Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Selain bisa menambah rasa gurih, penambahan kacang dalam kue juga bisa memberikan tekstur unik yang enak. Apalagi kacang juga terkenal memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, jadi kue akan bernilai gizi lebih tinggi. Apapun jenis kacang yang anda tambahkan ke dalam kue, pengolahannya haruslah tepat. Salah-salah, kacang malah bisa menyumbangkan rasa gosong atau pahit dalam kue anda. Maka itu, simak dulu tips berikut ini.

1. Pilih kacang yang tepat

Jika anda ingin mendapatkan rasa kue yang enak, maka anda harus memilih kacang yang tepat. Kacang yang cocok ditambahkan ke dalam campuran kue seperti kacang tanah, kacang mede, dan kacang almond. Apa pun jenis kacang yang anda pilih, pastikan kualitasnya baik, karena akan sangat mempengaruhi rasanya.

Pilih juga jenis kacang yang sudah dikupas agar lebih memudahkan anda saat mengolahnya. Tapi jika masih terbungkus kulit, anda bisa memisahkannya dengan cara direndam sebentar dalam air hangat, lalu kupas dengan tangan.

Baca juga: Tips Memilih 4 Jenis Kacang yang Murah dan Bergizi

2. Olah kacang terlebih dahulu

Sebelum ditambahkan ke dalam adonan kue, sebaiknya anda mengolah kacang terlebih dahulu. Kacang yang masih mentah akan memberikan rasa yang kurang enak, tidak renyah, dan cenderung tidak tahan lama bila disimpan.

Anda bisa mengolahnya dengan metode panggang atau sangrai. Jika anda memilih memanggang kacang, pastikan kacang disimpan dalam wadah pipih dan diratakan agar kacang matang secara merata. Jika anda lebih suka metode sangrai, pastikan anda terus mengaduk kacang selama proses menyangrai agar kacang tidak gosong.

Karena kacang nantinya akan dipanggang lagi bersama kue, pastikan anda tidak terlalu matang saat memanggang atau menyangrainya. Langsung angkat kacang bila warnanya sudah terlihat keemasan. Ini dilakukan supaya kacang tidak jadi gosong dan pahit.

Baca juga: 4 Tips Menggoreng Kacang Agar Matang Sempurna

3. Dinginkan kacang sebelum digunakan

Jika kacang sudah selesai dipanggang atau sangrai, angin-anginkan kacang terlebih dahulu sampai dingin. Baru setelah itu, anda bisa menghancurkan dan menambahkannya ke dalam  kue. Jangan sekali-kali memasukkan kacang dalam keadaan masih panas. Hal ini akan membuat teksturnya jadi tidak renyah.

4. Hancurkan kacang jika diperlukan

Jika anda ingin tekstur kue yang lebih renyah, kacang cukup anda cincang atau cacah kasar. Tapi jika anda ingin rasa kue yang lebih gurih, kacang juga bisa dihaluskan dengan bantuan blender dry mill atau food processor. Jadi, sesuaikan dengan kebutuhan dan hasil kue yang diharapkan ya.

Baca juga: 5 Kegunaan Food Processor yang Perlu Anda Tahu

Nah, sekarang anda sudah tahu kan bagaimana tipsnya mengolah kacang untuk dicampurkan ke dalam adonan kue. Sekarang saatnya anda langsung mempraktikkannya di dapur dengan Resep Kue Kacang yang renyah, gurih, dan enak ini.