Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Sesibuk apapun aktifitas sehari-hari, saya selalu berusaha untuk menjaga pola makan, yaitu dengan memperhatikan nilai gizi makanan yang masuk ke dalam tubuh. Salah satu hal yang saya lakukan adalah dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Jika bosan makan buah potong, saya akan mengonsumsi buah dengan cara dibuat jus atau diracik jadi rujak dan salad.

Meski dominan berisi buah-buahan, salad buah bisa banget lho dikombinasikan dengan isian bahan lainnya. Selain bernilai gizi lebih tinggi, citarasanya pun jadi nano-nano nikmat. Berikut ini beberapa pilihan bahan yang bisa anda pilih dan campurkan dalam salad.

1. Nata de coco

Nata de coco merupakan makanan yang banyak digemari karena rasanya yang segar dan teksturnya yang kenyal. Selain itu, nata de coco juga tinggi akan serat yang baik untuk pencernaan. Selama ini, nata de coco dikonsumsi dengan cara ditambahkan ke dalam minuman menyegarkan. Lalu bagaimana jika ditambahkan ke dalam salad? Dijamin jadi lebih nikmat!

2. Kacang-kacangan

Selain agar-agar, anda juga bisa lho menambahkan kacang cincang ke dalam salad. Jenis kacangnya pun bervariasi. Dari mulai kacang mede, walnut, pistachio, hingga almond. Tekstur kacang yang renyah serta rasanya yang gurih dijamin bisa membuat rasa salad anda jadi makin nikmat.

3. Serealia

Jika ingin salad buah yang memberikan rasa kenyang lebih lama, anda bisa menambahkan grain atau serealia. Anda bisa pilih menggunakan oat atau quinoa. Selain kaya karbohidrat, serealia juga mengandung serat tinggi dan mikronutrien yang baik untuk menjaga kesehatan. Terdengar menarik dan enak, kan?

Baca juga: Quinoa, Pengganti Sehat Nasi yang Cocok Untuk Diet

4. Keju

Nah, yang satu ini pasti tidak akan anda tolak deh. Keju merupakan olahan susu yang bisa ditambahkan ke berbagai makanan, tak ketinggalan salad buah. Sensasi rasa gurih dari keju bisa membuat salad makin nikmat. Apalagi keju juga tinggi akan kalsium yang bagus untuk tulang. Untuk salad buah, keju yang paling cocok digunakan yaitu keju cheddar, parmesan, dan feta.

Baca juga: 12 Jenis Keju yang Dijual di Supermarket Indonesia

5. Biji-bijian

Yang terakhir ini paling unik nih di antara bahan lainnya. Di antara anda mungkin masih asing dengan nama poppy dan flax seed yang termasuk dalam biji-bijian. Biji poppy sekilas terlihat seperti biji wijen tapi butirannya jauh lebih halus (kecil). Biji poppy biasanya dicampurkan dalam saus/dressing salad, sementara flax seed akan langsung ditaburkan dalam salad. Kedua biji-bijian ini menyumbangkan kandungan protein dan lemak omega 3 yang cukup tinggi lho.

Baca juga: 5 Saus (Dressing) untuk Salad Buah

Sudah cukup jelas dan menginspirasi, kan? Sekarang saatnya langsung eksekusi Resep Salad Buah yang praktis ini di dapur anda. Selamat berkreasi!