(Image: Shutterstock)

Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Telur pasti masuk dalam daftar belanja wajib saya. Pasalnya, bahan ini sering saya olah untuk aneka masakan gurih dan kue-kue. Dari yang sederhana seperti telur dadar hingga kue bolu, pokoknya hampir semua yang saya santap itu pakai telur, deh. Nah saking seringnya melibatkan telur dalam masakan, ada saja aroma telur yang menempel di peralatan masak seperti wajan, panci, hingga spatula. Tentunya hal ini cukup menganggu, ya?

Selain pada peralatan masak, saya juga kerap kali membuat kue yang rasanya “telur” banget. Dulu saya pernah buat bolu dengan takaran bahan sesuai resep. Namun entah mengapa, setelah matang justru rasa telurnya agak dominan. Nah kalau sudah begitu, pasti ada rasa-rasa sedikit amis, ya? Tapi tenang saja, ada beberapa cara untuk menangkal dua masalah di atas. Scroll ke bawah, ya!

Menghilangkan bau dan rasa yang terlalu nelur pada kue

Banyak resep kue yang memakai telur, mulai dari kue kering hingga kue yang mengembang seperti chiffon, sponge cake, dan cupcake. Telur memang memiliki fungsi penting, yakni untuk melembutkan adonan. Meskipun begitu, kadang kita juga bisa merasakan kue yang nelur atau terlalu amis dan pastinya jadi hilang selera makan. Apa saja yang bisa kita lakukan?

1. Cek resep dan coba sesuaikan jumlah telur

Kalau membuat kue, tentunya resep menjadi patokan utama, ya. Bikin kue itu seperti sains, jadi sebisa mungkin kita tak ingin salah takar. Nah, coba perhatikan jumlah telur yang diminta resep. Kalau anda sudah berani memodifikasi resep, anda bisa coba mengurangi atau menambahkan jumlah telur sendiri. Namun bagi pemula, anda bisa coba mengurangi jumlah kuning telurnya. Misalnya butuh tiga butir telur untuk bikin bolu. Anda bisa coba kurangi dengan memakai 3 putih telur dan 2 kuning telur saja, lho.

Baca juga: 4 Tips Mengocok Putih Telur yang Baik

2. Cek kesegaran telur sebelum diolah

Salah satu hal penting dalam membuat kue adalah mengecek kesegaran bahannya. Karena memiliki aroma serta rasa yang khas, maka sangatlah penting untuk memakai telur dengan kualitas baik. Pilihlah telur segar yang kuning telurnya berwarna cerah. Selain itu, putih telur sebaiknya tidak encer dan menyebar karena tandanya si telur kurang segar. Dengan memakai telur yang segar, aroma telur tentunya tidak terlalu menyengat dan meninggalkan rasa telur yang dominan dalam kue. Jika ragu dengan kualitas telur, pecahkan telur dalam wadah berbeda sebelum dicampurkan dalam adonan.

Baca juga: Tips Memilih dan Menyimpan Telur

3. Tambahkan bahan aromatik dan yang memiliki rasa khas

Bila aroma atau rasa telur agak menganggu adonan kue, tambahkan saja bahan-bahan yang bearoma dan memiliki rasa khas. Untuk bahan aromatik, anda bisa pakai vanili, pandan, dan sedikit air perasan jeruk, sedangkan untuk bahan dengan rasa khas bisa coba pakai jeruk lemon atau madu. Tapi ingat, tetap sesuaikan bahan-bahan tersebut dengan resep kue anda, ya.

Menghilangkan bau amis telur pada peralatan masak

Setelah memasak atau buat kue, tentunya ada aroma bahan yang tertinggal di peralatan masak. Nah, aroma amis telur pasti cukup menganggu jika kita akan menggunakannya untuk kegiatan masak selanjutnya. Supaya masakan berikutnya “tidak ikut amis”, atasi dengan bahan-bahan berikut.

1. Air perasan jeruk

Kita tahu bahwa jeruk memiliki rasa asam dan aroma yang khas. Ternyata, hal ini bisa kita manfaatkan untuk mengusir aroma amis telur, lho. Caranya sangat praktis, yakni peras air jeruk nipis, limau, atau lemon (tergantung persediaan di rumah), lalu oleskan pada peralatan masak yang beraroma amis telur. Diamkan selama 1-2 menit dan ulangi jika masih tercium bau amis. Setelah aromanya agak hilang, gosok peralatan masak dengan kain lalu bilas hingga bersih.

Baca juga: Apa Bedanya? Jeruk Limau, Jeruk Purut & Jeruk Nipis

2. Cuka

Selain jeruk, cuka memiliki rasa asam dan aroma khas. Untuk menghilang aroma amis telur, anda bisa pakai cuka putih atau cuka apel. Caranya, celupkan kain katun pada cuka dan gosokkan perlahan pada peralatan masak yang berbau. Diamkan sebentar dan bilas dengan sabun cuci hingga bersih. Cara ini juga bisa dipakai untuk meja atau lantai yang memiliki aroma amis telur. Untuk peralatan masak seperti wajan dan panci, tuangkan cuka putih hingga menutupi permukaan dasar dan diamkan semalaman. Keesokan harinya, bilas wajan dan panci dengan sabun cuci hingga bersih.

Baca juga: 6 Jenis Cuka dan Pemakaiannya Untuk Memasak

3. Baking soda

Sama seperti dua bahan sebelumnya, baking soda adalah bahan serbabisa yang mampu mengusir aroma amis. Cara pakainya pun sederhana, yakni larutkan baking soda secukupnya dalam air, lalu rendam peralatan masak ke dalamnya hingga aroma amisnya hilang. Untuk peralatan masak besar seperti wajan dan panci, masukkan larutan baking soda ke dalamnya dan diamkan beberapa saat. Setelah aromanya hilang, segera cuci dengan air bersih.

Baca juga: Apa Bedanya? Baking Soda vs Baking Powder

Nah sekarang tak perlu bingung lagi, ya. Meskipun memiliki aroma amis, tetap saja kita memakai telur untuk aneka keperluan masak dan bikin kue. Oleh karena itu, kita juga perlu tahu jenis-jenis telur yang ada di Indonesia, nih. Mana yang sudah pernah anda olah?