Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Pesta ulang tahun tentunya jadi hari istimewa bagi si kecil. Kue ulang tahun cantik, permainan atau games seru bersama teman-teman sebaya, tumpukan kado, hingga aneka hidangan yang tersaji di meja makan pasti membuat pesta ini terasa meriah. Namun untuk pesta ulang tahun meriah, apakah harus keluar biaya banyak? Tante saya coba mengakali hal ini saat menggelar ulang tahun anak pertamanya. Bahkan dengan budget secukupnya, ia berhasil membuat anak gadisnya bahagia di hari istimewa itu.

Selain meminimalisir pembelian atribut ultah, menu yang disajikan juga sebisa mungkin dibuat praktis tapi tetap istimewa. Waktu itu, tante saya berencana untuk membuatkan beraneka hidangan lauk untuk teman makan nasi. Karena ini hari spesial, lauk yang dipilih pun bukan sembarang lauk. Penasaran dengan menunya? Scroll ke bawah, ya!

Lauk Daging

1. Ayam Wijen Mentega

Ayam wijen saus mentega gurih

Bisa dibilang, ayam adalah jenis daging yang disukai banyak orang, terutama anak-anak. Nah, bagaimana jika ayam ini digoreng lalu diberi saus mentega manis dan ditaburi wijen? Hmm, pastinya terlihat cantik dan menggiurkan ya! Selain tampilannya yang menarik, ayam wijen mentega tak terasa pedas tapi tetap kaya bumbu. Agar lebih mudah untuk dimakan, pakailah ayam fillet (ayam tanpa tulang) yang dipotong ukuran sedang. Jadi paling tidak, satu anak bisa mengambil 2-3 potong ayam.

2. Semur Bola Daging

semur bola daging lezat

Salah satu masakan khas Indonesia yang kaya bumbu adalah semur. Kalau biasanya semur disajikan dengan ayam atau daging sapi, buatkan saja bola-bola daging spesial untuk si kecil! Selain tampilannya lebih menarik, bola-bola daging tentunya lebih lembut dan mudah dipotong. Kalau ingin membuatnya lebih spesial, bola-bola daginya bisa diisi dengan telur puyuh, keju, atau lainnya.

3. Cumi Goreng Tepung

Wah, siapa sih yang tak suka gorengan tepung? Apalagi cumi goreng tepung yang renyah di luar dan lembut di dalam. Cumi goreng tepung memang selalu jadi favorit anak-anak karena rasanya gurih dan renyah. Dengan bentuk yang menarik seperti cincin, cumi goreng tepung pastinya cocok untuk teman makan nasi dalam pesta ulang tahun. Sediakan juga aneka saus pendamping seperti saus tomat atau mayonaise ya, agar anak-anak lebih semangat makan!

4. Chicken Cordon Bleu

chicken cordon bleu

Hidangan dari Amerika Serikat ini memang juara, deh. Cordon bleu merupakan gulungan daging ayam tipis yang diisi ham dan keju, dibalur dengan tepung panir, dan digoreng hingga coklat keemasan. Hmm, bayangkan kalau isiannya pakai keju mozarella atau easy-melt, pastinya anak-anak tak akan menolak! Meskipun pada dasarnya disajikan sebagai one-meal dish dengan potato wedges dan salad sayur, chicken cordon bleu tetap cocok jadi lauk nasi, kok. Sajikan dengan saus pendamping agar rasanya makin mantap.

5. Rolade Daging

Rolade daging sapi

Satu lagi hidangan western yang bertekstur lembut dan lezat: rolade! Hidangan ini dibuat dari daging giling yang dibentuk menjadi gulungan panjang (seperti guling), lalu dikukus dan selanjutnya digoreng supaya garing bagian luarnya. Cara penyajiannya hampir sama dengan bolu gulung, yakni dipotong-potong membentuk lingkaran. Dijamin, anak-anak akan mudah menyantapnya, apalagi ditambah dengan saus siram yang manis-gurih. Hmm, yummy!

6. Dori Panggang Saus Lemon

Menurut saya, hidangan ini memang pas untuk anak-anak. Sajian ini memakai ikan dori yang di-fillet lalu dibumbui dan dibakar di atas teflon. Meskipun tidak krispi, ikan dori panggang juga bisa memanjakan lidah dengan dagingnya yang super lembut dan tekstur panggang yang nikmat. Wah, pastinya lebih sehat ketimbang gorengan ya? Untuk melengkapi hidangan ini, tuangkan saus lemon yang creamy dan lezat. Dijamin, pesta ulang tahun anak anda pasti lebih berkesan!

Lauk Sayur

7. Sop Bakso

Sop Bakso segar

Ada beberapa anak yang mau makan sayur, asal ada daging-dagingannya. Nah tak usah bingung, buatkan saja sop bakso yang hangat dan nikmat! Cara buatnya pun sederhana, yakni potong aneka sayur seperti wortel, tomat, buncis, dan kol lalu tumis bersama bakso daging seperti bakso ikan, bakso ayam, atau bakso sapi. Tuangkan air kaldu dan masak hingga mendidih. Supaya lebih mudah makannya, siapkan mangkuk-mangkuk kecil agar porsinya sesuai dengan si kecil. Oh ya selain bakso, anda bisa menambahkan daging lainnya seperti sosis dan fillet ayam.

8. Sup Makaroni

Sup makaroni ayam gurih

Anak-anak pastinya suka pasta ya, salah satunya makaroni. Nah supaya mau makan sayur, sajikan sup makaroni yang lezat untuk si kecil! Langkahnya kurang lebih sama seperti sop bakso, yakni potong sayuran pilihan, tumis dengan makaroni yang sudah direbus, lalu dituang air kaldu ayam. Nah agar semakin mantap, tambahkan olahan daging seperti bakso, sosis, dan sebagainya agar anak-anak  semakin doyan.

9. Nugget Sayur

Khawatir kalau si kecil tak mau makan sajian sayur? Sembunyikan saja dalam bentuk nugget! Tentunya anak-anak akan suka nugget ya, karena makanan ini cocok jadi lauk ataupun kudapan. Nugget sayur pun rasanya tak kalah enak dengan nugget olahan daging. Pakailah sayur daun atau sayuran manis untuk jadi campuran nugget-nya seperti bayam, wortel, jagung, dan sebagainya. Nah agar anak-anak semakin lahap, buatlah bentuk-bentuk nugget yang menarik dengan cetakan kue.

Simple dan cukup ekonomis, kan? Kalau berniat menggelar pesta ulang tahun anak di rumah dengan budget minimalis, anda juga bisa sajikan hidangan one-meal dish, lho. Sama seperti hidangan lauk, sajian one-meal dish untuk ulang tahun anak pastinya istimewa, praktis, dan pasti si kecil suka. Selamat mencoba!