(Image: Shutterstock)

Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Pasti akan ada saat di mana anda bosan dengan menu masakan yang itu-itu saja. Nah, mungkin masakan bercitarasa asam bisa jadi alternatif bagi anda. Tak hanya bisa membangkitkan mood, masakan gurih sekaligus segar juga ampuh untuk membangkitkan selera makan. Selain bahan asam jawa, anda juga bisa lho mengombinasikan buah-buahan dalam masakan. Hmm, terdengar menarik dan lezat, bukan? Berikut aneka buah yang bisa anda pilih.

1. Mangga

Sudah bukan rahasia lagi jika buah mangga muda atau setengah masak punya rasa asam yang kuat. Tidak hanya cocok untuk manisan dan rujak, mangga muda juga bisa membuat masakan gurih anda jadi lebih lezat. Seperti pepes, sup ikan, asem asem, tumisan sayur, asam manis, dan tak ketinggalan sambal mangga muda yang super sedap!

Baca juga: 6 Olahan Makanan Lezat dari Buah Mangga

2. Jeruk/lemon

Bahan yang satu ini rasanya sudah sangat sering digunakan dalam masakan. Selain kaya akan nutrisi, sari jeruk atau lemon bisa membuat rasa masakan menjadi lebih gurih dan segar. Selain ditambahkan langsung dalam masakan, sari jeruk juga bisa digunakan untuk membuat saus pendamping makanan. Seperti ayam (goreng tepung) saus lemon dan ikan panggang saus lemon. Tapi tetap perhatikan penambahannya ya. Jika digunakan terlalu banyak, sari jeruk/lemon ini justru akan membuat rasa masakan menjadi pahit.

Baca juga: 6 Manfaat Lemon di Dapur

3. Nanas

Nanas terkenal memiliki rasa yang sangat menyegarkan. Baik itu dimakan secara langsung maupun dijadikan jus. Lalu bagaimana jika nanas dicampurkan ke dalam masakan? Tentu rasanya akan jadi lebih gurih dan lezat. Nanas lebih cocok ditambahkan ke dalam masakan berbahan dasar ikan. Seperti pindang patin, kakap asam manis, dan tenggiri lempah kuning khas Bangka.  Karena selain bisa menambah cita rasa, penambahan nanas juga bisa membantu mengurangi bau amis ikan.

Baca juga: Tips & Trik untuk Memilih serta Mengolah Nanas

4. Belimbing wuluh

Terakhir, anda juga bisa mencoba memasak menggunakan belimbing wuluh. Sejak dulu, belimbing wuluh terkenal karena kegunaannya dalam memperkaya cita rasa pada masakan. Rasa asamnya yang pekat akan sangat lezat jika dipadukan dengan masakan penuh bumbu dan rempah. Sebut saja asam padeh, pepes, garang asem, dan asem asem.  

Baca juga: 5 Tips Memilih & Menyimpan Belimbing Wuluh atau Sayur

5. Tomat

Nah, tomat ini merupakan buah yang paling sering digunakan dalam masakan dan wajib ada di dapur anda. Karena selain harga yang murah, rasa manis dan asamnya juga cenderung netral dan tidak terlalu mendominasi, jadi cocok ditambahkan ke dalam masakan apa pun. Mulai dari sarden ala rumahan, tumis sayur, balado, bahkan semur pun cocok dimasak dengan tomat. Nah, buah mana nih yang jadi favorit anda untuk dicampurkan dalam masakan?

Baca juga: 4 Tips Menyimpan Tomat Agar Tetap Segar