Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Bubur ayam yang dulu identik untuk sarapan pagi dan menu makan orang sakit, kini bisa disantap kapanpun. Tak heran sih, bubur ayam memang memiliki citarasa lezat, mengenyangkan, dan ramah di kantong. Bubur ayam jarang disajikan ‘polos’ tanpa topping dan bahan makanan pendamping lainnya. Malah aneka makanan tambahan ini yang menjadikan ciri khas dari suatu bubur ayam. Apa saja? Simak yuk selengkapnya berikut ini.

1. Daging ayam suwir

Bukan bubur ayam dong namanya jika tanpa suwiran tipis daging ayam. Ada beberapa variasi ayam yang bisa anda temukan. Seperti suwiran dari ayam goreng atau suwiran dari ayam berbumbu yang tidak terlalu kering.

2. Kacang kedelai goreng

Siapa sih yang tidak suka kacang? Khusus dalam semangkok bubur, kacang yang digunakan adalah kacang kedelai goreng. Selain bisa menambah sensasi kriuk dalam bubur, kacang kedelai juga menambah nilai protein dalam santapan anda. Jadi tak perlu ragu-ragu lagi deh.

3. Tongcai

Tongcai adalah lobak atau sawi putih yang diasinkan dalam bentuk irisan tipis dan kecil. Selain rasa asin, tongcai ini juga akan memberikan rasa gurih yang nikmat dalam setiap suap bubur ayam anda.

4. Cakue

Cakue adalah kue gurih dari tepung terigu yang digoreng hingga mengembang. Selain memberikan tekstur dalam bubur ayam anda, potongan cakue juga akan membuat bubur ayam jadi lebih mengenyangkan.

5. Seledri

Selain aromanya yang harum, seledri juga memiliki rasa yang segar. Cocok sekali ditambahkan pada bubur. Apalagi warnanya yang hijau cerah bisa membuat tampilan bubur anda menjadi menarik.

6. Daun bawang

Tak hanya seledri saja, anda juga bisa menambahkan irisan daun bawang pada bubur. Rasa daun bawang yang khas akan membuat bubur ayam jadi lebih menggugah selera.

7. Bawang merah goreng

Kalau ini sih favorit saya. Rasanya kurang komplit makan bubur tanpa bawang goreng. Aroma bawang goreng yang sangat harum serta rasanya yang khas bisa membuat bubur anda menjadi semakin istimewa.

8. Sate jeroan

Sate jeroan ayam sebagai pendamping bubur biasanya terdiri dari ati, ampela, jantung, dan usus. Jeroan ayam ini sudah diungkep bumbu kuning dan disajikan begitu saja ataupun digoreng.

9. Sate telur puyuh

Bagi yang tidak suka jeroan ayam, anda bisa memilih sate telur puyuh. Selain bergizi tinggi, telur puyuh juga memiliki rasa yang enak. Telur puyuh biasanya diungkep bumbu kuning, dimasak kecap, atau bacem.

10. Sate kulit goreng

Pernah menemukan sate ini di lapak bubur ayam langganan anda? Yup, biasanya sate ini yang paling laris dan cepat habisnya. Tekstur kulit garing dan renyah memang lezat sekali dinikmati bersama bubur ayam lembut.

11. Kerupuk kanji

Rasanya makan bubur kurang sempurna jika tanpa renyah dan gurihnyaa kerupuk. Kerupuk yang umum digunakan untuk bubur ayam adalah kerupuk kanji yang kecil dan pas dalam setiap suapan bubur.

12. Emping

Tidak semua penjaja menyediakan kerupuk yang satu ini. Tapi memang ya, rasa emping yang gurih dan sedikit pahit ini akan memberikan sensasi unik tersendiri yang nikmat.

Macam-macam topping bubur ayam di atas sifatnya opsional lho. Anda bisa request kepada penjajanya bila hanya ingin menambahkan beberapa jenis saja. Tapi, tentu akan lebih enak dan puas menyantapnya bila anda bisa membuat sesuai selera dengan Resep Bubur Ayam praktis ini.