjal perut saat sedang jalan-jalan, saya pasti melipir ke tukang bakpao. Soalnya, roti yang satu ini memang beda dari yang lain. Ukurannya cukup besar, tapi tidak terlalu mengenyangkan. Selain itu, roti kukus ini punya isian daging ayam berbumbu atau kalau mau yang manis, bisa pilih rasa kacang hijau atau kacang merah. Pokoknya menang banyak, deh!

Nah, bakpao klasik identik dengan warna putih, ya. Namun sekarang ini, saya mulai jarang menemui bakpao yang warnanya putih cerah seperti yang sering saya lihat dulu. Kebanyakan bakpao yang saya temui berwarna kusam, sehingga terlihat kurang cantik dan menarik. Padahal, membuat adonan bakpao supaya warnanya menarik dan bersih tidaklah sulit, lho. Saya sendiri sudah mempraktikkannya di rumah nih, anda mau coba?

1. Pakai bahan-bahan segar dan berkualitas untuk adonan roti

Bakpao berwarna putih cerah tentu berawal dari bahan-bahan berkualitas, ya. Tak perlu bermerek mahal, tapi pastikan anda pakai bahan-bahan segar untuk membuat adonan. Sebisa mungkin, gunakan tepung yang berwarna cerah, tidak apek, dan bertekstur halus, karena bahan ini yang paling mempengaruhi warna bakpao.

Baca juga: 6 Tips Sukses Membuat Kue Kukus Agar Lebih Enak

2. Pilih tepung tangmien atau terigu protein rendah

Bahan utama untuk buat adonan bakpao adalah tepung. Pemilihan tepung bisa menentukan warna bakpao ketika sudah matang, lho. Pakailah tepung tangmien yang warnanya lebih putih dan teksturnya lebih halus dari terigu. Tepung ini biasa dipakai untuk pembuatan kulit dimsum yang berwarna transparan. Namun jika tak ada, anda bisa pakai terigu protein rendah, ya. Terigu ini cocok untuk tekstur bakpao yang lembut dan konon semakin rendah proteinnya, warna bakpao akan lebih putih dan cerah.

Baca juga: Mengenal Macam-Macam Tepung yang Ada di Indonesia

3. Pakai mentega putih sebagai pengganti butter atau minyak

Mentega atau minyak biasa dipakai untuk menghaluskan dan melembutkan tekstur adonan. Nah supaya bakpaonya berwarna putih cerah saat matang nanti, ganti penggunaan butter atau minyak sayur dengan mentega putih atau shortening. Seperti namanya, mentega putih berwarna putih tulang dengan rasa tawar dan tak beraroma. Sebelum dicampurkan dalam adonan, mentega putih harus bersuhu ruang dan dipotong kecil-kecil agar mudah tercampur rata.

Baca juga: Jenis Lemak Untuk Membuat Kue

Tidak ribet, ya? Sekarang bakpao buatan rumah bisa menyaingi bakpao-bakpao buatan toko ternama, nih. Sekarang ini, ada berbagai jenis isian bakpao seperti coklat, keju, hingga telur asin. Namun bagi saya, bakpao klasik isi ayam tetap juara deh! Intip resep mudah dan praktisnya di sini.