Penulis: Sandra.K | Editor: Ria

Dari kecil sampai sekarang, saya suka sekali makan sayur bening. Dulu, ibu saya sering membuatkan sayur bening dengan serutan jagung manis dan irisan tomat. Rasanya segar! Apalagi dimakan dengan nasi hangat dan tempe goreng, wah enak banget! Setelah jadi ibu, saya juga cukup sering membuat sayur bening untuk anak saya. Selain sehat, sayur bening juga praktis untuk dibuat. Namun sayangnya tidak semua jenis sayuran cocok disayur bening lho. Berikut saya bagikan 5 jenis sayuran yang lezat jadi bahan utama sayur bening.

1. Bayam

Ada 2 jenis bayam yang bisa anda gunakan yaitu bayam hijau dan merah. Daunnya pun beragam, ada yang lebar dan juga kecil. Nah, bayam berdaun lebar lebih cocok diolah jadi keripik atau rempeyek bayam. Sedangkan untuk diolah menjadi sayur bening, pilihlah bayam berdaun kecil.

Petik daun bayam yang ingin digunakan lalu cuci bersih dan tiriskan. Rebus air lalu masukkan irisan bawang merah dan temu kunci yang sudah dimemarkan, serta pipilan atau potongan jagung manis. Tambahkan irisan tomat serta bumbui dengan garam dan gula pasir. Masukkan bayam dan aduk rata hingga matang. Jangan masak terlalu lama agar bayam tetap berwarna hijau dan tidak terlalu lembek.

Baca juga: 5 Cara Memasak Bayam dengan Benar

2. Sawi Putih

Selain bayam, anda juga bisa menggunakan sawi putih untuk diolah menjadi sayur bening. Sawi putih punya tekstur renyah yang nikmat dan juga rasa netral. Potong dan cuci sawi hingga bersih lalu tiriskan. Tumis bawang irisan bawang putih, bawang merah, cabai merah, lengkuas yang sudah dimemarkan, dan daun salam. Tuang air lalu masak hingga mendidih. Terakhir, masukkan sawi putih dan tambahkan garam, gula, serta kaldu bubuk. Masak sawi hingga layu atau didapatkan tekstur sesuai selera. Angkat dan sajikan.

Baca juga: Tips Mengolah dan Memasak Sawi

3. Oyong

Gambas atau oyong cocok diolah jadi sayur bening karena rasanya yang cenderung netral. Teksturnya pun unik sehingga akan menambah citarasa. Pilih oyong muda yang rasanya manis dan bertekstur halus. Kupas kulit oyong dan iris bulat, lalu cuci bersih dan sisihkan. Seduh soun sampai empuk dan tiriskan. Tumis bawang merah dan bawang putih, lalu masukkan ayam fillet dadu dan masak hingga warnanya berubah. Tuang air dan masak hingga mendidih. Terakhir, masukkan oyong, soun, gula, garam, dan kaldu bubuk. Masak hingga matang. Sajikan selagi hangat.

Baca juga: Tips Memilih dan Mengolah Oyong

4. Kangkung

Siapa bilang kangkung hanya bisa diolah menjadi cah atau tumis? Sayuran hijau yang satu ini juga cocok apabila dimasak menjadi sayur bening, lho. Bumbu-bumbu dan langkah memasaknya mirip dengan sayur bening bayam. Siangi kangkung lalu cuci dan tiriskan. Rebus air lalu masukkan daun salam, irisan bawang putih, dan kencur yang sudah dimemarkan. Setelah mendidih, masukkan kangkung, lalu bumbui dengan garam dan gula pasir. Masak hingga matang dan sajikan.

Baca juga: Tips Memilih, Membersihkan, dan Mengolah Kangkung

5. Daun Kelor

Sebagai bahan masakan, daun kelor memang tidak seterkenal bayam atau kangkung. Namun sayuran yang satu ini juga cocok dimasak menjadi sayur bening. Cuci bersih daun kelor yang ingin digunakan lalu sisihkan. Rebus air hingga mendidih lalu masukkan irisan bawang putih dan irisan bawang merah. Masak hingga harum. Masukkan daun kelor dan irisan tomat. Bumbui dengan garam dan gula pasir. Masak hingga daun kelor menjadi agak layu. Angkat dan sajikan selagi hangat.

Praktis bukan? Sayur bening bisa menjadi menu pilihan apabila anda tidak memiliki banyak waktu untuk memasak. Sayur-sayur di atas pun cukup mudah didapatkan dan murah.