(Image: Shutterstock)

Penulis: Sandra.K | Editor: Ria

Saya adalah pecinta roti. Hampir semua jenis roti saya suka, tak terkecuali jenis pastry, baik itu yang rasanya gurih atau manis. Tak hanya enak, tampilan pastry juga menarik karena dihiasi berbagai macam topping. Saya juga cukup sering membuat olahan pastry sendiri di rumah. Apabila tidak mempunyai banyak waktu, saya biasanya menggunakan puff pastry instan yang  kini bisa saya dapatkan di supermarket atau toko yang menjual bahan-bahan kue.

Dengan harga yang relatif terjangkau, saya bisa mendapatkan lembaran puff pastry dalam jumlah cukup banyak. Puff pastry ini biasanya dijual dalam bentuk beku (frozen), jadi ada beberapa langkah khusus sebelum dan saat mengolahnya. Simak caranya berikut ini.

1. Cairkan Sebelum Digunakan

Sebelum diolah, puff pastry beku harus dicairkan terlebih dahulu. Keluarkan puff pastry dari freezer lalu biarkan dalam suhu lemari es (thawing) selama 4 jam hingga mencair. Selain itu, anda juga bisa mencairkannya dengan menaruhnya dalam suhu ruang selama 40 menit. Setelah mencair, lembaran puff pastry pun siap diolah lebih lanjut.

Meski bisa disimpan lagi dalam freezer, tapi anda cukup ambil seperlunya saja untuk dicairkan. Sebab puff pastry yang bolak-balik dibekukan dan dicairkan, kualitasnya jadi kurang baik. Hasil panggangannya tidak bisa mengembang maksimal dan citarasanya juga menurun.

2. Digilas atau Dipipihkan Agar Mengembang

Sebelum diolah dan dipanggang, puff pastry perlu digilas dengan rolling pin atau botol kaca. Penggilasan ini bertujuan supaya puff pastry bisa mengembang tinggi dan rata, sehingga bentuknya bagus dan menarik setelah matang. Apabila anda ingin mengolah puff pastry dengan bentuk datar, maka tusuk-tusuk permukannya dengan garpu agar uap panas bisa keluar dari dalam puff pastry.

3. Olesi dengan Telur

Permukaan puff pastry akan jadi lebih renyah ketika matang apabila diolesi dengan kocokan kuning telur. Tak hanya renyah, hasil puff pastry juga akan terlihat lebih cantik dan berkilau kecoklatan. Anda juga bisa menaburkan gula pasir, keju, atau butiran cokelat, sebagai topping agar tampilan lebih menarik dan rasanya lebih manis.

Apabila lembaran puff pastry yang sudah tidak beku siap digunakan, maka langkah selanjutnya adalah mengolahnya menjadi makanan kesukaan anda. Puff pastry bisa diolah menjadi beragam jenis makanan gurih dan manis seperti berikut ini.

1. Chicken Pie

Makanan gurih yang satu ini terbungkus puff pastry dan diisii dengan creamy chicken yang terbuat dari potongan dada ayam, bawang bombay, bawang putih, tepung terigu, daging asap, kaldu ayam, whipped cream cair, keju parut, dan rempah-rempah, seperti oregano. Kulit pie akan terasa garing, sedangkan isiannya lembut dan creamy karena dibuat dari keju dan whipped cream. Anda juga bisa membuat pie dengan isian lain, seperti sayuran atau buah.

2. Zuppa Soup

Menu yang satu ini biasanya disajikan dalam mangkuk kecil. Isinya sup krim hangat yang ditutupi lembaran puff pastry renyah. Isi sup biasanya terdiri dari bawang bombay dan bawang putih yang ditumis lalu dicampur dengan potongan ayam, tepung terigu, kaldu ayam, potongan wortel dan jamur yang dibumbui garam dan merica. Sup yang sudah matang dimasukkan dalam mangkuk tahan panas dan ditutup dengan puff pastry serta diolesi kocokan kuning telur, lalu dipanggang hingga puff pastry mengembang besar dan berwarna kecoklatan.

3. Stik Keju

Kudapan ini terbilang cukup mudah membuatnya. Rasanya gurih dan teksturnya renyah. Anda hanya perlu menyipakan tiga jenis bahan, yakn puff pastry, keju cheddar atau edam parut, dan kocokan kuning telur. Lembaran puff pastry diolesi dengan kocokan kuning telur lalu ditaburi keju parut. Setelah itu, potong sesuai selera. Plintir setiap potongan dan panggang dengan menggunakan loyang yang sudah dilapisi kertas roti agar tidak lengket selama kurang lebih 15 menit hingga warnanya kuning keemasan.

4. Pastry Goreng

Siapa bilang puff pastry hanya bisa dipanggang? Lembaran puff pastry bisa anda isi dengan selai atau krim buah, seperti mangga atau stroberi, kemudian tutup dan tekan pinggirnya menggunakan garpu. Panaskan minyak dalam jumlah banyak dan goreng pastry hingga garing kecoklatan. Setelah dingin, taburi dengan gula halus dan siap disantap.

Apabila puff pastry diolah dengan cara yang tepat, sajiannya pun tak kalah enak dan mewah dengan yang biasa disajikan di hotel berbintang kok. Tak perlu ribet membuatnya dari nol, puff pastry instan tentu jauh lebih praktis dan mempermudah anda di dapur. Selamat mencoba!